Skip to main content

Terungkap! Alasan Tidak Boleh Makan Santan Berlebih

Terungkap! Alasan Tidak Boleh Makan Santan Berlebih-Masyarakat Indonesia salah satu ciri khasnya suka makan makanan yang gurih-gurih atau bersantan.Mau bukti? Datang saja ke warung makan hampir bisa dipastikan ada menu masakan yang bersantan contohnya opor ayam,Rendang  daging,Sayur lodeh,Gulai,Gudeg dan lain-lain.Bisa jadi anda termasuk pecinta kuliner bersantan ya? Hayoo ngaku saja!

 Makan Santan Berlebih
Kuah Santan
Harus diakui makanan bersantan memang memiliki citra rasa yang khas sehingga dapat menambah nafsu makan.Namun dibalik kelezatan makanan bersantan terdapat bahaya yang terkadang tidak anda sadari.walaupun pada dasarnya santan itu baik dan boleh saja dikonsumsi namun karena pola makan yang salah dan pengolahan yang tidak tepat membuat santan menjadi sumber petaka.

Baca juga :
Kopi Menyebabkan Maagh Mitos atau Fakta?
Pengobatan Wasir Alami memanfaatkan Daun Ungu
Lidah buaya Mudah Tumbuhnya Banyak Khasiatnya

Jika hal tersebut tidak anda sadari dan dilakukan terus menerus efeknya kurang baik bagi kesehatan mulai dari kadar kolesterol meningkat,kegemukan,asam lambung atau lebih parah lagi gagal jantung atau stroke.Jadi jangan anggap remeh ya! Lho..kalau memang santan itu baik dan boleh dikonsumsi kenapa beresiko kepada kesehatan? Nah..pertanyaan ini akan terjawab jika anda membaca kelanjutan artikel ini sampai habis.So…Simak terus ya!

Ada beberapa alasan yang menjadi sebab mengkonsumsi santan berlebih dan pengolahan yang kurang tepat beresiko terhadap kesehatan,berikut informasi selengkapnya:

1.Mengkonsumsi santan berlebih bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat(LDL) karena mengandung saturated fatty acid (lemak tak jenuh).Peningkatan kolesterol sebenarnya membutuhkan proses panjang jadi tidak serta merta mengkonsumsi santan terus langsung meningkat kadar kolesterolnya.Hal itu bsia terjadi apabila mengkonsumsi terus menerus resikonya kolesterol meningkat namun  kalau hanya sekali kali mungkin tidak masalah.

Kolesterol LDL  yang melebihi ambang batas akan memicu pengendapan pada pembuluh darah dan beresiko terjadi penyempitan dan pengerasan pembuluh darah Jika sudah demikin akan menyebabkan nyeri dada dan jika keluhan ini berlanjut bisa saja terjadi kematian jaringan otot jantung.Gejala Inilah cikal bakal terjadinya gagal jantung atau stroke.

2.Hidangan yang mengandung Santan Kental cukup sulit dicerna lambung sehingga berpotensi menyebabkan gejala sakit maagh terutama jika dikonsumsi dalam keadaan perut kosong karena akan memicu meningkatnya asam lambung.

3.Memanaskan makan bersantan berulangkali  ternyata tidak baik bagi kesehatan karena akan menyebakan lemak menjadi berubah menjadi lemak yang jahat padahal sebenarnya perasan dari parutan daging kelapa menyehatkan jika pengolahannya benar.

Demikianlah informasi kesehatan seputar Alasan Tidak boleh Makan santan berlebih Semoga bermanfaat bagi kesehatan anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar