Minggu, 25 Maret 2018

Peluang Bisnis Dropship Akan Tamat? (Study Kasus)

author photo
Peluang Bisnis Dropship Akan Tamat? [Study Kasus]-Bisnis Drophsip merupakan salah satu peluang usaha yang cukup diminati internet marketer karena memang modal yang dikeluarkan relatif kecil tanpa perlu menyetok produk. Pebisnis hanya perlu mencari suplier dengan harga termurah kemudian mempromosikannya baik melalui website, Blog ataupun Media sosial. Apalagi sekarang ini Dropshipper semakin diuntungkan dengan kehadiran situs marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, MatahariMall, BliBli,Shopee dan lain-lain.

Peluang Bisnis Dropship

Dengan adanya situs marketplace tersebut dropshipper akan semakin mudah menemukan supplier yang tepat karena tak jarang pelapak besar bergabung disana. Apalagi keamanan bertransaksi dan kenyamanan disana lebih terjamin sehingga dropshipper bisa lebih fokus kepemasaran tanpa perlu dibuat sibuk dengan masalah teknis.

Namun kehadiran situs marketplace itu ibarat pisau bermata dua disatu sisi menguntungkan dropshipper namun disisi lain berpotensi mematikan bisnis dropshipper itu sendiri sehingga ada yang memprediksi bisnis dropship akan tamat. Kenapa demikian ? Jika semua orang berbelanja ke situs marketplace tentu saja harga yang ditawarkan dropshipper akan kalah telak dan parahnya lagi pembeli bisa dengan mudah membandingkan harga. Logikanya jika pembeli menemukan harga yang murah kenapa harus membeli yang lebih mahal?

Baca Juga :

Study Kasus Menekuni Bisnis Dropship

Diatas kertas memang harga dropshipper kalah telak dengan harga yang ditawarkan oleh situs marketplace Bagaimana tidak ngambil barangnya dari sana!! namun pertanyaannya kemudian Apakah semua orang yang akan membeli barang secara online lebih memilih kesitus marketplace? Faktanya masih banyak yang lebih memilih belanja langsung ke website toko online atau melalui media sosial. Uniknya lagi kadang meski harganya lebih mahal tapi tetap laku dan Saya sudah membuktikannya sendiri.

Saya mengambil barang dari supplier disebuah Marketplace kemudian saya promosikan produk tersebut melalui website, blog dan media sosial. Jadi kalau ada yang berpendapat Bisnis Dropship akan tamat saya tidak sependapat. Semua itu tergantung strategi pemasarannya dan dalam pemasaran dropship ada sebuah strategi dimana produk yang dijual terlihat lebih bernilai atau memiliki nilai lebih dibandingkan dengan produk yang dijual disitus marketplalce.

Sebagai contoh produk yang saya jual, jika orang membeli ke situs marketplace  tidak akan mendapatkan bonus meski harganya murah sedangkan ditoko saya setiap yang membeli produk saya akan mendapatkan E book panduan plus Bimbingan. Faktanya dengan cara ini hanya dalam tempo 2 bulan saya berhasil mendapatkan pembeli pertama.

Harga Murah Tidak Menjamin Toko Online Bisa Sukses

Harus diakui harga murah bisa menjadi penentu mau beli atau tidak namun masalahnya berapa banyak orang yang ketika mau berbelanja sebuah barang  harus bersusah payah membanding-bandingkan harga dibeberapa situs. Bahkan jika terlalu murah dari harga pasaran justru akan menimbullkan pertanyaan barangnya asli atau KW?

Inilah yang menjadi peluang bagi Bisnis dropshipper dengan strategi marketing yang bagus pembeli akan dengan suka rela membeli produk contohnya melalui copywriting yang menjual, artikel marketing atau melalui status dimedia sosial. Apalagi dalam menawarkan produknya disertai story telling atau pengalaman pribadi tentunya pembeli akan semakin percaya belanja ke toko online milik dropshipper.

Cara ini terbukti ampuh untuk menghasilkan penjualan toko online dropship saya dimana sebelum saya menawarkan produk yang saya jual sebelumnya saya menceritakan profesi saya sebagai penjual makanan yang menggunakan produk yang saya jual dan memberikan tips seputar usaha makanan tersebut. Uniknya sebelum saya menawarkan produknya beberapa pengunjung sudah menanyakan harganya.

Jangan Lupakan Strategi Langit

Sebagai orang yang percaya kepada tuhan apalagi jika Anda seorang muslim Anda harus meyakini bahwa rezeki sudah diatur oleh Allah SWT. Strategi pemasaran yang maksimal tetap perlu dilakukan tapi jangan lupa hasilnya kita serahkan kepada Allah SWT. Yakinlah bahwa jika memang sudah rezeki toko online anda pasti suatu saat ada yang membeli.

Jangan lupa selalu berdoa setelah srategi pemasaran sudah dilakukan serta lakukan amalan-amalan yang mendatangkan rezeki seperti Sedekah, Silaturahmi , Banyak bersykur dan lain-lain. Dengan cara ini jika tenyata toko online anda sukses anda tidak akan lupa diri tapi jika belum beruntung anda tidak putus asa.


Demikianlah Study Kasus seputar Peluang Bisnis Dropship Akan Tamat Semoga bisa menjadi pencerahan khususnya untuk anda yang akan merintis bisnis toko online Dropship. Sukses Untuk Anda !!

This post have 8 komentar

avatar
Djangkaru Bumi delete 25 Maret 2018 10.36

Kalau bagi saya, pelan-pelan akan tamat. Ya karena itu, marketplace sudah menjamur dan dengan fasilitas dan harga yang tergolong terjangkau. Konsumen pelan-pelan akan berlari kesana. Dan konsumen sepertinya juga lebih percaya.

Reply
avatar
Rival 38 delete 25 Maret 2018 21.27

dari dulu ampe sekarang saya masih ds mas, cuma muter2 diantara semua market place, jadi klo misal barang di salah satu market place habis ya cari di market place lainnya, alhamdulillah lancar, dan sekali lagi rejeki udah ada yang ngatur... :)

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 26 Maret 2018 08.56

Tapi selalu ada celah mas ibaratnya meski banyak mini market toh toko kecil masih tetap laku. Dan ada kalanya orang yang minat pada sebuah produk setelah membaca artikel marketing. Difacebook masih banyak toko online dan tetap laris manis

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 26 Maret 2018 09.00

Siip Mas, Saya juga Masih Mengandalkan Marketplace masalah laku atau tidak yang penting sudah melakukan yang terbaik. Saya aja cuma modal halaman fb dan artikel marketing ada yang beli apalagi jika nanti web toko online saya bisa masuk hal 1 tambak oke

Reply
avatar
Agus Supriyono delete 26 Maret 2018 22.12

Berkembang mas jangan selalu menjadi dropshiper, kalau bagus penjualannya mulai stok sendiri, bahkan kalau bisa langsung dari produsen, bahkan memproduksi sendiri.
Saya sendiri inginnya memasarkan produk produksi sendiri, hayalan saya punya masa depan, berjenjang.
Betul sekali tuh, jangan lupakan strategi langit, kalau rezeki tidak kemana, saya lama bermain dropship, meski mahal laku juga.

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 27 Maret 2018 08.04

Rencana kedepan juga begitu mas...sambil ngumpulin modal untuk jadi distributor jadi bisa jual dengan harga yang sama dengan di marketpkace. Sekarang ini fokus ke Omset dulu sambil optimasi website

Reply
avatar
Ibrahim M.Pd.I delete 27 Maret 2018 14.28

satu lagi yang mungkin perlu saya tambahkan yaitu tentang rasa optimis dan tidak mudah putus asa, bersabar dan berdoa. (banyak kali heehee)

Reply
avatar
Nur Rochma delete 29 Maret 2018 08.29

Kalau aku lihat teman-temanku banyak yang jualan dengan sistem dropship. Aku pikir masih akan bertahan, yang penting orangnya ulet dan optimis.

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement