Rabu, 11 April 2018

Toko Online Vs Google Adsense Mana Lebih Menjanjikan?

author photo
MEDIAKOMPILASI.COM,Toko Online Vs Google Adsense Mana Lebih Menjanjikan?- 3 Tahun bukan waktu yang sebentar bagi saya dalam menekuni bisnis Google Adsense bermodalkan blog. Hasil yang saya dapatkan tidak begitu istimewa atau boleh dibilang biasa-biasa saja. Dalam sebulan saya hanya mampu mengumpulkan penghasilan dibawah $50 padahal saya menggunakan 5 blog. Bagi saya sangat sulit untuk bisa menaikkan penghasilan bulanan diatas $50. Sering Muncul pertanyaan dibenak saya apa yang salah dengan gaya ngeblog saya?

Toko Online Vs Google Adsense

Akhirnya saya menyadari masalahnya ada pada trafik blog yang tak kunjung meningkat dimana trafik blog terbesar hanya mencapai 1000++ visitor dan Trafik selalu berkaitan dengan artikel baik kuantitasnya maupun kualitasnya. Secara kuantitas saya belum bisa produktif dalam menulis artikel paling bagus sehari 1 artikel itupun harus berbagi dengan beberapa blog saya dan secara kualitas meski tulisan saya orisinil namun dimata SEO saya masih lemah karena saya hanya menulis yang saya sukai. Sayangnya tulisan seperti itu belumlah cukup karena belum tentu pencariannya tinggi dan menghasilkan BPK iklan yang tinggi pula.

Sadar akan keaadaan ini sedangkan untuk mengubahnya 100 derajat rasanya sulit dalam artian mengubah gaya ngeblog yang tadinya menulis sesuka hati menjadi menulis sesuai kebutuhan pengunjung internet akhirnya saya lebih memilih untuk mencari ceruk bisnis online lain selain Google adsense yaitu bisnis toko online (E COMMERCE).

Baca Juga :
5 Manfaat Membangun Tim Bisnis Toko Online
Perlukah Mentor Bisnis Toko Online Biar Sukses
Mau Usaha Online Shop? Koneksi Internet No.1

Keinginan itu akhirnya terwujud dengan Launchingnya toko online saya diinternet sejak 3 bulan yang lalu. Meski dengan segala keterbatasan terutama dari sisi modal namun nyatanya mampu menjaring pembeli meski belum banyak tapi baga saya pencapaian yang luar biasa dimana saya bisa memperoleh penghasilan dari bisnis online lain.

Seiring degan berjalannya sang Waktu dari satu transaksi ketransaksi lain saya banyak mendapatkan pelajaran berharga dari bisnis toko online dan ini membuat saya lebih bersyukur sudah merasakan penghasilan dari Goolge Adsense karena jika dibandingkan antara Toko Online Vs Google Adsense Sungguh berbeda. Inilah yang akan saya coba diskusikan pada kesempatan kali ini yaitu Toko Online Vs Google Adsense Mana lebih Menjanjikan.

Toko Online

Kelebihan

  1. Modal tidak harus besar bahkan Bisa tanpa Modal stok produk dengan sistem dropship.
  2. Tidak harus memiliki website toko online Karena bisa menggunakan akun media sosial atau Fanspage
  3. Tidak harus menulis artikel
  4. Bebas menentukan keuntungan
  5. Tidak Harus Full Online karena jika ada pembeli biasanya akan menghubungi lewat nomor Whatsapps.

Kekurangan

  1. Harus rajin promosi apalagi jika pemasarannya melalui sosial media
  2. Membutuhkan kemampuan berkomunikasi/diplomasi karena tak sedikit pengunjung yang beranya-tanya dulu jika penjual tidak bisa meyakinkan pembeli transaksi bisa gagal. Misalnya saja kenapa ongkos kirimnya mahal?
  3. Bergantung pada Pihak ke-3 seperti Jasa ekspedisi atau supplier jika salah satu bermasalah semuanya jadi ikut menanggung akibatnya.
  4. Prosesnya rumit mulai dari negosiasi dengan pembeli, pengemasan, pengiriman hingga menunggu konfirmasi penerimaan jadi tidak bisa santai.
  5. Butuh Tim mulai dari customer service, promosi, produksi hingga pengiriman.

Google Adsense

Kelebihan

  1. Promosi blog hanya perlu dilakukan pada awal-awal membangun blog jika peringkat blog sudah bagus, artikel banyak masuk halaman pertama tanpa promosi pun penghasilan akan tetap mengalir.
  2. Keahlian yang paling utama yang harus dimiliki adalah menulis jadi tidak perlu ahli dibidang komunikasi bahkan jika punya modal  lebih peran ini bisa tergantikan dengan membayar penulis blog.
  3. Tidak banyak melibatkan pihak lain asalkan bisa menulis dan mendatangkan trafik penghasilan akan terus mengalir.
  4. Prosesnya relatif sederhana : Buat blog – Daftar Adsense- Diterima_ Menghasilkan.
  5. Bisa dikerjakan seorang diri


Kekurangan

  1. Butuh trafik blog yang tinggi agar hasilnya maksimal dan ini butuh waktu aygn tidak sebentar sebagai gambaran trafik blog 1000 per hari baru bisa mendapakan sekitar $ 0.5
  2. Harus memilki blog tanpa memilki blog bisnis tidak bisa dilakukan kecuali jika memilih Youtube .
  3. Jumlah artikel ikut menentukan penghasilan mau tidak mau harus banyak menulis artikel jika ingin hasilnya memuaskan.
  4. Penghasilan sangat tergantung dari julah klik iklan dan BPK ( Biaya Per Klik).Meski trafik blog tinggi kalau jumlah klik iklan atau BPK nya kecil hasilnya juga akan kecil
  5. Harus sering online baik untuk menerbitkan artikel atau optimasi blog.


Kesimpulan dari pertanyaan Toko Online Vs Google Adsense mana lebih menjanjikan? Adalah sangat tergantung dari kemampuan yang akan melakukannya, kalau memang suka menulis tentu Goolge adsense lebih menguntungkan tapi jika tidak Toko Online lebih menjanjikan. Bagaimana jika bisa melakukan kedua-duanya sekaligus? Tentu Dobel keuntungan dan banyak yang sanggup melakukannya. Bisa ngeblog kebanyakan bisa juga jualan tapi bisa jualan belum tentu bisa ngeblog.

This post have 3 komentar

avatar
Djangkaru Bumi delete 11 April 2018 11.58

Google, khususnya GA juga mengalami kendalai. Semakin berkurangnya pengiklan. Otomatis juga mengurangin pendapatan. makanya sekarang, sepertinya google lebih mengarah ke iklan Keyword. Iklan yang ada dimesin pencari.
Semua hal kalau ditekuni, akan berbuah hasil. Tapi jangan terlalu berharap banyak pada GA, takut nanti kecewa.

Reply
avatar
himawan sant delete 13 April 2018 11.28

Artikel yang menarik,mas.
Terlebih untuk blogger pemula yang masih awam tentang hal ini.

Reply
avatar
Iwak Haruan delete 14 April 2018 10.17

menurut saya semua terletak dari bakatnya dimana mas, saya sudah coba bisnis online dengn membuka toko online di marketplace karena kurang memahami bisnis tsb, akhirnya jalan ditempat dan benar sekali item2 kekurangan diatas sepertinya "wajib" dipenuhi. dan saya tak sanggup untuk memenuhinya :(

berbicara ga, komentar saya jumlah artikel tidak terlalu banyak (misal 60 artikel) dengan syarat point 1 terpenuhi insya allah bisa gajian tiap bulannya.

selain blog dan youtube, admob saya rasa layak dicoba bagi yang menguasai membuat aplikasi apk.

saya yang hanya bermodalkan aplikasi oline pihak ketiga, membuat 1 aplikasi android yang diupload di playstore alhamdulillah yang mengunduh sudah 10 ribuan. Artinya ini bisa dijadikan tambahan penghasilan di adsense.

maaf kepanjangan komen nya :)

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement