Skip to main content

Biarkan Anak Mandiri,Sekolah Tak Perlu Ditunggu

Biarkan Anak Mandiri,Sekolah Tak Perlu Ditunggu-Ada Kebiasaan unik pada anak sekolah dasar yang tidak terjadi dijaman dulu ketika saya bersekolah di SD yaitu para orang tua yang kebanyakan ibu-ibu menunggui anaknya yang sedang sekolah hingga pelajaran berakhir.Seperti yang terjadi pada sekolah anak saya di SD Negeri Sukaragam 03 Serang Baru Bekasi Beberapa orang tua kelas 1 masih setia menunggu anaknya didepan kelas hingga pelajaran berakhir.

Biarkan Anak Mandiri,Sekolah Tak Perlu Ditunggu

Padahal durasi jam pelajaran lumayan lama sekitar 2 Jam dan rata-rata rumah siswa masih dalam satu perumahan.Saya Pribadi tidak menyalahkan mereka karena itu hak mereka tapi saya lebih memilih untuk meninggalkan anak saya setelah mengantarkan anak saya kesekolah dan kembali kerumah.Alasan utamanya agar anak saya bisa mandiri dan member kebebasan untuk berinteraksi dengan guru maupun teman barunya walaupun tidak didampingi saya sebagai bapaknya sehinga anak lebih percaya diri.

Selain itu bagi saya 2 jam merupakan waktu yang sangat berharga yang bisa saya manfaatkan untuk hal-hal yang produkitif seperti Belanja keperluan warung sembako atau mengelola blog.Faktanya masih ada siswa yang belum percaya diri sehingga masih harus ditunggui oleh orang tuanya bisa jadi itu karena sudah kebiasaan waktu sekolah di PAUD atau TK selalu dituggui ketika bersekolah sehingga kebiasaan itu terbawa sampai SD.

Padahal jika sudah dibiasakan dari awal saya yakin akan berani walaupun awalnya masih harus ditunggu tapi jika anak tersebut dinasihati pelan-pelan kalau orang tuanya tidak usah menuggui.Hal tersebut saya buktikan pada anak saya sewaktu besekolah di PAUD pada awalnya saya tunggu tapi itu hanya beberapa hari saja setelah itu tidak saya tunggui lagi bahkan anak saya sendiri yang menyuruh saya pulang tidak usah ditunggui.

Baca juga :



Begitu pula ketika masuk SD tahun ini sedari awal masuk sekolah anak saya sudah berani ditinggal sendiri.Walaupun begitu untuk keselamatan saya selalu berpesan kepada anak saya jika nanti pas waktu pulang sekolah bapak belum datang menjemput ditunggu saja didalam kelas dan jangan ikut siapapun.Kebetulan jarak rumah saya dan sekolah anak saya agak jauh jika harus jalan kaki sekitar 700 meter tapi kalau naik motor Cuma 5 menit.

Menurut saya jika memang jarak antara rumah dan sekolah dekat atau ada kendaran bermotor lebih baik orang tua tidak menunggu anaknya disekolah saat pelajaran berlangsung karena akan membuat anak percaya diri tidak tergantung pada orang tuanya.Bagaimana menurut anda? 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar