--> Skip to main content

Menjadi Bloger Serba Bisa,Mungkinkah?

MEDIAKOMPILASI.COM,Menjadi Bloger Serba Bisa,Mungkinkah?-Pernahkah Anda Mendengar Profesi Bloger? Sederet pertanyaan mungkin akan muncul,memangnya bisa bloger jadi profesi atau memang hasilnya berapa sih dari ngeblog? Jawabannya SANGAT BISA! Dan sudah ada contohnya.

Bloger Serba Bisa

Namun menjadikan bloger sebagai profesi butuh skill yang mumpuni tidak sekedar bisa membuat blog tapi dibutuhkan skill yang bisa dibilang tidak mudah untuk dikuasai.Saya sendiri bisa dibilang 50% dari pekerjaan saya adalah ngeblog atau menjadi seorang bloger hanya saja di KTP profesi saya masih tercatat sebagai Pedagang.Saya punya cita-cita besar menjadi seorang full time bloger tapi sampai saat ini belum tercapai.

Berdasarkan pengalaman saya ngeblog selama 6 tahun,setidaknya ada 3 keahlian/skill yang perlu atau wajib dimiliki seorang bloger agar bisa sukses menjadikan blogger sebagai profesi diantaranya:

1.Menulis Artikel
Skill ini wajib dikuasai oleh seorang bloger karena belum dikatakan bloger kalau belum menulis/menerbitkan artikel kedalam website atau blog.Seorang bloger dituntut untuk bisa menulis dengan berbagai topik karena ikut berpengaruh terhadap penghasilan dari profesinya.

Blog yang kaya artikel dengan berbagai topik menarik tentunya lebih disukai pengunjung dari pada hanya menulis itu-itu saja sehingga trafik blog akan cepat melesat.Selain untuk mengisi artikel di blog skill menulis juga bisa digunakan untuk membuat artikel pesanan dari advertiser atau artikel review(sponsored Post) atau bisa juga untuk mengikuti lomba blog.

Sebuah artikel dikatakan bagus jika memberi manfaat kepada pengunjung,mudah dipahami,memiliki alur yang jelas,fokus padaa topik,judul yang menarik,bahasa yagn baku atau disertai grafis (gambar/vodeo) yang mendukung artikel/informatif.

Baca Juga : Cara jitu Menulis Artikel Berkualitas User Experience

2.Coding (pemograman)
Website atau blog yang anda bisa lihat diintetnet sebenarnya merupakan kumpulan bahasa pemograman seperti css atau HTML dimana dengan bahasa pemograman itu tulisan anda atau desain website bisa ditampilkan diinternet melalui website kalau tidak percaya coba kunjungi sebuah website lalu klik kanan pilih inspeksi nanti akan muncul kumpulan html dan css yang cukup rumit nah itulah bentuk aslinya sebelum ditampilkan ke website.

Seorang bloger dituntut untuk menguasai coding minimal dasar-dasarnya karena ngeblog tak bsia lepas dari coding khususnya yang berkaitan dengan HTML,CSS atau javasript misalnya ketika akan mempercantik blog mau tak mau harus mengedit html atau css,menambahkan slot iklan,mempercepat loading blog atau ketika posting artikel menggunakan blog AMP.

Baca juga : Perlukah Bloger Belajar HTML Dan CSS

3.Desain Grafis
Seperti disinggung pada poin 1 bahwa sebuah artikel yang bagus harus didukung dengan grafis yang informatif.Namun ada kalanya gambar–gambar tertentu harus melalui serangkaian proses editing sehingga menjadi sebuah gambar yang informatif (Infografis) dan unik bukan gambar apa adanya.

Dengan gambar tersebut diharapkan pengunjung akan semakin mudah memahami isi artikel.Jika bloger ingin mengikuti lomba blog perlu memilki keahlian dalam mengolah infografis agar bisa menjadi juara lomba blog.Untuk menghasilkan infografis yang bagus diperlukan skill desain grafis yang mumpuni.

Selain digunakan untuk membuat infografis skill desain grafis juga berguna untuk mempercantik tampilan blog seperti membuat logo blog,banner iklan serta untuk keperluan editing video.

Itulah mengapa seorang bloger perlu menguasai software desain grafis seperti Photoshop,Corel Draw atau Power Point.Meskipun banyak sekali tutorial diinternet namun untuk menjadi seorang ahli desain grafis diperlukan latihan dan jam terbang serta bakat.

4.Vidio Editing
Seorang Bloger Kekinian tak  bisa lepas dari Vidio Youtube karena sangat berkaitan dengan blog pada khususnya dan mencari penghasilan internet pada umumnya.Channel Youtube cukup ampuh untuk mempromosikan blog selain itu video Youtube bagus sekali untuk  memperjelas artikel terutama jika jenisnya tutorial.

Lebih dari itu Channel Youtube Bisa digunakan untuk mendapatkan penghasilan dari internet melalui Google adsense.Untuk menghasilkan sebuah video yang bagus mau tak mau bloger harus menguasai Vidio editing.Dengan vidio editing bloger bisa menggabungkan video,memotog/split video,menghilangkan suara,menambahkan teks/gambar,menambahkan efek audio/video.menambahkan narasi,Menambahkan objek,menambhakan back sound dan masih banyak lagi.

Banyak software Video editor yang bisa bloger gunakan baik yang versi gratisan atau berbayar seperti Filmora,VSDC,Video Pad,Movie Maker.Bloger wajib menguasai salah satu software video editor diatas jika ingin sukses mencari penghasilan dari internet baik melalui blog maupun Youtube.

Baca juga : Belajar Editing Video Mulai dari Nol

5.Copywriting
Menjual produk/jasa melalui blog sudah menjadi hal yang lumrah sehingga sangat disayangkan jika seorang bloger tidak memanfaatkan blog untuk menjual produk/jasa.Namun menjula produk/jasa melalui internet bukan perkara mudah butuh trik jitu agar pengunjung mau membeli produk/jasa anda salah satu triknya adalah dengan membuat copywriting.

Copywriting adalah tulisan yang dipublikasikan ke internet atau media lain dengan tujuan utama mempromosikan produk/jasa.Mungkin anda sering melihat penawaran produk/jasa di halaman sebuah situs dimana dihalaman tersebut berisi tulisan-tulisan yang informatif dan membuat anda tertarik ingin membeli itulah yang disebut copywriting.

Jadi jika seorang bloger ingin sukses perlu memiliki skill membuat Copywriting yang menggigit sehingga bisa menghasilkan penjualan.Membuat copywriting tidak bisa asal-asalan tapi ada tehniknya misalnya diawali dengan headline yang menarik,penawaran yagn berisi deskripsi prodouk,kenapa harus membeli produknya,testimoni dan masih banyak lagi.

Itulah 5 skill yang perlu dikuasai oleh seorang bloger yang ingin sukses mencari penghasilan diinternet,lalu pertanyaannya kemudian apakah seorang bloger harus menguasai semua atau dengan kata lain menjadi bloger serba bisa? Jika bloger memang mampu menguasai semua tentu itu lebih baik tapi mungkinkah menjadi bloger yang serba bisa?

Jawabannya tentu tergantung dari kemampuan bloger itu sendiri dan apakah mau belajar dan berlatih karena semua skill itu bisa dipelajari namun memang butuh konsistensi dalam belajar dan waktu yang cukup.Memangnya ada bloger seperti itu? ADA ! Salah satu Contohnya Mas Adhy Suryadi admin Kompiajaib.com nya.Beliau menulis Jago bahkan blognya lebih dari satu,urusan coding jangan Tanya
sudah banyak template hasil kreasi beliau baik yang gratis ataupun yang premium.

Beliau juga mumpuni kemampuan desain grafisnya terbukti beliau menerima jasa pembuatan logo blog,Kemampuan video editing juga dimiliki oleh beliau karena seorang vloger juga.Dan beliau juga piawai membuat copywriting  coba lihat saja penawaran yang dibuat beliau saat menawarkan template premium apalagi beliau juga mengelola toko online.

Sebagai bloger yang ingin sukses saya juga berusaha menguasai 5 skill diatas walaupun susah membagi waktunya antara ngeblog,belajar dan latihan tapi saya berusaha semaksimal mungkin.Sesekali setelah menulis artikel saya menyisakan waktu untuk belajar vidio editing,infografis,coding atau copywiting.

Kesimpulannya Menjadi bloger serba bisa bukan lah hal yang mustahil asal mau belajar dan berlatih karena sarananya sudah banyak tersedia diinternet tinggal mau atau tidak.Berani Menjadi Bloger serba bisa?

Semoga Bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar