Skip to main content

Ronda Siskamling Antara Kewajiban dan Silaturahmi

Ronda Siskamling Antara Kewajiban dan Silaturahmi-Ngantuk berat itulah efek dari kegiatan Ronda atau Siskamling(Sistem keamanan lingkungan),Wajar saja karena ronda itu bergadang dari jam 12 malam hingga menjelang Subuh untuk menjaga lingkungan.Kegiatan ronda ini masih lestari dinegeri tercinta ini tak peduli meskipun Jakarta habis diguncang dengan aksi 4 November.Salah satunya diperumahan tempat tinggal saya didaerah Cikarang Bekasi.
Ronda Siskamling
Suasana Ronda ( Wikimedia)
Kebetulan malam minggu kemarin saya ronda karena memang sudah menjadi kewajiban setiap warga perumahan dan jika tidak memenuhi kewajiban akan terkena sanksi administrasi sesuai kesepakatan warga yang disyahkan oleh ketua RT yaitu berupa denda sebesar Rp.25.000.Setiap warga berkewajiban ikut ronda siskamling sebulan sekali.Uniknya di RT saya tidak ada yang namanya jadwal ronda artinya warga diberi kebebasan untuk ikut ronda sesuai dengan waktu luangnya patokannya pokoknya ronda sebulan sekali.

Setiap 4 bulan sekali absen ronda akan direkap siapa-siapa yang kehadirannya kurang dari 4 kali akan tekenda denda yang dipungut oleh seksi ekamanan RT.Saya sendiri sebagai warga baru sudah 3 bulan ini tidak bisa ikut ronda karena repot mengurus  ke-3 anak saya selain itu seringkali pas malam minggu turun hujan.Saya berpikir kalau saya tak kunjung ikut ronda bisa kena denda 3x Rp.25.000 atau Rp.75.000.Sayang banget bukan? bayangkan setara US $5 cari $1 dari blog saja susahnya minta ampun masa mau dibuang begitu saja untuk bayar denda ronda?

Untungnya malam minggu kemarin suasana cerah anak-anak juga tidak rewel kondisi tubuh juga sedang fit makanya saya putuskan untuk ikut ronda siskamling.Sekitar jam 00.00 kurang sedikit saya keluar rumah kemudian menuju pos ronda .Waktu saya datang sudah ada warga yang datang saya sendiri belum tahu nama-nama warga karena belum lama tinggal diperumhan yang sekarang ini saya tempati.Pos Ronda RT saya termasuk lengkap fasilitasnya ada televisi 20 inch,dispenser panas normal bahkan kopi plus camilan pun ada,tersedia juga tikar/karpet untuk duduk-duduk dijalan karena memang posnya hanya bisa menampung 4 orang.

Dalam Kegiatan ronda ini saya bersama warga lainnya hanya duduk-duduk,nonton televisi,minum kopi sambil ngemil camilan yang ada serta ngobrol ngalor ngidul mulai dari pekerjaan,politik sampai berita terhangat sehingga menimbulkan keakraban diantara kami yang ronda dan lebih saling mengenal.Kegiatan ronda diakhiri pada jam 3.00 dan situasi aman terkendali.
Baca juga : Gas Elpiji 3 kg Susah didapat Terpaksa Libur Jualan

Meskipun kegiatan ronda siskamling ini hanya berlangsung selama 3 jam namun setidaknya antar sesama warga lebih saling mengenal maklum kebanyakan pekerja pabrik yang liburnya seminggu sekali otomatis jarang bertemu dengan warga lainnya jadi tidak sekedar kewajiban menjaga lingkungan namun bermanfaat juga sebagai sarana silaturahmi.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar