Skip to main content

Cara Mengganti Faskes BPJS Via Online

Cara Mengganti Faskes BPJS Via Online-Bagi peserta JKN atau BPJS pemilihan faskes tingkat 1 yang tepat memegang peranan yang penting dalam kelancaran dalam mendapatkan layanan kesehatan dasar.Jika salah memilih faskes misalnya terlalu jauh dari rumah justru akan menyulitkan peserta itu sendiri.

Pengalaman memilih faskes tingkat 1 BPJS yang jauh dari rumah saya alami walaupun hal itu bukan karena kesengajaan.Rumah saya di Cikarang tapi faskes tingkat 1 nya di Klinik Husada Tambun Bekasi yang jaraknya lumayan jauh sekitar 1,5 jam perjalanan menggunakan motor atau jika naik ojek online sekitar Rp.50.000.

Sebenarnya dulunya saya tinggal didaerah Tambun jadi memilih faskes tersebut tapi karena saya pindah rumah ke Cikarang jadinya jaraknya antara rumah dan klinik jadi jauh.Mau tak mau saya harus mengganti faskes tingkat 1 tersebut ke Faskes yang dekat dengan rumah saya di perumahan Mega Regency Cikarang Bekasi.

Sayanganya niat saya untuk mengganti faskes tidak mudah karena saya harus mendatangi kantor cabang BPJS dan repotnya saya harus antri belum lagi harus bawa persyaratannya yaitu Kartu Keluarga,KTP dan Kartu BPJS.Itulah mengapa saya malas mengurusnya meskipun hampir setahun saya pindah rumah.

Untungnya saya jarang sakit berat selama tinggal dirumah yang baru paling-paling sakit flu sehingga tidak perlu berobat ke klinik cukup minum obat warung.Padahal sebenarnya saya rugi karena saya sudah bayar iuran perbulannya jadi meskipun sakit ringan harusnya berobat ke Klinik faskes BPJS karena biayanya sudah ditanggung.

Keinginan segera mengganti faskes tiba-tiba muncul gara-gara saya ditolak berobat ke Puskesmas kebetulan penyakit Maagh saya kambuh dan lumayan menyiksa.Ternyata kebijakan pusksesmas sekarang tidak menerima penduduk yang sudah terdaftar menjadi peserta BPJS tapi tidak memilih Puskesmas sebagai faskes tingat 1 nya.

Baca selengkapnya disini: Pengalaman ditolak Berobat diPuskesmas

Akhirnya saya berinisiatif mencari informasi cara mengganti faskes secara online pertimbangan saya mendaftar saja bisa online siapa tahu ganti faskes juga bisa.Pucuk dicinta ulam tiba secara tidak sengaja ketika saya mencari informasi seputar cara mengetahui aktif tidaknya kartu BPJS justru saya menemukan aplikasi andiorid Mobile JKN dimana disalah satu komentar penggunanya ketika saya mau mengunduhnya mengatakan bisa ganti faskes tanpa harus kekantor cabang.

Baca Juga :
Tips Memilih Faskes BPJS Tingkat 1 BPJS
Klinik Husada Tambun Faskes Tingkat 1 BPSJ Kab.Bekasi

Tanpa menunggu lama saya langsung mengunduh aplikasi Monbile JKN tersebut kemudian saya mencoba mengganti fakses dan Alhamdulillah bisa bahkan Kartu BPJS saya bisa langsung digunakan untuk berobat ke faskes yang baru.Menariknya lagi caranya cukup mudah dan prosesnya cepat.Bagi anda yang ingin mengganti faskes BPJS via online berikut tutorialnya:

1.Install aplikasi androd MOBILE JKN BPJS KESEHATAN di ponsel anda melalui google Play store.

ganti faskes BPJS

2.Lakukan pendaftaran pengguna mobile agar bisa log in.Masukkan data-data seperti No Kartu BPJS.No KTP,Tanggal Lahir,Nama  Ibu Kandung,Email.No Ponsel dan Password
2.Lakukan verifikasi dengan memasukan kode yang dikirimkan melalui email.
3.Setelah anda terdaftar silahkan log ini dengan memasukkan email/No Kartu BPJS dan pasword.


4.Klik Ubah data peserta disana akan anda lihat faskes yang anda pilih sebelumya Klik Faskses tersebut.


5.Pilih Propinsi,Kapubaten/kota sesuai alamat anda kemudian nanti akan muncul daftar faskes tingkat 1 Pilih sesuai keinginan anda lalu SIMPAN.Jika perubahan berhasil maka pada data peserta akan terlihat faskes yang baru.Selain itu anda juga akan mendapatkan notifikasi melalui email kalau faskes anda telah berubah.Ingat jangan sampai salah perhatikan nama faskesnya dan alamatnya karena jika salah anda baru bisa mengganti lagi setelah 3 bulan.

Bagaimana Mudah bukan Cara mengganti Faskes BPJS Via online? Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat khususnya bagi peserta JKN.  
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar