--> Skip to main content

Membuat Blog AMP Ternyata Menyita Waktu

MEDIAKOMPILASI.COM,Membuat Blog AMP Ternyata Menyita Waktu-Sudahkah Blog Anda Valid AMP (The Accelerated Mobile Pages) html? Jika belum saya yakin anda pasti penasaran ingin mencoba membuat blog yang valid amp html karena memang blog yang valid amp html memiliki keistimewaan diantaranya loading blog jadi lebih cepat,Berpeluang menempati posisi Pencarian lebih tinggi.

Membuat Blog AMP

Sebagai bloger saya yakin anda sudah pernah mendengar AMP ini demikian pula saya pribadi hanya saja ketika ingin mencoba sudah mundur duluan karena memang membuat blog amp tidak semudah seperti membuat blog dengan desain non amp.

Untuk membuat blog yang valid AMP dibutuhkan pengetahuan dasar tentang HTML seperti Tag,atribut dan CSS serta Javasript karena jika tidak anda akan menemui kesulitan karena jika asal-asalan maka blog tersebut akan error atau tidak valid amp.Itulah mengapa saya sendiri belum tertarik untuk membangun blog AMP karena jika saya ingin mengubah blog ini agar menjadi valid AMP harus melalui rangkaian pengeditan yang  melelahkan karena jumlah artikel blog ini sudah mendekati angka 800.

Namun akhir-akhir ini keinginan saya untuk membuat blog AMP semakin besar alasan utamanya karena penghasilan adsense cenderung menurun.Banyak sebab kenapa penghasilan bisa menurun misalnya saja kebanyakan pengguna internet mengakses menggunakan ponsel kemudian adblock atau browser yang memblokir iklan seperti UCnews atau juga memang persaingan didunia iklan digital semakin ketat sedangkan publishernya semakin banyak.

Sebagai bloger yang ingin mendapatkan penghasilan lebih dari internet saya berusaha mencari cara agar tidak terlalu mengandalkan adsense blog.Saya harus mencoba cara lainnya seperti dropshippper,affiliasi atau penayang sponsored post.Dan cara-cara tersebut lebih banyak menggunakan sarana blog untuk promosinya atau menjaring konsumen.

Baca juga :



Kebetulan saya memiliki blog yang belum banyak artikelnya yaitu Dwisu web id dan rencananya saya akan memaksimalkan blog tersebut untuk affiliasi dan sponsored post.Nah agar blog tersebut bisa bersaing dipencarian saya ingin menggantinya menjadi blog AMP.Selain itu saya juga punya rencana menjadi Dropshipper dari pelapak peralatan memasak yang bagus kualitas produknya serta pelayanannya cepat dan saya sudah mencoba membeli produknya dan memang terbukti berkualitas dan pelayanannya bagus.

Rencana itu akhirnya terwujud dengan onlinenya salah satu blog AMP pertama saya.Sengaja saya membuat blog baru agar saya bisa memahami prosesnya dari awal dan jika ada error masih mudah melacaknya.Beberapa persiapan yang saya lakukan diantaranya:

1.Template Blog AMP
Saya memilih menggunakan template blog AMP gratisan Kompidesign buatan Adhy Suryadi Kompiajaib.Tutorialnya juga sudah disediakan oleh pembuatnya jadi saya tinggal praktek saja.

2.Memilih Topik blog
Saya lebih memilih membuat blog dengan topik yang fokus dan topik yang saya pilih seputar usaha martabak mini manis.Pemilihan topik ini cocok untuk saya karena saat ini saya sedang menekuni usaha martabak mini manis.Harapan saya dengan adanya blog tersebut saya bisa berbagi pengalaman seputar usaha martabak mini siapa tahu bisa menginspirasi orang lain.

Target pengunjung blog tersebut tentu orang-orang yang sedang mencari peluang usaha khususnya dibidang kuliner dengan kata lain menyasar pada orang yang awam bisnis internet.Jika nantinya blog tersebut trafiknya bagus pas sekali jika dipasang adsense karena peluang kliknya lebih besar dibandingkan dengan pengunjung yang mengerti bisnis internet seperti bloger misalnya.

Dan saya sendiri sudah memiliki blog semacam itu tapi topik bisnisnya lain dan lumayan sudah bisa menghasilkan meski tanpa diupadate sama sekali.Jika nantinya trafiknya kecil blog tersebut masih bisa saya gunakan sebagai promosi produk apa saja yang berhubungan dengan usaha tersebut karena pengunjungnya sudah tertarget.

3.Mencari Kata Kunci
Karena jenis blog ini lebih mengarah ke Micro niche ( Cakupannya Sempit) saya harus mencari kata kunci yang sebanyak-banyaknya dan karena cakupannya sempit saya lebih mengandalkan Long Tail Keyword.Enaknya lagi saya sudah pernah mencoba membidik kata kuci tersebut untuk 2 blog saya lainnya dan bisa masuk halaman satu jadi saya tinggal mengolahnya dengan sudut pandang yang berbeda.

4.Pembuatan Artikel
Karena topik yang saya pilih berdasarkan pengalaman pribadi,saya jadi lebih mudah membuatnya apalagi saya sudah pernah membuatnya tinggal melengkapi yang belum pernah saya tulis sebelumnya.
Selain membidik kata kunci yang berhubungan dengan usaha martabak mini saya juga akan menulis artikel seputar martabak pada umumnya kebetulan saya juga punya pengalaman berjualan martabak ukuran besar baik yang manis atau telur.

5.Menginstall Ekstensi /Add Ons Browser Chrome The Amp Validation
Ekstensi browser ini sangat penting karena untuk menguji apakah halaman yang saya buat sudah valid AMP atau belum.Cara mengeceknya mudah tinggal membuka halaman/postingan yang sudah saya buat jika sudah valid AMP html maka akan muncul tanda petir Hijau namun jika belum akan muncul tanda petir merah lalu dengan sekali klik saya akan tahu dimana kesalahannya untuk bisa diperbaiki.

Setelah semua persiapan siap kemarin tanggal 31 Agustus 2017 saya mulai membuat blog baru tanpa kesulitan yang berarti.Saya memilih mengunakan blogspot gratisan karena tujuan awalnya memang belajar membangun blog AMP sambil bereksperimen untuk mempromosikan produk tertentu sesuai niche yang telah saya buat selain itu blog TLD saya sudah berjumlah 3 jadi biar enteng pas perpanjangannya.

Setelah sukses membuat blog baru langkah selanjutnya adalah mengganti template bawaan blogger dengan template AMP.Belum banyak desainer template lokal yang menyediakan template AMP gratisan salah satunya adalah Adhy Suryadi,Desainer template kondang ini menyediakan template AMP versi gratisan dan Berbayar.

Jika anda baru pertama kali membuat blog AMP saya sarankan menggunakan template dari Adhy Suryadi karena dilengkapi dengan tutorialnya bahkan ada juga videonya.Silahkan kunjungi blognya Kompi ajaib disana akan anda temukan tutuorial khusus AMP ini.

Langkah selanjutnya yang cukup penting adalah membuat postingan valid AMP karena langkah ini sangat menentukan dan sedikit berbeda jika posting bukan blog AMP.Posting pertama ini saya banyak menemui kendala karena saya belum berpengalaman.

Untuk membantu saya memahami tehniknya saya membaca dulu kostumisasinya,menonton video dan tutorial seputar AMP.Namun ketika saya praktek langsung saya masih bingung pasalnya saya harus menambah atau merubah kode tag HTML/CSS/Style didalam postingan khususnya saat memasukan gambar.

Jika saya posting apa adanya seperti pada blog bukan AMP sudah pasti tidak akan valid AMP walaupun sebenarnya artikel tetap bisa tampil namun jika dicek validitasnya maka akan muncul error atau muncul tanda petir merah di ekstensi AMP Validation.

Butuh waktu lama membuat postingan pertama ini supaya valiad AMP html karena saya harus memahami cara merubah Tag gambar menjadi Valid AMP selain itu saya juga harus mencari Style HTML yang tidak diperbolehkan dalam blog AMP serta merubahnya.

Supaya saya cepat memahami cara membuat blog AMP saya juga bertanya kepada teman,Thanks To Ifrod Maksum”Nomifrod.com” yang telah memberi pencerahannya hingga akhirnya saya bisa membuat blog valid AMP meski baru 1 postingan.

Pencapaian ini ternyata membawa konsekuensi jadwal Update artikel menjadi berantakan padahal saya mempunyai 3 Blog yang harus dikasih"Makan”.Itu saja sebenarnya masih banyak hal lagi yang harus saya pelajari misalnya menambah widget,memasang iklan AMP dan lain-lain karena memiliki aturan khusus agar bisa valid AMP contohnya saja ketika saya menambahkan widget Like Facobook saya harus menggunakan Kode HTML khusus dan untungnya sudah disediakan oleh pembuat template.

Jadi bagi anda yang akan mencobanya silahkan siapkan waktu lebih karena Membuat Blog AMP ternyata menyita waktu apalagi jika anda baru pertama kali seperti saya tapi menurut saya mengasyikan Bisa sedikit-sedikit belajar HTML.

Bagaimana anda tertarik membuat blog Valid AMP html ?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar