Belajar Editing Video Mulai Dari Nol

Belajar Editing Video Mulai Dari Nol

Belajar Editing Video Mulai Dari Nol-Bagi seorang bloger video memiliki manfaat yang tidak bisa dipandang sebelah mata yaitu untuk memperkaya artikel karena artikel yang kaya dengan multimedia seperti gambar,video atau list akan meningkatkan sinyal interaksi pengunjung dalam artian pengunjung akan rela berlama-lama membaca artikel blog anda sehingga mampu menurunkan bounce rate.Terlebih lagi jika artikelnya berjenis tutorial,video akan semakin memperjelas artikel yang ditulis.

Editing Video
Perangkat edit video
Disamping itu video ternyata bisa menjadi ladang uang seperti halnya blog yaitu dengan ikut berpartisipasi di Google Adsense Youtube.Namun untuk membuat sebuah video yang memiliki nilai jual tidaklah mudah butuh kreativitas pembuatnya itulah mengapa seorang youtubers wajib menguasai ilmu editing video sehingga nantinya video yang dibuat lebih menarik dengan efek gambar,text maupun back sound hal itu tidak akan anda dapatkan jika hanya mengandalkan kamera ponsel biasa.

Baca juga :
Amankah mengaitkan akun adsense blog dengan youtube

Akhir-akhir ini saya sedang tertarik untuk bermain adsense youtube,saya terinspirasi teman blogger dari Subang Mang Yono pemilik blog keren mangyono.com yang mampu meraih $300 perbulan dari youtube bermodalkan video orisinil dengan topik kebanyakan seputar pertanian atau budaya sunda.Selama ini saya beranggapan kalau ingin sukses didunia youtube videonya harus penuh efek tapi nyatanya mang yono bisa sukses walaupun videonya sederhana.

Beberapa persiapan yang saya lakukan untuk belajar editing video diantaranya:

1.Kamera Ponsel
Kamera menjadi peralatan wajib untuk membuat sebuah video orisinil dan untungnya saya memiliki 2 ponsel android Samsung Galaxy saya rasa cukup memadai untuk emmbuat video walaupun jika memiliki dana lebih akan lebih bagus lagi jika menggunakan kamera khusus untuk video misalnya handycam,

Saya akan menggunakan 2 ponsel tersebut satu untuk mengambil gambar satu lagi untuk merekam suara dengan mikropon eksternal sehingga suara vocal yang dihasilkan terdengar lebih jelas dibandingkan jika hanya mengandalkan suara dari satu ponsel.Kualitas audio memiliki peran penting dalam sebuah video khususnya jika video tersebut berisi tutorial.

2.Mikropon eksternal
Dalam membuat sebuah video yang membutuhkan narasi seperti video tutorial suara vokal harus jelas dan jika hanya mengandalkan mikropon internal ponsel suaranya kurang jelas itulah mengapa dibutuhkan mikropon ekternal.Dipasaran sendiri cukup mudah mendapatkan mikropon ponsel eksternal tinggal pilih mau yang murah atau yang pro.Saya sendiri tidak perlu membeli karena saya memanfaatkan headset ponsel bekas untuk dirubah menjadi mikropon ekternal.

3.Tripod Kamera
Saya sering membuat video tapi giliran saya unggah ke youtube menurut youtube video saya goyang dan memang ketika saya membuat video tersebut saya genggam dengan tangan.Hal ini tidak akan terjadi jika saya menggunakan tripod kamera.Kebetulan saya memiliki tripod kamera yang sudah lama tak terpakai tadinya tripod tersebut digunakan untuk kamera poket tapi sayangnya kamera saku tersebut sudah rusak.

Tadinya saya tidak terpikir untuk menggunakan tripod tersebtu untuk kamera ponsel karena saya bingung cara memasangnya tapi setelah saya menanyakan hal ini disebuah grup adsense saya jadi tahu ternyata tripod tersebut bisa dipakai tinggal beli Holder ponselnya saja dan harganya ternyata murah Cuma Rp.6500 di Lazada diantar lagi.

4.Software Editing Video
Saya lebih memilih software editing video free karena saya masih level pemula(Entri level) Awalnya saya bingung mencari software gratisan maklum komputer saya spesifikasinya pas-pasan terutama OS nya yang masih Windows XP selain itu levelnya juga tidak semuanya mudah untuk pemula dan ketika saya mencoba menginstall sebuah software malah tidak kompatibel dengan komputer saya.Dari pada saya buang-buang  waktu cari software yang pas akhrinya saya bertanya ke Mang Yono software apa yang dipakai dan ternyata mang yono memakai software VSDC free.Langsung sja saya kinjungi situs resminya videosoftdev.com.

VSDC Video Editor merupakan software pengolah audio yang simple dan ringan cocok sekali untuk pemula seperti saya.Meskipun saya menggunakan OS jadul tapi ternyata masih kompatibel.

5.Pencahayaan
Saya berencana membuat video tutorial seputar elektronika yang proses pembuatannya didalam raungan untuk itu dibutuhkan pencahayaan yang bagus.Tak pelu membeli peralatan yang mahal,saya cukup memanfaatkan lampu neon dan reflektor sederhana.

Sebagai tahap awal saya belajar editing video mulai dari nol terlebih dahulu dan pertama kali menggunakan software VSDC saya sempat kesulitan namun bermodalkan video youtube sedikit demi sedkit saya mulai paham bagaimana cara menghilangkan suara video,menambah back sound,menambahkan teks atau gambar.Belajar editing video ternyata menyenangkan sampai-sampai saya lupa membuat artikel makanya artikel kali ini topiknya tentang editing video.

Bagaimana menurut anda perlukah bloger belajar editing video? Berikan opini anda disini!
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

11 komentar

mantaps mas dwi sekarang merarti mulai ke arah pembuatan vidio mas.
jadi pengen juga saya membuat vidio di youtube

Balas

Coba coba saja mas kebetulan saya suka video editing baru sekarang kepikiran setelah lihat tripod nggak terpakai

Balas

banyak juga tool yang harus dipersiapkan ya mas, trims infonya

Balas

kalo untuk memasukan narasi saya pake MIC dan Filtermya biar gak kedengaran suara angin atau desahan suara kita :)

Balas

Makasih tambahannya mas...memang perlu filter apalagi jika shoot nya di outdoor

Balas

Saya menggunakan hypercam untuk membuat video tutorial. kebetulan di komputer saya sudah ada. Menurut saya, blogger juga perlu belajar editing video mas..

Balas

Rencana saya juga ingin buat tutorial melalui sCREEN CAPTURE Pada softrware VSDC

Balas

makin keren aja nih mas dwi, sukses selalu untuk aktivitas barunya maen video...

Balas

Sekedar menyalurkan hobi saja mas siapa tahu bisa bikin video jurnalisme kebetulan saya suka reportase

Balas

Jauh sebelum ngeblog, saya hobi banget ngedit video, burning CD dan lain sebagainya, malah bisa jadi bisnis sampingan yang menjanjikan. Tapi semenjak ada bocah, kegiatan tersebut berkurang. Saya sih biasa ngedit video pakai software Ulead Video Studio mas Dwi. Bisa kasih text, opening movies dari studio film terkenal, kasih background musik, pokoknya seru mas...

Selain itu juga saya ngerjain foto editing, jadi sekumpulan foto dikasih musik background dan dikasih efek, hasilnya diburning ke DVD, mantap jiwa...

Good luck ya mas

Balas

Mau dong ilmu edit videonya diturunkan ke saya...biar lebih cepat

Balas

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan