Skip to main content

Cara Saya Menekuni 4 Bisnis Berbeda Sekaligus

MEDIAKOMPILASI.COM-Cara Saya Menekuni 4 Bisnis Berbeda Sekaligus-Jalan kesuksesan seseorang tidak selamanya berjalan mulus terkadang ada yang harus melalui proses panjang berliku. Seperti yang saya alami kesuksesan tak kunjung menghampiri bisnis yang sedang saya jalani. Saya memulai bisnis online bermodalkan blog dengan menjadi publisher adsense  sejak 3 tahun yang lalu namun hasinya masih jauh dikatakan sukses, Boro-boro mau berpenghasilan layak untuk bisa gajian sebesar $100 saja saya harus mengumpulkannya selama 3 bulan.

Jenis Bisnis

Sadar penghasilan dari Adsense Blog tak kunjung meningkat sayapun melirik ceruk bisnis lain yaitu artikel review atau content placement. Meskipun hasilnya belum signifikan namun mampu menambah pundi-pundi rupiah dari blog yang saya miliki. Sejak setahun yang lalu saya juga menekuni bisnis kuliner martabak mini manis disela-sela waktu senggang saya dan Hasilnya meski belum terbilang besar tapi lumayanlah setidaknya Rp.140.000 bisa saya bawa pulang setiap hari.


Saya juga mencoba peruntungan didunia Youtube walauun dulunya saya kurang tertarik tapi tak ada salahnya saya mencoba karena tidak terlalu sulit. Bulan Oktober 2017 yang lalu channel Youtube saya resmi disetujui untuk menampilkan iklan dan dalan kurun waktu 4 bulan mampu menghasilkan $40. Sayangnya bulan Februari bisnis Youtube saya tekena Musibah karena tidak memenuhi kriteria lagi untuk dimonetisasi sehingga penghasilannya pun terhenti. Saat ini saya sedang berjuang memenuhi kriteria sehingga bisa berpenghasilan lagi.

Tak cukup sampai disitu saja saya juga merambah kebisnis Toko Online sejak 2 bulan yang lalu namun saya tidak asal-asalan menjual produk secara online. Bisa dibilang Bisnis toko online ini merupakan pengembangan dari Bisnis Kuliner martabak mini yang saya jalani secara offline karena yang saya jual adalah cetakan martabak mini dimana saya tiap hari menggunakannya sehingga Konowledge Product nya saya tahu persis bahkan seluk beluk bisnisnya saya pun tahu.

Baca juga :

Dengan Terjunnya saya kebisnis toko online berarti saya menekuni 4 Bisnis sekaligus, Bisnis Martabak Mini, Bisnis Blog (Adsense+Artikel Rview),Bisnis Youtube dan Bisnis Toko Online. Mungkin Anda bertanya Kok Banyak Banget Apa tidak Keteteran menjalaninya? Untuk saat ini saya masih sanggup melakukan seorang diri dan Saya bisa melakukan semuanya karena saya menggunakan strategi khusus. Penasaran Apa saja strateginya ? Berikut informasi selengkapnya :

1.Awali dengan satu bidang dulu
Bisnis apapun fokus sangat diperlukan karena semua bisnis membutuhkan proses tidak bisa instan. Itulah mengapa saya memilih fokus keblog dulu sebagai sarana untuk mendapatkan penghasilan secara online. Saya mengawali bisnis berbasis blog mulai dari Nol sekitar akhir tahun 2011. Butuh sekitar 4 tahun untuk mendapatkan $100 pertama dari Google Adsense. 

Prosesnya cukup lama karena memang saya tidak langsung fulltime menjadi seorang Blogger.Barulah ditahun 2015 saya mulai serius mengelola blog sebagai sumber penghasilan namun tetap sebagai pekerjaan sampingan. Saat ini meskipun penghsilan dari blog belum memuaskan namun setidaknya saya sudah rutin mendaptakan penghasilan dari blog entah dari Adsnese atau dari artikel review.

Setelah saya menganalisa secara mendalam ternyata penghasilan dari blog tak kunjung meningkat bahkan  bisa dikatakan diam ditempat sedangakan usaha sudah maksimal. Uniknya lagi mesti frekuensi update posting blog saya berkurang penghasilan cenderung stabil. Itulah mengapa akhirnya saya memutuskan untuk mencari bisnis lain selain blog namun tetap menglola blog hanya saja frekuensi updatenya tidak sekencang dulu.

2.Mencari Bisnis Offline yang Cepat menghasilkan Tapi tak menyita waktu
Bisnis offline menurut saya peluangnya masih bagus tak kalah dengan bisnis online asalkan tahu bisnis-bisnis yang menguntungkan untuk dijalani. Itulah mengapa saya tetap berbisnis offline sebalagi pelengkap bisnis online saya.

Saya memilih bisnis yang cepat menghasilkan, modalanya kecil tapi tak menyita waktu. Salah satunya adalah bisnis martabak mini disekolah. Saya hanya butuh waktu 1 jam untuk mangkal namun tetap menghasilkan uang. Keuntungan lainnya saya tetap bisa berbisnis offline lainnya dirumah seperti warung kelontong atau jual pulsa. Sayapun tetap bisa ngeblog karena masih banyak waktu luang dirumah.

3.Mencari Bisnis lain yang saling berkaitan
Sekali dayung 3 pulau terlampaui, pernah dengar pepatah ini? DiBisnis saya juga bisa mempraktekkan pepatah ini yaitu dengan mencari bisnis-bisnis yang saling berkaitan sehingga waktunya bisa optimal. Sebagai contoh saya mengelola blog dan channel Youtube dimana ide untuk membuat artikel dan video saya dapatkan dari bisnis offline saya seperti bisnis martabak mini dan toko kelontong.

Begitu pula ketika saya merintis toko online, saya memanfatkan keahlian saya dalam bidang ngeblog dan membuat video untuk mendatangkan pengunjung ketoko online saya bahkan produk yang saya jual merupakan pegangan saya sehari hari karena saya berbinis martabak mini juga jadi saya tahu betul produk tersebut.

Jadi jangan heran jika artikel di 3 blog saya lebih banyak artikel seputar bisnis yang saya jalani jadi kebanyakan memang user experience( pengalaman) dan artikel jenis ini banyak disukai pengunjung.

4.Membagi Waktu secara Proporsional
Mengelola banyak Bisnis sekaligus jika tebang pilih hasilnya akan kurang maksimal jadi semuanya harus diurus secara proprosional. Saya sendiri berusaha membagi waktu luang yang ada pokoknya bagaimana caranya agar semua bisnis bisa kepegang semua waluapun mungkin tidak tiap hari. Misalnya mengunggah Video saya usahakan minimal 1 video seminggu sisanya untuk mengurus beberapa blog saya.

Untungya lagi toko online saya menggunakan sitem Call to action melalui WA jadi saya tidak perlu emmbauka website toko online saya tapi cukup membalas chat WA dari pengunjung walapun kadang saya telat membalas chat. Dan yang lebih penting lagi adalah saya masih bisa mengurus keluarga terutama momong anak saya yang masih balita karena bagaimanapun keluarga tetap nomor satu.


Demikianlah artikel seputar Cara Saya Menekuni 4 Bisnis Berbeda Sekaligus Mudah-Mudahan Bisa Menginspirasi Anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar