--> Skip to main content

Minum Kopi [Teh] Setelah Makan, Akibatnya Seperti ini

MEDIAKOMPILASI.COM, Minum Kopi [Teh] Setelah Makan, Akibatnya Seperti ini – Anda penggemar minum kopi atau Teh? Pernahkah Anda saat makan atau selesai makan minumnya kopi atau teh bukan air putih? Jika sering sebaiknya hentikan kebiaasan tersebut. Tahukah Anda ternyata mengkonsumsi kopi atau teh setelah makan rentan terjadi gangguan kesehatan.

Minum kopi

Apalagi sekarang ini sedang bulan puasa Ramadhan, kesehatan perlu dijaga agar puasanya bisa berjalan lancar sampai tuntas hingga lebaran nanti. Jika Anda penggemar kopi atau teh rasanya sulit untuk melupakan sejenak minuman ini meskipun pada bulan puasa waktu minum kopinya jadi terbatas. Akhirnya tetap memutuskan minum kopi bagaimanapun caranya meski habis makan buka/sahur puasa yang penting bisa segera menyalurkan hasratnya untuk minum kopi atau teh.

Minum Kopi Setelah Makan Berpotensi Memicu Anemia

Berdasarkan informasi yang saya kutip dari situs doktersehat.com minum kopi atau teh setelah/bersamaan makan berpotensi memicu Anemia. Penyakit ini tidak boleh diremehkan karena tubub akan kekurangan heboglobin dalam darah. Lalu Apa hubungannya dengan Minum kopi atau Teh?

Baca Juga :
3 Alasan Sebaiknya Kurangi Minum Kopi Saat Bulan Puasa
Kopi Menyebabkan Maagh? Mitos atau Fakta
5 Kebiasan Saat berpuasa ini Ternyata Tidak DiAnjurkan

Seperti Anda ketahui dalam secangkir kopi terdapat kandungan kafein nah zat inilah yang menyebabkan penyerapan zat besi dalam makanan menjadi kurang maksimal jika kopi atau teh dikonsumsi bersamaan dengan makan. Padahal zat besi ini akan mempengaruhi kadar hemoglobin dalan darah itulah mengapa akan memicu anemia.

Waktu Aman Minum Kopi

Timbul pertanyaan lalu kapan saat yang tepat minum kopi terutama di Bulan Ramadhan ini? Masih berdasarkan sumber yang sama, Mengkonsumsi Kopi atau teh sebaiknya dilakukan 1-2 jam setelah makan atau buka puasa makan besar. Hal ini bertujuan agar zar besi atau zat lainnya bisa terserap dulu dengan sempurna dalam tubuh.

Dianjurkan untuk minum air putih atau lebih baik lagi minum jus buah setelah makan atau berbuka puasa karena lebih bermanfaat bagi tubuh dimana akan membantu penyerapan zar besi dan zat lainnya. Jangan sampai niat anda minum kopi setelah makan agar lebih segar atau enerjik justru malah menjadi letih lesu karena kekurangan darah atau anemia.

Bagaimana Menurut Anda Masih tetap Minum Kopi setelah Makan?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar