--> Skip to main content

Persaingan Bisnis Tak Pandang Bulu Besar Kecil

Persaingan Bisnis Tak Pandang Bulu Besar Kecil-Ingin cari usaha tapi yang tidak ada pesaingnya kira-kira ada tidak ya? Jika anda berpikiran demikian menurut saya anda tak akan pernah memulai usaha karena bisnis apapun tak bisa lepas dari yang namanya persaingan meski bisnis itu kecil-kecilan.

Persaingan Bisnis

Contoh yang mudah bisnis pulsa elektrik berapa banyak orang yang berjualan pulsa dari warung kecil hingga minimarket atau bisnis yang bermodal besar seperti grosir sembako tetap saja ada pesaingnya.Jadi bisnis apapun tak bisa lepas dari persaingan.Boleh jadi bisnis anda saat ini belum ada pesaingnya tapi saya yakin cepat atau lambat akan muncul pesaing.

Jika persaingan itu di bisnis yang bermodal besar atau mendatangkan keuntungan besar mungkin hal itu wajar tapi masa iya bisnis kecil-kecilan juga ada pesaingnya? Bukankah keuntungannya kecil.Jangan salah zaman ini serba susah apa-apa serba mahal lapangan pekerjaan sempit mau tidak mau harus mau usaha sendiri meskipun kecil-kecilan contohnya usaha keliling.

Baca juga : Keluar Dari Comfort Zone Perlukah?

Anda pasti sering melihat tukang baso,Siomay,Bubur ayam,Roti,Donat dan lain-lain keliling menawarkan dagangannya keperumahan ternyata bisnis semacam itu tak lepas dari persaingan baik antar bisnis yang produknya sama atau beda,Bahkan berjualan disekolah/TPA yang waktunya cuma 1-2 jam juga tak luput dari persaingan.

Persaingan itu benar-benar nyata karena saya mengalaminya sendiri kebetulan saya nyambi bisnis kecil-kecilan martabak mini.Disekolah tempat saya berjualan martabak manis mini saya harus bersaing dengan pedagang lainnya padahal harga dagangan yang dijual rata-rata berkisar dari Rp.1000-Rp.2000 sehingga sepi atau ramai sudah hal yang biasa saya alami.

Lebih parah lagi kalau sore hari saat saya berjualan di TPA(Taman Pendidikan Alquran) terkadang saya harus bersaing dengan 3 pedagang lainnya meski jualannya beda padahal siswanya sedikit.Meskipun tahu saya harus bersaing dengan pedagang kecil lainnya saya tetap semangat menekuni bisnis martabak mini alasan utamanya saya ingin mencari keberkahan dari jualan martabak mini karena jualan merupakan salah satu profesi yang mendatangkan keberkahan dari Allah SWT tidaklah mengapa hasilnya kecil asalkan berkah.

Saya juga bisa belajar mengolah martabak yang enak dan empuk sehingga jika ada kesempatan saya bisa buka outlet sendiri yang hasilnya lebih menjanjikan dan lokasinya juga dekat rumah jadi sekalian mengisi waktu luang dengan melakukan sesuatu yang  positif.

Saya juga bisa mengambil hikmah bahwasannya rezeki seseorang sudah ada yang mengatur jadi jangan takut tidak kebagian rezeki dari Allah SWT karena Allah sendiri sudah menjamin seperti yang tertulis dalam surat At Thalaq : 3  yang artinya,“Barang Siapa yang bertawakkal kepada Allah Niscaya Allah akan mencukupkan (Keperluan)nya”

Hal tersebut semakin diperkuat  dengan Hadist yang diRiwayatkan Dari Umar RA  bahwasannya Rasulullah SAW bersabda “Seandainya kalian bertawakkal kepada Allah dengan sebenar-benar tawakkal tentu Dia akan memberikan Rizki kepadamu sebagaimana Dia memberi rizki burung yang pergi dipagi hari dalam keadaan perut lapar dan pulang disore hari dalam keadaan kenyang” (HR Tirmizi).

Jadi bagi anda yang akan atau sedang menekuni bisnis jangan takut megnghadapi persaingan bisnis karena suka atau tidak anda akan mengalaminya yang utama ikhtiar yang maksimal sedang hasilnya kita serahkan kepada Allah SWT.Semoga bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar