Skip to main content

Jangan Habiskan Hidupmu untuk Ngeblog!

MEDIAKOMPILASI.COM-Jangan Habiskan Hidupmu untuk Ngeblog!-Membaca judulnya terlihat sangat provokatif karena apabila seseorang mengucapkan kata “jangan” menunjukkan sesuatu yang negatif.Jadi makna yang tersirat dari judul diatas seakan-akan ingin mengatakan kalau ngeblog itu hanya akan menghabiskan waktu dan tidak ada manfaatnya.

Jangan Habiskan Hidupmu untuk Ngeblog!

Kalimat ini pernah diucapkan salah seorang sobat saya sesama blogger menanggapi status saya yang membahas 5 blog yang saya miliki dan menyarankan fokus pada 1 blog saja.Jika ditelaah lebih dalam kalimat "Jangan habiskan hidupmu untuk ngeblog" bisa bermakna terlalu banyak ngelog itu tidak baik.Ucapan sobat saya ini bak sebuah tamparan buat saya pribadi yang sudah ngeblog selama 6 tahun.Apa yang sudah saya dapatkan dari ngeblog selama ini?

Bisa jadi ucapan sobat saya ini benar sehingga saya harus mengubah pola ngeblog yang selama ini saya lakukan jangan-jangan selama ini saya melakukan sesuatu yang kurang produktif atau bahkan sia-sia.Sebagai perbandingan saya jualan martabak manis mini selama satu jam minimal mendapatkan penghasilan Rp.60.000 sedangkan kalau saya ngeblog selama 1 jam tidak ketahuan hasilnya bisa saja sia-sia misalnya menulis artikel ternyata sepi pengunjung kecuali jika saya menerbitkan artikel review memang untung tapi kan tidak tiap hari?

Evaluasi Pencapaian Ngeblog Tahun 2017


Untuk menjawab apakah ngeblog yang saya lakukan hanya akan menghabiskan hidup atau tidak saya perlu melakukan evaluasi ditahun sebelumnya 2017,Apa yang sudah saya dapatkan dan apa yang sudah saya keluarkan? Dengan begitu saya jadi tahu apakah ngeblog yang saya lakukan bermanfaat atau hanya menghabiskan hidup atau umur jika nyata-nyata hanya menghabiskan umur mungkin sudah waktunya saya mengalihkan/mengurangi ngeblog ke aktifitas lain yang lebih produktif.

Baca Juga :
Manfaat Hosting Gratis Bagi Bloger
3 Cara Ini Membuat Rekening Jadi Bloger Gendut
Menjadi Bloger Serba Bisa Mungkinkah?


Walaupun sebenarnya saya mendapatkan kepuasan batin ketika saya ngeblog dan ngeblog sudah menjadi hobi yang tidak terpisahkan dari hidup saya jadi meski tanpa hasil saya sudah merasakan kesenangan tapi tidak bisa begitu,jika saya banyak menghabiskan waktu untuk ngeblog tanpa hasil itu sih sudah jelas saya menghabiskan hidup hanya untuk ngeblog.

Tak Bisa dipungkiri motivasi ngeblog saya salah satunya karena ingin menghasilkan uang dari internet untuk itulah saya bergabung dengan Google Adsense sejak 2 tahun lalu sebagai “kail” untuk memancing uang internet dan juga Job artikel review.Lalu Bagaimana dengan hasilnya?

Setelah saya lihat statistik akun adsense selama 1 tahun periode 2 Jan 17 hingga 2 Jan 2018 penghasilan adsense saya sebesar US $556/Rp.7.450.000 (Sreenshoot tidak bisa saya tampilkan karena tidak diperkenankan google) ditambah penghasilan dari artikel review selama 1 tahun sejumlah Rp.1.550.000 jadi Total Penghasilan Rp.9.000.000.

Penghasilan sebesar itu dikurangi untuk biaya koneksi internet sebesar @50.000 x 12 = Rp.600.000 Bayar tagihan listrik Rp.3.000.000 jadi Masih tersisa Rp.9.000.000-Rp.3.600.000 = Rp.5.400.000.

Dari data-data diatas barulah saya bisa menyimpulkan beberapa poin penting :


  1. Penghasilan dari blog dibandingkan pengeluaran masih lebih besar pendapatan sehingga ngeblog tetap menguntungkan bukan sesuatu yang hanya menghabiskan hidup.
  2. Rata rata penghasilan bersih bulanan setelah dipotong biaya koneksi internet dan listrik masih relatif kecil Masih jauh dari UMR yakni Rp.450.000 per bulan.
  3. Ngeblog tidak bisa dijadikan pekerjaan utama atau Fulltime blogger jadi harus mencari pekerjaan lain.
  4. Jika hasilnya seperti ini dan saya lebih banyak menghabiskan waktu untuk ngeblog saja sama artinya saya kurang produktif memanfaatkan waktu.
  5. Ngeblog lebih cocok dijadikan pekerjaan sampingan,Usaha lain harus tetap dilakukan seperti jualan online atau offline.


Postingan ini tidak ada maksud untuk pamer hanya sekedar sebagai bahan evaluasi apakah ngeblog terus dilanjutkan atau stop sampai disini.Masih banyak blogger yang penghasilannya fantastis diluaran sana,saya hanya mencoba supaya bisa seperti mereka.Semoga bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar