--> Skip to main content

Usaha Kuliner Martabak Mini Manis Modal Kecil

Usaha Kuliner Martabak Mini Manis Modal Kecil-Apakah Ada diantara anda sekalian ingin memulai usaha tapi dengan modal kecil? Nih saya kasih tahu,anda bisa mencoba usaha kuliner martabak mini manis.Kenapa harus Usaha Kuliner? Namanya juga manusia tak bisa lepas dari makanan baik makanan pokok maupun camilan apalagi bagi masyarakat Indonesia.

Usaha Kuliner Martabak Mini Manis
Usaha Kuliner Martabak Mini Manis
Kenapa harus Martabak manis? Martabak manis atau terang bulan sejak dulu sudah menjadi camilan favorit bahkan menurut Wikipedia martabak manis sebenarnya asli kuliner melayu nusantara.Sayangnya ukuran martabak manis umumnya berukuran besar misalnya saja martabak Bangka Diameter bisa mencapai 30 cm sehingga terkadang kalau beli tidak habis.

Nah…martabak mini manis bisa menjadi kuliner alternatif yang hobi makan martabak tapi porsinya kecil diameternya cuma 7 cm.Jangan salah meskipun ukurannya mini bahan baku dan variasi topingnya juga hampir sama ada coklat,kacang,keju bahkan ada toping selai aneka rasa mulai dari strawberry,blueberry atau nanas jadi urusan rasa martabak mini manis tak kalah dengan martabak ukuran standar.Jadi menurut saya udaha kuliner martabak mini manis cukup cerah.

Usaha kuliner martabak mini manis cukup mudah dijalankan karena bahan bakunya mudah ditemukan dan outlet(Gerobak) tidak harus berukuran besar.Peralatannya juga tidak banyak sehingga modalnya juga tidak terlalu besar.Masih Ragu? Simak Pengalaman saya berjualan martabak mini manis.

Baca juga : Pengalaman Menjadi Pedagang Kaki Lima diTerminal Bekasi

Tips Usaha Kuliner Martabak Mini

Peralatan yang harus dipersiapkan :

1.Gerobak
2.Cetakan Martabak Mini 7 lubang
3.Kompor Gas+ Tabung Gas LPG 3 Kg
4.Peralatan Pendukung seperti Loyang,sendok,Penejepit,pembungkus,tempat gula pasir,meses dan selai,Ember adonan.

Usaha Kuliner Martabak Mini
Gerobak motor
Ukuran gerobak tidak perlu besar-besar sehingga tidak memakan tempat.Saya sendiri membuat gerobak sendiri dengan konsep gerobak motor dengan ukuran 100cmx45cmx63cm.Sengaja saya membuat gerobak motor supaya lebih mobile saya bisa mangkal dimana saja berbeda jika menggunakan gerobak biasa selain biaya pembuatannya lebih mahal kemana mana harus didorong.Kecuali jika anda berniat mangkal dan tidak berpindah-pindah anda bisa membuat gerobak yang lebih menarik tampilannya.

Bahan-bahan baku martabak manis

1.Terigu (Saya menggunakan merk segitiga biru).
2.Gist (Saya menggunakan merk permipan)
3.Soda Kue
4.Gula pasir
5.Garam
6.Air
7.Mentega
8.Bahan Toping : Meses coklat,Meses Warna,Selai Strawberry,Selai Blueberry.

Untuk cara membuatnya silahkan baca :
Resep Rahasia Martabak Mini Unyil Anti Gagal Bantet

Pemasaran

Usaha kuliner martabak mini manis merupakan usaha yang cara penyajiannya cepat saji artinya makanannya dibuat dulu ditempat mangkal baru dijual atau menunggu pesanan baru dibuat sehingga resiko kerugian tetap ada karena jika adonan tidak habis akan dibuang karena memang tidak tahan lama oleh karena itu temapt mangkanya harus benar-benar strategis yaitu tempat yang banyak orang lalu lalang atau berkumpulnya orang seperti pasar,pertokan atau sekolah.

Saya sendiri lebih memilih mangkal disebuah SD pada jam istirahat.Sengaja saya memilih mangkal di SD karena saya ingin mengetes pasar dulu dan ingin mengetahu apakah rasanya sudah enak.Sengaja saya bidik anak-anak karena anak-anak itu suka jajan dan tidak banyak komplain tidak seperti orang dewasa.Jika tiap hari ada yang beli bisa menunjukkan martabak buatan saya layak untuk dijual.Saya juga bisa belajar tehnik membuat martabak yang bagus biar empuk,mengembang dan tidak gosong.Selain di SD saya juga mangkal di Pasar Kaget Mingguan yang ada diperumahan saya.

Jika rasa dan tampilan martabak sudah enak dan bagus dan terbukti ada pelanggannya baru saya mulai memikirkan untuk menyasar pada orang dewasa dan mencari tempat mangkalnya.Jadi saran saya sebelum anda mangkal pastikan martabaknya memang sudah layak jual.Saya sendiri dulu sebelum merintis usaha kuliner ini sering praktek dengan membuat adonan terigu ¼ kg kemudain saya coba sendrii dan dibagi-bagikan kepada tetangga.

Demikianlah informasi peluang usaha Kuliner martabak mini manis Modal Kecil,Jika ada yang kurang jelas silahkan bertanya melalui komentar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar