--> Skip to main content

5 Hal Paling Sering dilakukan Saat Mudik Lebaran

5 Hal Paling Sering dilakukan Saat Mudik Lebaran-Tak Terasa sudah hampir 2 minggu umat muslim melaksanakan ibadah puasa dibulan ramadhan artinya 2 minggu lagi lebaran tiba.Ngomong ngomong soal lebaran tak bisa lepas dari yang namanya mudik lebaran sampai-sampai acara mudik lebaran menjadi agenda rutin distasiun televisi nasional tiap tahunnya.Fakta ini membuktikan tradisi mudik lebaran masih menarik untuk dibicarakan.

Mudik lebaran

Bagi kaum urban tradisi mudik sudah melekat erat bagi mereka tak lengkap rasanya lebaran tanpa mudik kekampung halaman.Saat lebaran biasanya merupakan libur panjang bagi instansi pemerintah maupun swasta.Hal inilah yang kemudian dimanfaatkan sebisa mungkin oleh pemudik untuk mengisi liburan lebaran dengan sebaik-baiknya.
Baca juga : 3 Angkutan Mudik Paling Nyaman Buat Keluarga

Ada 5 hal yang paling sering dilakukan pemudik saat mudik lebaran dikampung halaman sehingga mereka bisa menikmati libur lebaran yang berkesan dan jarang mereka temukan diperantauan.Berikut informasi selengkapnya:

1.Bersilaturahmi dengan keluarga dan famili
Hampir sebagian besar pemudik memanfaatkan liburan lebaran untuk bertemu dengan keluarga terutama orang tua,saudara sekandung dan keluarga besar dari bapak atau ibu.Makanya jangan heran kalau dijawa jika sehabis sholat Idul fitri ada yang namanya tradisi sungkeman kepada orang tua minta maaf dan minta doa restunya.Momen inilah yang membuat suasana haru terkadang disertai isak tangis.Orang tua akan merasa sedih jika ternyata anaknya tidak mudik.

Mudik lebaran juga dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga besar dari bapak atau ibu karena biasanya menurut ada jawa orang yang lebih muda(adik) akan mengunjungi yang  lebih tua.Suasana akan tambah meriah karena paman atau bibi membawa serta anak-anaknya sehingga silaturahmi tetap terjaga .

2.Bertemu teman sekolah
Momentum mudik lebaran merupakan saat yang tepat untuk bertemu kembali dengan teman sekolah karena itu alangkah ruginya jika pas lebaran tidak bertemu dengan teman sekolah.Tak jarang libur lebaran sering diadakan reuni sekolah.Terlebih lagi jika teman sekolah tersebut merupakan teman akrab atau sababat karib,bisa bertemu kembali merupakan momen yang sangat menggembirakan karena bisa berbagi pengalaman selama diperantauan.

3.Berburu kuliner khas daerah
Mudik lebaran dikampung halaman rasanya kurang lengkap jika tidak berburu kuliner khas daerah karena tidak selalu makanan khas tersebut bisa ditemukan diperantauan apalagi jika kuliner tersebut tidak ada didaerah lain tentunya akan diburu sampai ketemu.Kuliner khas daerah biasanya juga diburu sebagai oleh-oleh jika arus balik nanti.

4.Jalan-jalan ketempat wisata
Sudah menjadi tradisi jika libur lebaran dibukakan untuk jalan-jalan ketempat wisata didaerah masing-masing apalagi jika sudah berkeluarga tentunya ingin mengajak anak-anak mereka untuk bersenang-senang menikmati libur lebaran dikampung halaman makanya jangan heran jika didaerah pada hari-hari pertama lebaran lalu lintas akan padat karena bisanya mereka pergi ketempat wisata secara rombongan.

5.Mencari informasi lowongan pekerjaan
Kebanyakan pemudik merupakan pekerja disektor swasta atau buruh pabrik yang mana tidak selalu menjadi karyawan tetap ada juga yang kontrak.Jika statusnya karyawan kontrak dan akan habis masa kontraknya atau bisa juga karena tidak betah kerjanya biasanya akan mencari informasi lowongan kerja kepada teman-temannya yang mudik lebaran.Cara ini lebih efektif dibandingkan mencari sendiri lowongan pekerrjaan.

Bagaimana menurut anda hal apakah yang paling sering dilakukan saat mudik lebaran dikampung halaman? Silahkan share disini
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar