Skip to main content

Susah Cari Kerja Didesa Silahkan Datang ke Jakarta

Saat mudik lebaran beberapa minggu yang lalu saya sempatkan untuk mengamati perkembangan desa dan tidak ada yang berubah terutama dari sektor lapangan kerja,masih susah cari kerja didesa karena didesa perusahaan atau pabrik bisa dihitung dengan jari tentunya tidak bisa menampung semua tenaga kerja didesa.Meskipun ada ternyata sistem kerjanya juga menerapkan sistem kontrak jadi bukan sebagai karyawan tetap.Hal ini saya ketahui dari keponakan saya yang kerja disebuah perusahan alat rumah tangga  plastik meskipun gajinya UMR.

CARI KERJA
Peluang usaha didesa

Perubahan justru terjadi pada sektor UKM jumlahnya makin banyak terutama yang berada dipinggir-pinggir jalan mulai dari tambal ban,tukang becak,ojek,penjual baso,nasi goreng,sate madura,martabak pokonya semaua jenis makanan kalau mau beli ada bahkan ada yang datang dari luar desa.Hal ini bisa membuktikan kalau mau usaha didesa pilihannya hanya wira usaha atau buat lapangan kerja sendiri kalau mengharapkan lapangan kerja yang ada bisa-bisa jadi pengangguran karena susah carai kerja didesa.

Bagi lulusan sekolah yang masih fresh jika disuruh berwira usaha rasanya cukup berat satu-satunya jalan agar bisa mendapatkan pekerjaan yaitu datang ke Jakarata dan sekitarnya,lapangan kerja yang tersedia lebih banyak terutama sektor swasta dari pada didesa walaupun tidak menjamin akan mendapatkan pekerjaan setidaknya lowongan yang tersedia lebih banyak sehingga kemungkinan mendapatkan pekerjaan lebih besar.
Baca juga : Lulus SMA Kerja PHK Sekarang Dagang Sebuah Kisah Nyata

Merantau ke Jakarta untuk mengadu nasib merupakan hal yang wajar namanya juga ingin merubah nasib dari pada usia produktif hanya dihabiskan didesa tanpa melakukan sesuatau dan nyatanya banyak yang berhasil diperantauan.Namun demikian alangkah baiknya sebelum datang ke Jakarta persiapkan segala sesuatunya dengan baik diantaranya:


  • Pendidikan yang memadai minimal SMU atau sederajat.
  • Modal yang cukup selama tinggal di Jakarta
  • Rencanakan Tempat tiinggal sementara yang memadai
  • Mencari informasi sebanyak-banyaknya lokasi kawasan industri
  • Persiapkan persyaratan selengkap mungkin untuk melamar kerja seperti ijazah,KTP,Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK),sertifikat pelatihan bila perlu.


Satu hal yang perlu anda catat bahwa mencari pekerjaan di Jakarta dan sekitarnya tidaklah mudah karena banyak pesaingnya untuk itu sebaiknya anda jangan pilah-pilih dalam mencari pekerjaan,terima saja dulu apapaun pekerjaannya sebagai batu loncatan untuk mencari pekerjaan yang sesuai minat.  
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar