Skip to main content

Pengalaman Sahur Tidak Makan Nasi Tetap Kuat

Pengalaman Sahur Tidak Makan Nasi Tetap Kuat-Makan sahur dibulan Ramadhan merupakan tuntunan oleh karena itu sebaiknya diamalkan.Namun terkadang karena sesuatu hal acara makan sahur tidak bisa dilakukan seperti biasanya misalnya bangun sudah mepet imsak sehingga serba buru-buru atau bisa karena kejadian yang tak terduga seperti yang baru saya alami saat sahur dihari ke-2.

Makan Sahur
Biskuit gandum

Kejadiannya sungguh diluar dugaan seperti biasanya saya kalau makan sahur selalu mepet waktu imsak sekitar 5 -10 menit sebelum imsak.Waktu itu saya bangun jam 4 kurang 15 menit dan sudah menjadi kebiasaan saya tidak langsung makan nasi tapi ngemil kurma dan biskuit gandum dulu sambil nyruput minuman sereal dan nonton acara TV.

Begitu petugas masjid mengumumkan waktu imsak akan jatuh sebentar lagi barulah saya bergegas menuju dapur untuk mengambil nasi di magicjar.Alangkah terkejutnya saya ternyata nasinya sudah basi padahal waktu buka puasa masih bagus nasinya dan dalam keadaan on.Sempat bimbang juga mau makan sahur pakai nasi atau tidak sebab kalau mau berarti saya harus keluar rumah mencari rumah makan dan istri saya juga menganjurkan supaya beli saja kerumah makan tapi saya malas takutnya tidak buka.

Akhirnya saya memutuskan untuk makan sahur pakai biskuit dan kurma kebetulan saya selalu siap biskuit gandum dan kurma.Saya beranggapan makan sahur tidak harus makan nasi bisa diganti dengan makanan lain yang terpenting mengandung karbohidrat dan protein.

Dari beberapa referensi yang saya baca ternyata gandum utuh mengandung karbohidrat komplek yang sangat bagus untuk makan sahur karena karbohidrat komplek yang terdapat pada nasi beras merah,roti gandum,gandum utuh,biji-bijian,buah dan sayuran mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama karena karbohidrat jenis ini lebih lama dicerna dalam lambung sehingga menghasilkan cadangan energi lebih lama.

Dan biskuit yang saya makan terbuat dari gandum utuh ditambah lagi kurma juga mengandung karbohiodrat,protein,lemak tumbuhan,vitamin,mineral serta serat belum lagi minuman serealnya yang terbuat dari gandum juga jadi saya rasa cukuplah kandungan Gizi dari biskuit gandum dan kurma yang saya makan untuk memenuhi kebutuhan gizi khususnya energi selama menjalankan ibadah puasa.Dan Alhamdulillah dari Subuh hingga Maghrib saya bisa beraktivitas seperti biasanya walaupun tidak bugar seperti biasanya tapi setidaknya masih kuat menjalankan ibadah puasa.
Baca juga : Keutamaan Menjamu Makan Orang yang Berpuasa

Demikianlah pengalaman saya sahur tidak makan nasi tapi tetap kuat mudah-mudahan bermanfaat untuk anda agar selalu mempersiapkan segala sesuatunya untuk acara makan sahur jangan sampai acara makan sahurnya terganggu seperti saya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar