--> Skip to main content

5 Bagian Penting Speaker Aktif Beserta Kegunaannya

5 Bagian Penting Speaker Aktif Beserta Kegunaannya-Halo pengunjung setia Blog mediakompilasi.com speaker aktif saat ini sudah menjadi perangkat audio populer karena kepraktisannya tinggal colokkan konektor speaker aktif ke line out sumber audio,hidupkan power nikmati musik! Tak hanya itu saja beberapa model speaker aktif memiliki fitur yang menawan tengok saja ada yang memakai remote kontrol bahkan ada pula yang memiliki koneksi Bluetooth.
Baca juga : Membongkar Jeroan Speaker Komputer Portabel USB
Bagian Speaker aktif
Bagian Tone Control
Tahukah anda sebenarnya didalam speaker aktif terdapat 5 bagian penting yang satu sama lainnya saling mendukung jika ada salah satu yang tidak bekerja dengan baik hasil suaranya juga akan ikut terpengaruh bahkan bisa saja mati total.Sebagai pemilik speaker aktif tidak ada salahnya mengenal atau mengetahui ke-5 bagian Penting speaker aktif tersebut karena jika suatu saat ada kerusakan anda bisa mendeteksi sedini mungkin atau memperbaiki sendiri jika memang kerusakannya ringan.

Berikut ini 5 Bagian Penting Speaker Aktif Beserta manfaatnya selengkapnya

1.Pre Amp
Bagaian ini bisa juga disebut selektor karena memang dari bagian inilah sumber audio dari DVD player,Flashdisk ,Mikropon atau gadget kemudian dipilih untuk diumpankan kebagian berikutnya.Pada bagian ini sinyal input atau line level yang sensivitasnya berbeda-beda diolah sedemikian rupa  atau dikuatkan sehingga layak untuk diarahkan kebagian tone control .Pre Amp bisa juga berfungsi untuk mengatur Volume.Saat ini karena koneksi antar perangkat sudah cukup canggih misalnya dengan USB sehingga tidak perlu lagi mengunakan koneksi kabel RCA atau Jack 3,5 Inch yang mana akan memperkecil distorsi.Beberapa model speaker aktif memiliki output pre amp yang mana nantinya outputnya bisa dihubungkan dengan subwoofer aktif atau amplifier.

2.Tone control
Speaker aktif memiliki bagian yang bertugas melakukan pengaturan karakteristik frekuensi sinyal audio sehingga menghasilkan nada-nada rendah(Bass) atau nada-nada tinggi (trebel) yang kemudian akan diumpankan kepower amplifier.Dengan adanya tone control maka anda bisa mengatur kekuatan bass atau treble sesuai keinginan anda.Output dari sinyal audio yang dihasilkan oleh tone control tegangannya masih lemah sehingga perlu diperkuat lagi oleh power ampilfier sehingga mampu menggerakan driver speaker aktif.

3.Power Amplifier
Bagian ini merupakan tingkat terakhir penguatan sinyal audio dari sumber audio sebelum diumpankan ke driver speaker aktif.Ada berbagia macam kontruksi dan kelas amplifier misalnya OTL aatau OCL sedangkan kelasnya juga terdiri dari beberapa kelas seperti A,B,AB,C dan D.Tingkat kekutan Power amplifier(Power rating) dinyatakan dalam Watt dan yang akurat dinyatakan dalam RMS bukan PMPO.Setiap power ampiiier memiliki nilai distorsi yang dinyarakan dalam % THD(Total Harmonic Distortion),semakin kecil nilai THD nya maka makin kecil distorsi pada audio yang dihasilkan.

4.Loudspeaker
Komponen elektronika yang dapat merubah getaran listrik menjadi getaran suara dalam dunia elektronika disebut Ludspeaker namun orang awam biasanya menyebut speaker saja.Loudspeaker terdiri atas beberapa bagian seperti Magnet,Kumparan,kertas membaran dan rangka logam.

Berdasarakan frekuensi yang dihasilan loudspeaker dibedakan menjadi bebrapa jenis diataranya Woofer(frekuensi rendah),Midrange(Frekuensi menegah) dan Twitter(Ferekuesi tinggi) dan biasanya dalam sebuah desain speaker aktif Woofer berada paling bawah sedangkan Midrange ditengah kemudain paling atas Twitter.

5.Catu Daya
Catu daya merupakan bagian yang sangat vital karena kebutuhan  tegangan untuk menghidupkan speaker aktif dipasok oleh bagian ini.Pada umumnya bagian Catu daya terdiri atas Trafo,Penyerah dan kapasitor.Trafo  mampu merubah tegangan AC PLN menjadi tegangan yang lebih rendah sesuai dengan kebutuhan speaker aktif kemudian tegangan yang sudah turun tersebut diubah menjadi tegangan DC oleh kapasitor.

Setelah itu tegangan diratakan atau diperhalus oleh Kapasitor sehingga jika tegangan tersebut dialirkan ke speaker aktif tidak menimbulkan distrosi suara.Kapasitor bisa juga berfungsi sebagai buffer dalam jangka waktu tertentu.

Demikianlah informasi seputar 5 Bagian Penting Speaker Aktif Beserta Kegunaannya semoga menambah
wawasan anda Terima kasih atas Kunjungannya.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar