Skip to main content

Jangan Tanam Pohon Jambu depan Rumah Ini Alasannya

MEDIAKOMPILASI.com-Menanam pohon didepan rumah memang memiliki keuntungan tersendiri apalagi pohon tersebut pohon yang berbuah, rumah jadi sejuk,udara bersih serta menghasilkan buah.Namun tahukah anda sebenarnya ada beberapa jenis pohon buah yang sebaiknya tidak ditanam didepan rumah karena pohon tersebut justru mendatangkan kerugian bagi pemilik rumah.
Baca juga : Menanam pohon mangga depan rumah banyak untungnya

pohon jambu air
Pohon jambu air
Menurut seorang arsitek lanskap Nirwono Yoga melalui laman Life style Okezone.com pohon yang baik untuk ditanam dirumah baik dihalaman atau didepan rumah untuk mendapatkan keteduhan yang maksimal adalah jenis pohon yang daunnya tidak lebar misalnya belimbing atau kelengkeng.Hal ini bertujuan agar sinar matahari tidak secara frontal masuk kedalam rumah baik pada pagi hari atau siang hari.Pohon yang daunnya lebar justru akan menghalangi sinar matahari masuk kedalam rumah.

Masih menurut Nirwono sebaiknya pohon yang dipilih berukuran sedang maksudnya ukurannya sekitar 15-20 meter contohnya pohon Mangga atau Rambutan Hindari pohon jambu air karena ada ulat bulunya.Jadi jelas kenapa menanam pohon jambu air didepan rumah tidak dianjurkan.

Berkaitan dengan menanam pohon jambu air saya memiliki pengalaman bagaimana rasanya memiliki pohon jambu air yang sudah berbuah.Jenis jambunya yang buahnya berwaran hijau bukan yang merah.Jika sedang musimnya buahnya lumayan banyak sayangnya rasanya kurang manis sehingga saya dan keluarga jarang memakannya.

Uniknya justru tetangga  banyak yang meminta terutama ibu-ibu untuk membuat rujak tapi karena memang pohonnya agak tinggi memetiknya juga susah.Karena tidak segera dipanen banyak jambu air yang jatuh ketanah dan itu berlangsung tiap hari sampai saya capek sendiri membersihkannya.Tak hanya itu saja buah jambu yang sudah jatuh mengundang lalat sehingga ikut masuk kedalam rumah belum lagi kadang ada ulat bulunya.

Hal lainnya yang membuat repot adalah sampah daunnya yang rontok kalau tidak buru-buru dibersihkan akan menumpuk jadilah membersihkan daun jadi kegiatan rutin tiap hari.Tak hanya itu saja menurut tetangga rumah saya kalau malam terlihat seram karena ada pohon jambunya akhirnya mempertimbangkan untung ruginya menanam pohon jambu yang lebih banyak ruginya pohon jambu air tersebut kemudian ditebang.
pohon jambu air
Sampah daun jambu air
Sekarang ini ditempat yang baru saya justru memiliki tetangga sebelah rumah persis yang menanam pohon jambu air didepan rumah.Pohonnya sudah tinggi bahkan sampai menutupi atap bagian depan rumah tetangga bahkan menutupi juga sebagian atap rumah saya.Tiap hari ada saja daun yang rontok dan jatuh didepan rumah saya mau tidak mau saya yang membersihkannya.Kadang ada rasa kesal juga tapi saya tidak mau ribut hanya gara-gara daun jambu.

Itulah alasan kenapa jangan tanam pohon jambu air depan rumah berdasarkan keterangan ahli dan pengalaman pribadi semoga informasi ini bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar