Biarkan Anak Mandiri,Sekolah Tak Perlu Ditunggu

Biarkan Anak Mandiri,Sekolah Tak Perlu Ditunggu

Biarkan Anak Mandiri,Sekolah Tak Perlu Ditunggu-Ada Kebiasaan unik pada anak sekolah dasar yang tidak terjadi dijaman dulu ketika saya bersekolah di SD yaitu para orang tua yang kebanyakan ibu-ibu menunggui anaknya yang sedang sekolah hingga pelajaran berakhir.Seperti yang terjadi pada sekolah anak saya di SD Negeri Sukaragam 03 Serang Baru Bekasi Beberapa orang tua kelas 1 masih setia menunggu anaknya didepan kelas hingga pelajaran berakhir.

Biarkan Anak Mandiri,Sekolah Tak Perlu Ditunggu

Padahal durasi jam pelajaran lumayan lama sekitar 2 Jam dan rata-rata rumah siswa masih dalam satu perumahan.Saya Pribadi tidak menyalahkan mereka karena itu hak mereka tapi saya lebih memilih untuk meninggalkan anak saya setelah mengantarkan anak saya kesekolah dan kembali kerumah.Alasan utamanya agar anak saya bisa mandiri dan member kebebasan untuk berinteraksi dengan guru maupun teman barunya walaupun tidak didampingi saya sebagai bapaknya sehinga anak lebih percaya diri.

Selain itu bagi saya 2 jam merupakan waktu yang sangat berharga yang bisa saya manfaatkan untuk hal-hal yang produkitif seperti Belanja keperluan warung sembako atau mengelola blog.Faktanya masih ada siswa yang belum percaya diri sehingga masih harus ditunggui oleh orang tuanya bisa jadi itu karena sudah kebiasaan waktu sekolah di PAUD atau TK selalu dituggui ketika bersekolah sehingga kebiasaan itu terbawa sampai SD.

Padahal jika sudah dibiasakan dari awal saya yakin akan berani walaupun awalnya masih harus ditunggu tapi jika anak tersebut dinasihati pelan-pelan kalau orang tuanya tidak usah menuggui.Hal tersebut saya buktikan pada anak saya sewaktu besekolah di PAUD pada awalnya saya tunggu tapi itu hanya beberapa hari saja setelah itu tidak saya tunggui lagi bahkan anak saya sendiri yang menyuruh saya pulang tidak usah ditunggui.

Baca juga :



Begitu pula ketika masuk SD tahun ini sedari awal masuk sekolah anak saya sudah berani ditinggal sendiri.Walaupun begitu untuk keselamatan saya selalu berpesan kepada anak saya jika nanti pas waktu pulang sekolah bapak belum datang menjemput ditunggu saja didalam kelas dan jangan ikut siapapun.Kebetulan jarak rumah saya dan sekolah anak saya agak jauh jika harus jalan kaki sekitar 700 meter tapi kalau naik motor Cuma 5 menit.

Menurut saya jika memang jarak antara rumah dan sekolah dekat atau ada kendaran bermotor lebih baik orang tua tidak menunggu anaknya disekolah saat pelajaran berlangsung karena akan membuat anak percaya diri tidak tergantung pada orang tuanya.Bagaimana menurut anda? 
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

9 komentar

Dulu pertama kali anak saya masuk SD, kita sering nungguin, soalnya pulangnya gak tentu jam berapa. Udah gitu jarak dari rumah jauh. Tapi kalo sekarang kelas 2, gak ditungguin, paling antar jemput bae mas

Balas

salam..
yaya singgh sini..
bersetuju juga dengan cara begitu.
untuk lebih mendisiplinkan anak dan biar anak berdikari sendiri. =)

Balas

aku setuju, ada baiknya jika anak dilatih untuk belajar mandiri agar ia tidak mengalami kesulitan di masa depannya. :D

Balas

Benar sekali Mas, yang penting diberikan pengertian, lama-lama si anak-pun akan mengerti juga, bahwa yang dibilang itu memang benar...
"Belajar Mandiri"

Balas

sejak masuk sekolah dasar anak saya sudah bisa langsung ditinggal tidak perlu ditunggu, karena sudah terbiasa ditinggal sejak masih TK

Balas

emang banyak masih orang tua yang perlebayan dalam urusan anak-anak yang baru pertama kali menginjakkan kaki di dalam kelas 1 SD, tapi emang mo gimana lagi kalau maunya orang tua demikian, mau apa mamang admin teh, coba?
wew

Balas

Mungkin untuk beberapa hari masih perlu mas untuk sebagian anak, tapi sesekali ditinggal biar tak menjadi kebiasaan kedepannya

Balas

Selain itu, orang tua bisa melakukan aktivitas yang lain juga

Balas

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan