Rabu, 20 Juni 2018

Tips Nyaman Mudik Lebaran Dengan Mobil Tua

author photo
MEDIAKOMPILASI.COM,Tips Nyaman Mudik Lebaran Dengan Mobil Tua – Mobil pribadi kerap menjadi pilihan keluarga Indonesia untuk mudik lebaran alasannya lebih nyaman apalagi jika membawa serta anak balita dan lebih dari satu. Namun tidak setiap orang beruntung bisa memiliki mobil bagus yang harganya ratusan juta rupiah sehingga tradisi mudikpun menjadi sesuatu yang merepotkan namun apa daya karena sudah menjadi tradisi mau tak mau memilih menggunakan armada lain seperti Bus atau kereta.

Mudik nyaman

Disisi lain ada juga sebagian kalangan yang hobi otomotif memilih membeli mobil tua yang usianya bisa lebih dari 10 tahun untuk digunakan mudik lebaran. Salah satunya saudara admin seorang pengusaha konveksi di Bekasi yang tahun ini memilih untuk mudik lebaran dengan mobil Toyota Kijang produksi tahun 1994 yang belum lama dibelinya kebetulan admin ikut serta sehingga bisa berbagi informasi dengan anda.

Ajang mudik kali ini bisa dijadikan pembuktian atau uji nyali serta ketahanan mesin maklum selama membeli mobil tersebut saudara admin hanya menggunakannya untuk jarak dekat saja. Faktanya setelah digunakan mudik dengan jarak tempuh sekitar 273 Km mulailah masalah muncul mulai dari suhu mesin terlalu panas, mesin tidak bisa On dan lainnya sehingga sesampainya dikampung Mobil tua saudara admin harus bolak-balik ke Bengkel dan biaya yang dikeluarkan lumayan besar lebih dari 1 jutaan.

Untungnya kerusakan itu muncul setelah sampai dikampung bagaimana kalau ditengah jalan tol sudah pasti biaya yang dikeluarkan akan lebih besar.

Baca Juga :
Taksi Online Grab Memperlancar Silaturahmi Lebaran
Perjalanan Mudik Semakin Nyaman Dengan Gerbang Tol Tegal


Apa saja Tips Nyaman Mudik lebaran Dengan Mobil Tua?


1. Periksa Kondisi Mobil KeBengkel Sebelum Mudik
Penting untuk anda lakukan sebelum memutuskan untuk mudik lebaran menggunakan mobil tua mulai dari Ban, Ac, Oli mesin, kelistrikan, pengapian hingga karburator. Jika memang disarankan untuk ganti sebaiknya ganti saja namun sebaiknya melakukan pengecekan kebengkel terpercaya atau berpengalaman menangani mobil-mobil tua jadi tidak asal bengkel karena teknologinya berbeda dengan mobil kekinian.

Jangan sampai kejadian yang menimpa seorang pemudik yang admin jumpai di rest area dimana mobil tuanya mogok sehingga harus didorong atau ada juga yang pecah Ban ditengah jalan karena tidak memperhatikan sistem kelistrikan dan Ban.

2. Siapkan Budget untuk Servis diperjalanan
Mudik dengan Mobil itu tidak murah loh untuk membeli BBM saja sudah ratusan ribu belum ongkos jalan tol. Jadi jika memang budget untuk mudik lebaran pas-pasan sebaiknya urungkan niat mudik lebaran dengan mobil tua karena anda tidak tahu apakah nantinya mobilnya bermasalah dijalan atau tidak namanya juga mobil tua kinerjanya tidak sebagus mobil baru.

Ongkos servis mobil tidak bisa dibilang murah sebagai gambaran kemarin saudara admin servis radiator Rp.150.000 jika kerusakannya pada mesin akan jauh lebih mahal lagi belum lagi dimomen lebaran sebagian bengkel mobil lebih memilih tutup.

3.Kenali jenis kerusakan Mobil Tua
Memiliki mobil tua salah satu sektor yang patut mendapatkan perhatian lebih adalah pada mesin dan kelistrikan karena rentan terjadi kerusakan untuk itulah anda harus memiliki pengetahuan mengenai mesin mobil sehingga bisa meminimalisir kerusakan yang akan terjadi. Jangan sampai sedikit-sedikit kebengkel Karena selain merepotkan juga butuh biaya.

Beberapa kerusakan yang kerap terjadi pada mobil tua diantaranya mesin susah dihidupkan pada pagi hari, Mesin mogok saat mesin terlampau panas, Overheat, mesin jalan tersendat-sendat, permasalahan pada sistem pendinginan mesin.

Demikianlah informasi seputar Tips nyaman Mudik Lebaran dengan Mobil Tua, Semoga perjalanan mudik lebaran anda lancar hingga sampai tujuan baik saat arus mudik atau arus balik.

This post have 5 komentar

avatar
ABD KADIR Rusdi delete 20 Juni 2018 06.44

kalau pakai mobil tua seperti itu mas harus sering-sering istirahat di tengah jalan

Reply
avatar
Dwi Sugiarto delete 20 Juni 2018 07.09

Iya mas Pokoknya harus sabar deh jangan ingin cepat sampai

Reply
avatar
Djangkaru Bumi delete 20 Juni 2018 16.23

Siapkan budget ini penting, entah mobil tua maupun mobil baru, karena kita tidak tahu apa yang terjadi nanti diperjalanan. Toyota, walau tua, mesinnya masih tangguh.

Reply
avatar
himawan sant delete 22 Juni 2018 17.42

Harus lebih hati-hati dan pelan-pelan mengemudikannya,mas.
Dan ada baiknya diservis dahulu sebelum digunain buat bepergian jauh, takutnya sering ngadat mesinnya karena daya mesinnya berkurang.

Reply
avatar
triknews delete 23 Juni 2018 09.51

Mudik lebaran ini terpaksa naik kapal Mas, biar irit mengingat mudik tahun ini 4 orang tambah satu keponakan,

betul sih kalau mudik pake mobile tua asal jangan ke tua tuan, periksa kondisi mesin ini hal utama, servis sebelum tancap gas

Reply

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement