--> Skip to main content

Rasa Kebersamaan Pemotongan Hewan Kurban Idul Adha

MEDIAKOMPILASI.COM-Rasa kebersamaan warga perumahan dalam menyambut hari raya Idul Adha yang jatuh pada hari Senin 12/9/2016 masih kental terlihat khususnya dalam hal pemotongan hewan kurban.Salah satunya diperumahan Kota Mega Regency Cikarang Bekasi.Tahun ini panitia kurban Masjid Ar Rahman Di blok L menerima 22 ekor kambing dan 1 ekor sapi dari warga yang berkurban.
Hewan kurban
Warga sedang menguliti kambing
Hewan Kurban
Kurban Sapi diletakkan diterpal
Hewan Kurban
Biar mudah hewan kurban dipegangi 4 warga
Setelah pelaksanaan sholat Idul Adha yang dimulai pada pukul 06.30 dan berakhir  pada pukul 7.15 dilanjutkan dengan acara pemotongan hewan pada sekitar pukul 8.30.Memotong hewan sebanyak itu tentu tidak bisa dilakukan oleh satu atau dua pengurus masjid tapi harus dilakukan secara bersama-sama atau gotong royong.Disinilah rasa kebersamaan warga perumahan nampak jelas tanpa disuruh-suruh warga dengan suka rela mendatangi Masjid untuk membantu acara pemotongan hewan.

Acara dimulai dengan pemotongan 1 ekor sapi dilanjutkan dengan pemotongan kambing.Warga saling bahu membahu ada warga yang bagiannya memegangi kaki kambing ada yang menyembelih kambing adapula yang menguliti /memotong dagingnya.Semuanya seperti sudah mengerti tugas masing-masing tanpa dikomandopun semuanya bisa berjalan dengan baik.Menurut saya hal ini wajar karena ritual memotong hewan kurban merupakan salah satu agenda rutin tahunan bagi umat Islam khususnya yang tinggal diperumahan.

Suasana disekitar Masjid Ar Rahman seperti Pasar Daging dimana hewan-hewan yang sudah dipotong satu-persatu diikat dan digantung diatas tenda sehingga bergelantungan dimana setiap kambing ada 2 warga yang bertugas menguliti kulit kemudian memotong dagingnya.Berbeda dengan Hewan kurban Sapi tidak digantung namun diletakkan diterpal kemudian dikuliti dan dipotong-potong dagingnya oleh beberapa orang.

Dengan semangat gotong royong meskipun pekerjaannya cukup melelahkan karena banyaknya hewan kurban namun karena dikerjakan bersama-sama dan merupakan kegiatan keagamaan atau bagian dari pada ibadah karena memang berkurban dihari raya Idul Adha sangat dianjurkan dalam Islam sehingga setiap muslim yang terlibat didalamnya Insya Allah kalau diniatkan ibadah maka akan berpahala sehingga membuat semua yang menjalankannya jadi tak terasa.Hingga siang hari menjelang ashar barulah daging kurban bisa dibagikan ke warga yang berhak.
Baca juga : Demam Sepatu Roda Melanda Perum Mega Regency Bekasi

Semoga Rasa kebersamaan warga perumahan dalam melakukan kegiatan pemotongan hewan kurban berlaku juga dihal-hal lainnya yang berhubungan erat dengan kehidupan bermasyarakat saling bantu membantu dalam hal kebaikan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar