Skip to main content

Kelebihan dan Kekurangan Komputer Desktop

Kelebihan dan Kekurangan Komputer Desktop-“Setia banget mas sama komputer jadulnya?Sudah berapa kali servis?”pertanyaan ini pernah dilontarkan salah satu teman bloger menaggapi artikel saya tentang resiko ngeblog dengan komputer desktop jadul.Wajar teman bertanya seperti  itu karena memang komputer desktop saya beberapa kali mengalami kerusakan walaupun sebenarnya tidak sering tapi hampir semua hardware komputer desktop yang penting sudah pernah saya ganti mulai dari Prosesor,Motherboard,Hardisk,RAM hingga PSU.

Komputer Desktop
Komputer Desktop
Saya masih tetap setia menggunakan komputer desktop tersebut bahkan hampir 6 tahun karena rusaknya tidak terus menerus maksudnya misalnya saya ganti Motherboard tapi sudah lebih dari setahun masih bekerja dengan baik atau Hardisk sudah hampair 2 tahun tidak pernah rusak padahal pemakaiannya tiap hari dan lebih dari 3 jam.Jadi meskipun harus keluar biaya tapi nilainya masih jauh jika dibandingkan dengan membeli Laptop baru.

Itu baru sebagian kecil kelebihan dari komputer desktop masih banyak kelebihan-kelebihan lain yang membuat sebagian pengguna kompueter seperti saya lebih memilih komputer desktop dari pada laptop atau tablet meskipun sebenarnya komputer desktop juga memiliki kekurangan toh tidak menyurutkan keinginan pengguna komputer desktop.Memangnya apa sajakah kelebihan dan kekurangan komputer desktop?

Nah…pada kesempatan kali ini saya akan berbagi informasi seputar kelebihan dan kekurangan komputer desktop berdasarkan pengalaman pribadi selama 6 tahun menggunakan komputer desktop.

Kelebihan dan Kekurangan Komputer Desktop

Kelebihan:
Harga Lebih Terjangkau
Jika anda memiliki budget pas-pasan membeli komputer desktop meupakan pilihan tepat karena anda tidak harus membeli komputer build up atau laptop,komputer rakitan pun tetap oke dengan harga yang lebih murah terlebih lagi jika anda sudah memiliki Monitor LCD/LED,Keyboard atau mouse anda tinggal beli CPU nya saja sebagai contoh komputer desktop rakitan dengan prosesor Core2Duo 2.26 GHZ Dijual dengan harga 2 jutaan.Anda juga bisa membeli komputer dengan sepsifikasi prosesor yang tidak telalu tinggi sehingga harganyapun lebih murah.

Hardware Fleksible
Anda bisa bebas memodifikasi/up grade komputer desktop misalnya mengganti/menambah Hardisk,Keyboard,Mouse,RAM,PSU,TV Tuner,Kartu grafis atau bahkan ganti prosesor sekalipun.Jadi anda tidak perlu takut prosesor anda ketinggalan zaman karena anda bisa memperbaharuinya setiap saat.Keyboard pada komputer desktop lebih lengkap tombolnya dan lebih fleksibel digunakan,anda bisa bebas memindahkan keyboard tanpa harus memidahkan cpu atau monitornya bahkan jika mau anda bisa menggunakan keyboard wireless.

Baca juga : Cari Spart Part Komputer Ke Harco Mangga Dua? Ke Lazada saja!

Bandel dan Awet
Komputer desktop didisain dengan ruangan yang lebih lapang sehingga semua hardwarenya khususnya prosesor memiliki ruang “bernafas” yang lebih lega sehingga bisa meminimalisir panas yang berlebihan( over heating) selain itu pemasangan kipas pendingin jadi lebih mudah meskipun jumlahnya lebih dari satu sehingga sistem pendinginnya lebih baik.Itulah mengapa komputer desktop lebih bandel walaupun pemakaiannya terus menerus selama 24 jam contohnya pada Warnet game online.

Komputer desktop perawatannya juga lebih mudah misalnya ingin membersihkan tinggal membuka casingnya saja atau jika ada masalah dengan kipas pendinginnya bisa segera diganti itulah mengapa komputer desktop lebih awet asalkan pemakaiannya benar dan tegangan yang stabil.

Ukuran Monitor Lebih bervariasi
Bekerja dengan monitor komputer  yang lapang/lebar merupakan salah satu kelebihan lain dari pada koputer desktop tidak hanya terbatas pada ukuran 14 inch tapi ada yang lebih besar lagi misalnya 21 inch.Anda bisa menggantinya setiap saat tanpa harus membeli komputer yang baru tapi cukup ganti monitornya saja.

Baca juga : Cara Mengatasi Monitor LCD Sering Hidup Mati  

Kekurangan:
Desainnya tidak mobile
Komputer desktop memang didisain untuk ditempatkan disuatu tempat tidak untuk dipindah-pindahkan kaena ukurannya lumayan besar dan koneksinya masih tergantung dengan kabel misalnya kabel power,Kabel VGA,Mouse maupun keyboard.Jadi jika pekerjaan anda menuntut anda untuk selalu berpindah tempat komputer desktop tidak cocok untuk anda.

Konsumsi dayanya besar
Komputer desktop menggunakan hardware yang cukup menguras energi baik untuk menghidupakan CPU maupun Monitor apalagi jika spesifikasinya tinggi misalnya komputer untuk game karena hardwernya lebih komplek dibandingkan komputer biasa.Sebagai contoh komputer saya meskipun sepsifikasinya sudah jadul namun PSU yang digunakan 450 Watt.

Tegangan Harus Stabil
Komputer desktop menggunakan tegangan Listrik AC 220 Volt untk menghidupkan CPU dan monitor.Tegangan ini kemudaian diturunkan oleh bagian PSU pada CPU sesuai denga kebutuhan hardware seperti Hardisk,Motherboard,Dvd Room maupun kipas.Tegangan ini harus stabil jika tidak akan menyebabkan kerusakan pada hardware iutalh mengapa pengguna komputer desktop disaranakan menggunakan stabilizer tegangan yang memungkinkan menstabilakan tegangan ketika tegangan listk naik ataupuan turun.

Demikianlah informasi seputar Kelebihan dan Kekurangan Komputer Desktop Semoga bisa menjadi referensi untuk anda dalam menemukan jensi komputer yang tepat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar