3 Kunci Sukses Membangun Blog Diera Algoritma Terbaru

3 Kunci Sukses Membangun Blog Diera Algoritma Terbaru

MEDIAKOMPILASI.COM - Membangun sebuah blog hingga mampu mendatangkan banyak pengunjung memang bukan perkara mudah. Butuh kerja keras dan konsistensi mulai dari membuat artikel, mempromosikan blog hingga mencari backlink. Sekarang ini mendapatkan trafik dari mesin pencari terbesar dj jagat yaitu Google sangat ketat tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.
Beli SSL

Saya merasakan betul kondisi tersebut, jika dimasa sebelumnya saya tidak terlalu sulit mendatangkan trafik ribuan perhari saat ini bisa bertahan di kunjungan 1000 per hari saja sudah cukup bagus. Salah satu faktor penyebabnya adalah Google selalu memperbaharui Algoritmanya dimana Google semakin ketat menyaring artikel-artikel yang bisa tampil dipenelusurannya.

Beberapa blog saya terkena dampak dari Algoritma Google terbaru ini, tentu ini bukan situasi yang bagus apalagi saya menggunakan blog tersebut untuk mencari penghasilan dari Adsense. Mau tak mau sayapun harus memperbaiki kinerja blog yang menurun tadi agar trafiknya bisa naik kembali. Pertanyaannya adalah bagaimana agar bisa sukses membangun blog di era Algoritma terbaru Google yang semakin ketat? Berikut ulasannya :

3 Kunci Sukses Membangun Blog Diera Algoritma Terbaru


Berdasarkan pengalaman saya mengelola blog selama 7 tahun setidaknya ada 3 hal yang harus dilakukan oleh blogger agar bisa sukses mendulang trafik .

1.Rajin Upadate Artikel
Saya memiliki sebuah blog Wordpress Self Hosting niche Bisnis dimana trafiknya sudah mulai bagus sehari Page viewnya mencapai 1000. Waktu itu blog tersebut jarang diupdate kadang seminggu sekali kadang juga sebulan sekali. Awalnya trafik tidak masalah namun setelah Google merilis Algoritmanya ditahun 2018 saya merasakan trafik blog semakin lama semakin turun.

Uniknya blog-blog saya yang lain meskipun turun tapi tidak signifikan bahkan bisa naik kembali. Setelah saya teliti ternyata memang blog-blog tesebut rutin saya update artikelnya. Paling tidak 2-3 hari sekali saya menerbitkan artikel terbaru. Akhirnya saya berkesimpulan diera Algoritma 2018 ini update artikel ikut mempengaruhi peringkat dan tentu berimbas pada trafik.

2.Tingkatkan Kualitas Artikel
Kualitas artikel masih menjadi faktor yang menentukan bagi kesuksesan sebuah blog. Jika artikel unik, gaya bahasanya mudah dipahami, alurnya jelas atau infografisnya lengkap peluang untuk tampil dihalaman satu cukup besar.

Hal ini bisa dibuktikan dari beberapa blog saya yang memang artikelnya unik dimana kebanyakan ditulis berdasarkan pengalaman pribadi sehingga User Experience nya cukup kental. Artikel semacam ini ternyata cukup diminati pengunjung sehingga tak jarang selalu bertengger di popular post.

Dalam menghadapi era Algoritma terbaru ini tak ada jalan lain kecuali terus meningkatkan kualitas artikel. Hindari copas karena beresiko terhadap peringkat blog. Buka wawasan baru dengan sering membaca sehingga artikelnya lebih berbobot.

Tingkatkan juga kemampuan desain grafis atau mengolah gambar sehingga nantinya gambar postingannya lebih informatif tidak sekedar gambar biasa. Jangan lupakan peran video YouTube untuk memberikan kenyamanan pengunjung dalam mengakses informasi di blog sehingga informasinya lebih lengkap.

3.Pasang SSL
Sejak era Algoritma Google 2018 isu keamanan blog atau website menjadi salah satu faktor penentu peringkat sebuah blog atau website. Blog atau website dengan protocol HTTPS lebih diprioritaskan dimesin pencari dari pada yang HTTP.

Mau tak mau pemilik blog atau webmaster harus mengikuti kemauan Google kalau ingin peringkat blognya tidak anjlok.

Saya sendiri Awalnya tidak begitu memperhatikan hal ini, saya tetap menggunakan protocol biasa namun lambat laun kok trafik semakin turun baik blog yang platform blogspot maupun Wordpress Self Hosted. Tak mau ambil resiko sayapun segera mengubah protocol beberapa blog saya menjadi HTTPS.

Untuk blogspot saya tidak menemukan kesulitan yang berarti karena Google sudah memberikan protocol HTTPS secara gratis tinggal mengaktifkannya saja. Bagaimana dengan blog bermesin Wordpress Self Hosted atau hosting berbayar ?

Jujur saja saya kalau disuruh setting-setting di Cpanel tidak begitu paham makanya saya belum juga mengaktifkan protocol HTTPS pada blog Wordpress saya. Namun karena saya ingin segera mengaktifkan protocol HTTPS mau tak mau saya harus mencari informasi tentang hal ini.

Untuk Hosting berbayar agar bisa menampilkan protocol HTTPS diperlukan sertifikat SSL dari CA (Certificate Authority). Pilihannya ada 2  mau SSL gratisan atau berbayar. Meski SSL gratis sudah memadai namun namanya juga gratisan tentunya fiturnya juga terbatas berbeda dengan SSL berbayar keamanannya tentu lebih terjamin. Tak heran jika situs-situs besar terutama E-commerce akan lebih memilih SSL berbayar untuk menjamin kerahasiaan data konsumen.

Pertanyaannya kemudian harus kemana untuk mendapatkan SSL berbayar? Tak sulit kok karena ternyata Hostinger sebagai provider Web Hosting terbaik di Indonesia  menyediakannya. Anda bisa mencoba SSL Dari Hostinger dan rasakan keuntungannya website/blog Anda akan lebih Terjamin keamanannya.

Harganya juga cukup terjangkau misalnya saja untuk PRO SSL SECURUTY cukup merogoh kocek Rp.125.000 per tahun atau kalau ingin lebih hemat bisa memilih  LIFETIME SSL SECURITY cukup bayar sekali Rp.199.200 berlaku untuk selamanya. Murah bukan? Jadi tidak ada alasan untuk tidak menggunakan SSL berbayar.

Demikianlah informasi seputar 3 Kunci Sukses Membangun blog Diera Algoritma terbaru Semoga Bermanfaat ! 
Advertisement

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

Tidak ada komentar

Dilarang nyepam ! Apalagi menyelipkan URL (Hidup/Mati) atau promosi dikolom komentar ! Mau Promo Silahkan Pasang Iklan