Skip to main content

Cara Mengatasi Speaker Mati Sebelah pada Speaker Aktif

Cara Mengatasi Speaker Mati Sebelah pada Speaker Aktif-Halo Pengunjung Setia Blog Mediakompilasi.com…Menikmati musik dari Flashdisk atau Komputer menggunakan speaker aktif akan terasa mantap apalagi jika speaker aktifnya kuat bertenaga makin oke.Tapi apa jadinya jika suara yang mantap tersebut tiba-tiba spekernya mati sebelah? Tentunya Tidak enak dikuping bukan?

Speaker mati sebelah
Konektor bisa saja longgar
Seperti yang menimpa sahabat saya Mang Lembu yang mengeluhkan Speaker aktifnya mati sebelah melalui komentar diartikel yang membahas speaker aktif begini keluhannya,”Speaker Aktif saya Dapat Kreditan malah mati speaker yang sebelahnya Gimana kalo gituh coba mang?”.Sebagai sahabat yang baik saya berusaha membantu sebisanya.Idealnya untuk mengetahui bagian mana yang rusak harus membongkar langsung namun tidak ada salahnya saya memberikan prediksi atau solusi secara tertulis(teori) siapa tahu bisa membantu.
Baca juga : 5 Bagian Penting speaker Aktif Beserta kegunaannya

Beberapa Langkah untuk mengatasi Speaker mati sebelah pada speaker Aktif

1.Hidupkan speaker aktif dengarkan baik-baik pada bagian speaker yang diduga tidak ada suaranya apakah ada suara desis dari speaker tersebut? Jika ada menandakan bagian power masih bekerja dengan baik.

2.Jika speaker tidak berdesis sama sekali tapi speaker yang lainnya (Kanan/Kiri) berdesis ada beberapa kemungkinan  Pertama koneksi (kabel) dari output amplifier terputus,Cek kondisi kabelnya Kedua Fuse(Sekering) speaker putus(Jika menggunakan fuse) Ketiga Loudspeaker Rusak.Untuk Mengetahui Bagus atau tidaknya loudspeaker bisa menggunakan alat multitester.Keempat catu daya tidak bekerja dengan baik kelima Power amplifier rusak terutama pada bagian penguat akhir(Final).
Baca juga : 3 Jenis kerusakan Pada Speaker Aktif dan Cara mengatasinya 

3.Jika speaker berdesis tapi tidak ada suaranya ketika memutar musik ada beberapa kemungkinan Pertama tone control rusak terutama pada bagian pengatur balance(potensio) jika rusak ganti yang baru Kedua bagian selector untuk memilih sumber audio rusak Ketiga  Kabel penghubung RCA atau Jack rusak periksa putus atau tidaknya degnan multimeter atau bisa juga ditukar dulu yang tadinya kabel RCA dimasukkan ke terminal bagian kanan(R) ditukar untuk bagian kiri (L).

4.Cek file musiknya terutama jika file musiknya hasil dari download dan jenisnya karaoke karena biasanya salah satu kanal tidak ada suaranya.Coba putar kaset Dvd,Vcd atau mp3 jika tetap speaker tidak ada suaranya berarti masalahanya bukan dari file audionya.

Demikanlah informasi seputar Cara mengatasi Speaker Mati sebelah pada speaker aktif semoga bisa membantu anda dalam memperbaiki sendiri kerusakannya.Selamat mencoba!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar