--> Skip to main content

Perbandingan Speaker Aktif 3 Way dan 2 Way

Perbandingan Speaker Aktif 3 Way dan 2 Way-Pernahkah anda terpikirkan kenapa speaker aktif drivernya(Loudspeakernya) banyak? Jumlah driver speaker ternyata merupakan bagian dari sebuah sistem speaker artinya bukan asal-asalan atau sekedar untuk tampilan.Perlu anda ketahui latar belakang kenapa diciptakan driver speaker yang berbeda-beda ada yang kecil ada yang besar karena ternyata menurut hukum fisika rentang pendengaran manusia normal berada difrekuensi 20 hz sampai dengan 20 khz.

Sistem 3 Way
Driver Woofer merepro frekuensi rendah

Sedangkan driver speaker tidak mampu mereproduksi semua bidang frekuensi dari sebuah rekaman suara oleh karenanya diciptakannlah sistem speaker 3 way(3 jalur) atau 2 way(2 jalur).Sirkuit elektronik yang paling berperan dalam menghasilkan frekuensi suara yang cocok dengan driver adalah sirkuit crossover(Filter) yaitu sirkuit yang mampu memisahkan frekuensi audio menjadi beberapa band(frekuensi) yang berbeda-beda ada frekusesi tinggi,dan rendah.

Frekuensi tinggi akan diumpankan kedriver speaker berjenis twitter,frekuensi menengah akan diumpankan ke driver speaker midrange dan frekuensi rendah akan diumpankan kedriver woofer.Dipasaran sendiri sampai sekarang masih ada kedua sistem speaker tersebut karena masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.Untuk itu bagi anda yang ingin mendapatkan speaker aktif sebaiknya memperhatikan sistem speker ini.Baca juga : Perbandingan Speaker aktif dan Speaker Pasif 

Sistem speaker 2 Way(2 Jalur)

Speaker aktif jenis ini menggunakan 2 jenis driver speaker untuk setiap kanal audio yaitu Twitter kecil untuk mereproduksi frekuensi tinggi dengan jangkauan frekuensi antara 3 khz sampai 20 khz dan woofer yang bermain difrekuensi rendah yang berkisar antara 30 hz-160 hz.Dengan hanya menggunakan 2 driver maka ukuran kabinetnya tidak perlu besar dan harganya bisa lebih hemat karena hanya mengunakan 2 driver speaker.

Dari sisi kualitas suara speaker ini tetap oke untuk memainkan musik baik bassnya atau trebelnya namun kekurangan speaker aktif jenis ini kurang maksimal dalam mereproduksi frekuensi midrange yang berkisar antara 160 hz-3 khz contohnya dialog dalam film,terompet atau saksofon karena dalam waktu bersamaan speaker woofer dipaksa menghasilkan 2 rentang frekuensi sekaligus yaitu frekuensi rendah(woofer) dan menengah(Midrange).

Sistem speaker 3 Way (3 jalur)

Speaker aktif jenis ini menggunakan 3 jenis driver sekaligus dalam 1 kanal audio yaitu Twitter,midrange dan woofer.Dengan tambahan driver jenis midrange otomatis speaker aktif ini mampu mereproduksi frekuensi tinggi,menengah dan rendah sehingga suara yang dihasilkan lebih detail.Banyak anggapan yang mengatakan bahwa speaker 3 way lebih baik dibandingkan speaker 2 jalur karena memiliki driver speaker yang memiliki tugas mengcover bidang frekuensi tertentu.

Kekuranganya karena speaker aktif ini terdiri dari 3 driver speaker maka ukuran kabinetnya jadi lebih besar dan karena rangkaiannya lebih rumit serta komponennya juga bertambah harganya akan lebih mahal.

Demikianlah informasi tentang Perbandingan Speaker Aktif 3 Way dan 2 Way mudah-mudahan bisa membantu anda menemukan speaker aktif yang tepat untuk kebutuhan anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar