Skip to main content

Pengertian Subwoofer Aktif dan Pasif serta Fungsinya

Pengertian Subwoofer Aktif dan Pasif serta Fungsinya-Speaker subwoofer merupakan salah satu jenis speaker yang mampu memproduksi frekuesi audio yang rendah.Mengapa subwoofer dibutuhkan dalam sistem audio? Jawabannya adalah karena telinga manusia hanya mampu mendengar frekuensi dikisaran 20 hz sampai 20 khz atau disebut juga frekuensi audio.Selain speaker subwoofer ada 3 jenis speaker lain yaitu midbass/midwoofer,Midrage dan tweeter.

Umumnya speaker untuk audio rumahan menggunakan sistem 3 way atau 2 way dengan susunan midwoofer-midrage-tweeter atau midwoofer-twitter jarang sekali yang membenamkan subwoofer kedalam sistem speaker tersebut otomatis rentang frekuensi rendah yang bisa di produksi speaker midwoofer hanya dikisaran 80hz-350 Hz jika dibawah itu otomatis midwoofer tidak bisa merespon dengan baik karena itulah dibutuhkan speaker subwoofer untk menghasilkan frekuensi rendah.

Awalnya subwoofer dikembangkan untuk menambah tanggapan bass pada sistem stereo rumah namun semakin populer sejak diperkenalkannya sistem audio surround yaitu sistem audio untuk meningkatkan kualitas audio selama pemutaran film apalagi dengan ditemukannya teknologi cakram DVD dimana teknologi tersebut sanggup mengolah suara surround hanya dari sebuah sumber audio namun mampu menghasilkan efek frekuensi rendah makanya jangan heran kalau pemutar DVD masa kini rata-rata memiliki keluaran multi kanal 5.1 salah satunya untuk kanal subwoofer.

Dipasaran sendiri speaker subwoofer terbagi menjadi 2 jenis yaitu subwoofer aktif dan subwoofer pasif yang membedakan adalah dari segi penguatnya saja,Subwoofer aktif adalah perangkat elektronik audio yang mampu menghasilkan frekuensi rendah dimana didalam perangkat tersebut sudah terdapat penguat ampflifier(Built in Amplifier) contohnya produk dari Polytron PSW 600.
subwoofer
Subwoofer Aktif Via Wikipedia

Sedangkan subwoofer pasif adalah perangkat elektronik yang mampu menghasilkan frekuensi rendah namun didalamnya tidak terdapat penguat amplifier jadi untuk menghasilkan frekuensi rendah,subwoowofer tersebut harus dihubungkan dengan output dari power amplifier khusus subwoofer.Contohnya subwoofer yang terdapat dalam perangkat home theater atau audio mobil.Baca juga : Pengertian Speaker Aktif dan Sistem Speaker Terbaik
subwoofer
Subwoofer Down firing via Wikipedia

Subwoofer sangat cocok digunakan untuk home theater sistem Karena mampu menampilkan karakter suara rekaman studio aslinya misalnya suara gemuruh,ledakkan dan lain-lain sehingga lebih hidup.Subwoofer banyak juga digunakan untuk sistem audio mobil karena keterbatsan ruangan sehingga frekuensi rendah yang dihasilkan sistem audio mobil standar kurang maksimal hanya saja pemasangan dan pemilihan jenis kotak subwoofer perlu dilakukan oleh installer audio tidak bisa sembarangan.

Demikianlah informasi tentang Pengertian Subwoofer Aktif dan Pasif serta Fungsinya Semoga bermanfaat terima kasih sudah berkunjung.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar