--> Skip to main content

Pelajaran Tematik Adalah

Pelajaran Tematik Adalah-Apa sih mata pelajaran Tematik itu? Itulah pertanyaan yang muncul dibenak saya ketika mencatat jadwal pelajaran sekolah anak saya yang baru masuk kelas satu SD.Maklum saya termasuk orang tua yang baru mengalami sendiri menyekolahkan anak ke SD.

Pelajaran Tematik Adalah

Tematik menjadi salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SD kelas 1 bersama pelajaran lainnya seperti Matematika,Agama Islam,Pendidikan Jasmani,Bahasa Sunda dan Seni.Sebagai orang tua yang kritis saya tentu penasaran seperti apakah pelajaran Tematik itu soalnya dulu seingat saya waktu sekolah SD belum ada pelajaran tematik ini.Kalau matematika identik dengan menghitung atau agama jelas membahas seputar agama Nah tematik itu seperti apa?

Dengan mengetahui pelajaran yang diajarkan anak tentu saya bisa ikut membantu proses belajar ketika dirumah.Untungnya saya hidup dimasa teknologi informasi yang sudah maju sehingga saya bisa dengan mudah mencari informasi yang saya cari melalui internet.

Dari beberapa referensi saya bisa menyimpulkan Pelajaran Tematik sejatinya bukan nama mata pelajaran namun sebuah sistem/metode belajar /pembelajaran yang dilakukan melalui pendekatan secara tematik integrative(terpadu) tidak diajarkan terpisah jadi di SD semua mata pelajaran mata pelajaran dilakukan secara tematik integrative berdasarakan tema tertentu atau dengan kata lain semua mata pelajaran dijadikan satu tema.

Baca juga :



Dengan sistem tematik integrative buku-buku pelajaran siswa SD tidak dibuat berdasarkan mata pelajaran namun berdasarkan tema yang merupakan gabungan beberapa mata pelajaran yang relevan dengan kompetensi SD.Mata pelajaran yang diajarkan di SD adalah Matematika,Bahasa Indonesia,Pendidikan Jasmani,Agama,Kesenian,IPA,IPS,Mulok dan PKn dan inilah yang nantinya akan diajarkan dalam satu tema.

Pembelajaran atau sistem belajar berdasarkan sistem tematik ini merupakan bagian dari kurikulum 2013.Timbul pertanyaan dibenak saya Kenapa masih saya jumpai mata pelajaran lain di Jadwal pelajaran sekolah SD Anak saya seperti Matematika,Agama atau Kesenian? Jawabannya ternyata perubahan kurikulum 2013 tersebut merupakan kurikulum minimal,guru dan sekolah tetap mempunyai keleluasaan untuk mengembangkan atau memeperkaya materi atau dengan kata lain minimal pembelajaran tematik ada.

Latar belakang utama dilakukan pembelajaran tematik ini adalah siswa SD khususnya antara kelas 1-3 merupakan rentang usia dini dimana masih melihat segala sesuatu sebagai satu kesatuan yang utuh(Holistik) sehingga pembelajarannya masih tergantung kepada objek-objek konkrit dan pengalaman yang dialaminya.

Diharapakan dengan sistem pembelajaran tematik peserta didik mampu memusatkan perhatian dengan mudah pada suatu tema materi yang jelas dan pemahamannya lebih mendalam dan berkesan.Bagi guru tematik ini lebih memudahkan guru dalam mempersiapkan pelajaran yang efektif dan bisa mengembangkan berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran yang memiliki kesamaan tema.

Disisi lain pembelajaran tematik juga akan menghilangkan tumpang tindih bahan ajar sehingga lebih hemat buku dan pembelajaran menjadi utuh tidak terpecah belah alhasil penguasan konsep oleh peserta didik akan semakin meningkat.

Kesimpulannya tematik bukanlah mata pelajaran tapi sebuah metodde pembelajaran bagi siswa SD yagn terpadu dengan menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sedangkan tema sendiri merupakan pokok pikiran atau gagasan pokok yang menjadi topik pembelajaran.


Sumber referensi  : Model Pembelajaran Tematik SD Kelas I-III Agung Hastomo Mpd,Anwar Senen Mpd.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar