--> Skip to main content

5 Kuliner Asli Indonesia Berbumbu Kacang Tanah Lezat Begizi

5 Kuliner Asli Indonesia Berbumbu Kacang Tanah Lezat Begizi-Apakah Anda pernah menikmati kuliner tanah air berbumbu kacang tanah? Bagaimana rasanya Lezat bukan apalagi ditambah level pedas tinggi selera makan anda kian bertambah.Kacang tanah sejak dulu memang sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kuliner asli Indonesia yang identik dengan kelezatannya dan masing-masing derah memiliki kuliner khas berbumbu kacang.

5 Kuliner Asli Indonesia
Ketoprak
Untuk masalah kandungan gizi Kuliner Asli Indonesia jangan ditanya karena boleh diadu dengan makanan eropa yang harganya mahal.Tak salah jika kuliner tersebut masih tetap eksis dan tetap diminati oleh pecinta kuliner Indonesia.Selain lezat harganya juga murah cocok untuk berbagai kalangan.Tak heran banyak penjaja kuliner pinggir jalan yang menawarkan menu kuliner Asli Indonesia Berbumbu kacang ini.

Baca juga :
Wow! Kuliner lezat ini berbahan dasar Singkong Loh
5 Jajanan Pasar tempo dulu tetap eksis Hingga sekarang

Nah pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas 5 Kuliner Khas Indonesia yang cukup populer ditelinga masyarakat.Semua kuliner tersebut rata-rata kaya akan sayuran sehingga sangat cukup bermanfaat bagi kesehatan jadi bukan termasuk makanan “sampah” yang hanya mengeyangkan tapi nilai gizinya minim.

5 Kuliner Asli Indonesia Berbumbu Kacang Tanah


1.Gado-Gado
Jika anda gemar makan sayur-sayuran,gado-gado bisa menjadi pilhan tepat.Makanan khas Jakarta ini terbuat dari campuran sayuran kacang panjang,kol,mentimun,kangkung ditambah tahu dan tempe.Penyajiannya umumnya dadakan pertama-tama kacang tanah,cabe dan gula merah dihaluskan dengan menggunakan cobek besar tak lupa ditambahkan air asam kemudian barulah ditambahkan sayur mayur yang sudah direbus,tahu dan tempe serta kerupuk.Penyajiannya biasanya bersama nasi atau lontong.

Jika anda nggak mau repot membuatnya sendiri anda bisa mendapatkan gado-gado dipedagang kaki lima dan harganya cukup terjangkau.Hanya saja gado-gado umumnya dijual disiang hari.

2.Ketoprak
Makanan khas Jakarta ini mudah ditemukan didaerah Jabotabek dan umumnya penjual ketoprak menjajakan dagangannya dipagi hari ada juga yang malam hari Cuma tidak banyak.Ketoprak sangat cocok untuk sarapan dipagi hari dan mengeyangkan perut karena ada ketupat/lontongnya.Cara penyajian para pedagang ketoprak sangat unik karena menguleg(Menghaluskan) bumbu kacang tanahnya bersama gula merah,bawang putih,cabe rawit,kecap manis dan air menggunakan piring.

Setelah bumbu kacang tanah diuleg barulah dimasukkan potongan lontong,tahu putih goerng,taoge,Ketimun,Bihun dan kerupuk.Kombinasi kacang dan cabe membuat ketoprak menjadi kuliner yang lezat.

3.Rujak Cingur
Rujak ini bukan sembarang rujak karena ciri khasnya menggunakan cingur sapi.Perpaduan sayuran taoge,ketimun,kangkung,tahu dan tempe goreng dengan cingur sapi serta petis udang membuat kuliner ini lezat dan bergizi.Cara penyajiannnya pertama-tama cabe rawit,pisang biji,kacang tanah dan bawang puith dihaluskan sambil dimasukkan juga petis udang,terasi dan airi asam.Potongan tahu,tempe kemudain sayuran rebus bersama irisan ketimun serta potongan cingur sapi diletakkan dipiring barulah disiramkan bumbu kacang tanah tadi dan dibubuhi kerupuk udang.

4.Karedok
Sebagian masyarakat lebih menyukai mengkonsumsi lalapan atau sayuran mentah karena menilai lebih bergizi Karena tanpa melewati perebusan karedok salah satu kuliner dengan konsep lalapan yang dipadukan dengan kuah bumbu kacang tanah.

Sayuran yang digunakan antara lain kacang panjang,Kol,ketimun.terong lalap,taoge serta daun kemangi.Karena menggunakan sayuran mentah penyajiannya jadi lebih cepat.Petama-tama semua sayuran dicuci bersih lalu diris halus kecuali daun kemangi,Kacang tanah,cabe merah,kencur,irisan gula merah, asam dan garam dihaluskan sambil ditambahkan air serta air asam barulah kuah bumbu kacang ini disiramkan keatas sayuran yang sudah ditata sebelumnya diatas wadah lalu diaduk hingga rata.Taburkan kerupuk diatasnya.

5.Pecel
Kuliner ini merupakan makanan khas jawa dan sebenarnya mirip dengan gado-gado Jakarta hanya saja pecel dalam penyajiannya terasa lebih nikmat karena ditambahkan rempeyek kacang.Sayuran yang digunakan untuk membuat pecel antar lain taoge,kacang panjang,kangkung,mentimun dan daun kemangi sedangkan bumbu kacangnya(Pecel) terbuat dari kacang tanah gereng,cabai merah,cabai rawit,terasi goreng,daun jeruk,kencur,bawang putih air asam,gula merah serta air biasa.

Cara penyajiannya mudah yaitu sayuran yang sudah direbus hingga matang ditata diatas nasi kemdaain siram dengan sambal pecel tambahkan pula irisan mentimun dan daun kemangi.

Demikianlah informasi seputar5 Kuliner Asli Indonesia Berbumbu Kacang Tanah Lezat Begizi semoga bermanfaat,Ngomong-ngomong mana yang menjadi favorit anda?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar