Skip to main content

5 Kendala Teknis Penyebab Blogger Kurang Produktif Menulis

MEDIAKOMPILASI.com-Ngeblog meskipun kelihatannya mudah tinggal tulis lalu terbitkan ke blog selesai,ternyata memiliki beberapa kendala teknis penyebab blogger kurang produktif menulis artikel dengan kata lain ide artikelnya sudah ada atau bahkan sudah siap artikelnya tapi tidak bisa terbit.Kendala teknis ini tentunya menjadi masalah yang seirus karena jika blogger tidak  bisa menrbitkan artikel sama sekali sama saja kesannya blognya tidak terurus dengan baik.

Saya sendiri selama ngeblog bertahun-tahun seringkali menhadapi kendala teknis ngeblog sehingga saya jadi tidak produktif menulis artikel.Sehebat apapun usaha yang saya lakukan untuk menngatasi kendala tersebut tetap saja kendala tersebut saya alami.Untungnya ngeblog merupakan pekerjaan sampingan jadi sehari  dua hari bahkan lebih tidak ngeblog sudah saya anggap hal biasa walaupun ada rasa kehilangan jika tidak bisa menerbitkan artikel ke blog kesayangan.

Berikut 5 Kendala Teknis Penyebab Blogger Kurang Produktif Menulis

1.Kehabisan kuota internet
Mahalnya tarif internet di Indonesia membuat sebagian blogger pasang jurus irit agar dapur blog bisa tetap ngebul sampai akhir bulan kuota masih cukup.Untuk ukuran blogger yang aktif kuota 3 GB seharga Rp.60.000/bulan mana cukup? Saya sendiri merasakan sejak kembali menggunakan modem untuk koneksi intetnet kuota 500 MB Cuma berrtahan 1 minggu padahal saya jarang ngeblog maupun browsing apalagi youtube-an.

Padahal untuk mencari referensi artikel yang saya buat terkadang saya butuh browsing kesitus-situs besar seperti Wikipedia atau situs authority site yang tentunya menguaras kuota belum lagi blogwalking atau sosial media.Tak heran jika kadang ketika saya mau menerbitkan artikel ke blog tahu-tahu ada notifikasi kalau kuota saya sudah habis akibatnya batal menerbitkan artikel.

2.Sinyal lelet
Tidak semua wilayah di Indonesia bisa menikmati sinyal ngebut Dari operator seluler ada juga yang sinyalnya pas-pasan meskipun wilayah itu berada diperkotaan atau kawasan padat penduduk.Ngeblog tanpa sinyal intertet yang memadai membuat ngeblog jadi tersiksa masih untung bisa menerbitkan aritkel kadang tidak bisa.Kalau sudah begini yang bisa dilakukan hanya pasrah sambil gigit jari.
Baca juga : Menjajal kecepatan Paket Internet HoRod XL

3.Listrik padam
Lisrik ibarat sembakonya blogger karena tanpa listrik ngeblog tidak akan berdaya.Masih untung jika anda menggunakan Laptop masih bisa bertahan untuk beberapa jam sebelum baterainya habis bagaimana dengan pengguna PC Desktop seperti saya? Otomatis istirahat dulu ngeblognya.Untungnya listik padam jarang terjadi sehigga tidak terlalu mengganggu kegiatan ngeblog.

4.Komputer Rusak
Komputer jika umurnya sudah uzur seperti Komputer saya rentan sekali terjadi kerusakan meskipun tidak kerap terjadi namun jika pas rusak jadi bencana besar buat seorang blogger apalagi jika rumahnya jauh dari tukang reparasi komputer.Terlebih lagi jika kerusakannya parah misalnya Motherboardnya atau hardisknya harus diganti.Masih mending jika masih ada suku cadangnya jika tidak? Siap-siap jadi barang  rongsokan dan ganti komputer baru.

Kendala teknis ngeblog
Motherboard rusak
Sungguh beruntung jika anda ngeblog dengan komputer atau laptop baru karena kendala teknis ini jarang anda alami sehingga bisa lebih produktif menulis.Kalau saya sendiri hampir semua bagian komputer sudah pernah diganti mulai dari Mohteboard 2 kali ganti,Hardisk 2 kali ganti,Power supply,monitor,mouse sampai keyboard.
Baca juga : Keyboard Kesiram Air,Ngeblog Terpaksa Libur Panjang

5.Sibuk Urusan Offline
Umumnya blogger ngeblog hanya dijadikan kegiatan atau kerja sampingan baik untuk mengisi waktu luang ataupun menyalurkan hobi.Terkadang karena kesibukan urusan offline misalnya kerja lembur membuat tidak bisa ngeblog belum lagi urusan keluarga kadang membuat negblog sementara diliburkan.
Baca jauga : Adsense enaknya Buat Kerja Sampingan

Bagaimana dengan anda kendala teknis apa yang membuat anda kurang produktif menulis? Silahkan share disini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar