Cara Setting SSL Gratis CPanel Wordpress Tanpa Ribet

Cara Setting SSL Gratis CPanel Wordpress Tanpa Ribet

MEDIAKOMPILASI.COM - Situs yang menggunakan protocol https berpeluang mendapat peringkat lebih tinggi dari Google dibandingkan dengan situs yang masih http. Pernyataan ini sudah sering saya temukan di blog-blog yang membahas SEO. Mau tak mau sayapun harus tahu cara setting SSL dan memasang sertifikat SSL pada domain blog-blog saya.
Cara Setting SSL

Untuk blog-blog Custom domain blogspot, saya tidak menemukan masalah yang berarti karena blogger sudah menyediakannya tinggal klik aktifkan https, Beres. Tapi tidak dengan Blog wordpress yang memang menggunakan hosting sendiri. Saya harus menginstal sertifikat SSL dulu melalui Cpanel Hosting. Nah inilah masalahnya, saya paling alergi kalau sudah buka Cpanel kesannya Angker yang terbayang kode-kode yang membuat kepala pening.

Itulah mengapa blog Wordpress Self Hosting saya Info Pojok tak kunjung beralih ke prototcol https padahal 2 blog TLD saya lainnya sudah berganti. Namun saya mengamati statistik trafik kok semakin turun hingga menyentuh 50 %. Dugaanpun langsung mengarah ke protocol yang saya pakai yang masih http. Mau tak mau sayapun harus belajar bagaimana cara setting SSL melalui Cpanel karena tidak ada cara lain.

Untungnya Tutorialnya banyak saya temukan diinternet tapi sayangnya tidak ada tutorial yang hostingnya sama dengan yang saya pakai yaitu di Domosquare karena bisa saja caranya berbeda. Tak mau ambil pusing sayapun menghubungi CS melalui fasilitas Tiket. Responnya lumayan cepat pertanyaan saya tentang SSL ini langsung mendapatkan jawaban.

Menurut CS nya Hosting di Domosquare otomatis mendapatkan free SSL namun harus diaktifkan dulu. Sayapun memberikan diri membuka C panel dan mengikuti arahan dari CS. Setelah saya membuka Cpanel dengan maksud akan setting SSL gratis ternyata menggunakn Auto SSL jadi lebh mudah settingnya. Saya tinggal Klik tautan yang ada di menu Auto SSL , Protocol Https pun langsung aktif terbukti ketika saya mengakses blog dengan https langsung muncul tanda gembok hijaunya di adress browser

Cara Setting SSL gratis Setelah Aktif


Setelah Sertifikat SSL aktif ditandai dengan tanda gembok ijo, pekerjaan belum selesai masih ada satu langkah penting yang harus saya lakukan yaitu redirect dari http ke https. Langkah ini juga ternyata tidak semudah diblogger apalagi jika menngunakan cara manual melalui Cpanel.

Untungnya Platform Wordpress Self Hosting sangat flexible karena didukung Plug ini yang lengkap jadi tinggal mencari plug ini yang sesuai kebutuhan. Plug in untuk urusan redirect ini bernama REALLY SIMPLE SSL. Dengan plug in ini saya tak perlu pusing menuliskan kode kode karena tinggal Install lalu aktifkan. Sayapun langsung menginstal plug in tersebut didashboard Wordpress kemudian segera mengaktifkannya dan ternyata memang mudah tinggal klik AKTIFKAN SEKARANG, plug ini langsung aktif.

Penasaran sayapun mencoba mengkakses blog Info pojok tanpa https dan ternyata benar langsung redirect ke protocol https. Plong deh saya akhirnya sukses menerapkan cara setting SSL gratis melalu Cpanel tanpa Ribet karena serba otomatis. Beruntung saya memakai Wordpress Self Hositng meskipun harus bayar tapi banyak kemudahannya. Semoga bermanfaat !

Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan