--> Skip to main content

Aplikasi Edit Video YouTuber PC Ringan

MEDIAKOMPILASI.COM –  Perlukah Edit Video sebelum diunggah ke YouTube? Pertanyaan ini mungkin sering diajukan oleh pemain YouTube pemula seperti saya. Menurut saya sih tergantung kebutuhan kalau memang sudah merasa puas dengan video yang dihasilkan dari Ponsel atau kamera bisa jadi edit video tidak diperlukan.
Aplikasi Edit Video YouTuber

Masalahnya jika Anda sudah berniat mengunggah video ke YouTube tentunya ingin videonya ditonton apalagi berniat mendapatkan penghasilan dari Youtube. Jumlah viewer maupun subscriber sangat bergantung dari kualitas video yang anda unggah. Jika video anda biasa-biasa saja tentunya kurang menarik minat pengunjung.

Salah satu cara agar video anda lebih menarik adalah dengan mengeditnya dengan aplikasi tertentu. Dengan aplikasi tersebut bisa ditambahkan efek-efek video tertentu contohnya saja pengaturan contrast, style,cutting, splitting atau efek audio. Bisa juga ditambahkan gambar, logo, text maupun back sound.

Awal terjun ke YouTube saya mengunggah video apa adanya tapi setelah baca-baca trik bermain YouTube serta melihat channel-channel yang sudah sukses saya jadi ingin mengedit video. Masalahnya aplikasi edit video premium harganya lumayan mahal untuk ukuran saya misalnya saja Camtasia, Filmora, Sony Vegas, Adobe Primer. Sebagai contoh aplikasi Camtasia Ori harganya mencapai 6,5 juta.

Solusinya menggunakan aplikasi gratisan namun terkadang developernya mencantumkan watermark dihasil videonya sehingga cukup mengganggu. Masalah lainnya seringkali spesifikasi komputer tidak kompatibel dengan apikasi tersebut.

Masalah–masalah tersebut saya alami sendiri, jujur saja saya bermain YouTube dengan modal seadanya terutama dari segi perangkat komputer. Beberapa kali saya coba aplikasi edit video youtube gratisan namun tidak cocok untuk komputer tua saya.

Sampai Akhirnya saya menemukan aplikasi edit video YouTube PC ringan gratisan yaitu VSDC. Setelah saya coba ternyata bisa diinstal di PC saya. Saya cukup terbantu dengan aplikasi ini, meski gratisan namun bagi YouTube pemula seperti saya sudah cukup membantu. Hingga hari ini saya masih bertahan menggunakan aplikasi edit video YouTube VSDC.

BACA JUGA : Tips Aman Mendapatkan Subscriber YouTube 

Aplikasi Edit Video YouTuber

Beberapa fitur VSDC yang bisa anda gunakan untuk mengedit video sehingga lebih menarik dilihat diantaranya :

1.Video effect
Anda bisa menambahkan beberapa efek video seperti syles video, pengaturan video [contast,brightness, RGB], filter, transform [Rotate, zoom, Mirror, Flip…], Transisi, Special FX, Transparency.

2.Audio Effect
Beberapa efek audio yang bisa anda lakukan Amplitude, DELAY, Filters, Time Stretch, Pitch Shift, Special

3.Cutting and Splitting
Dengan fitur ini Anda bisa memotong video dan membuangnya. Saya terkadang menggunakan fitur ini untuk menghilangkan frame yang jelek.

4.Menggabungkan video
Nah ini juga sering saya gunakan misalnya saya menambahkan intro/outro video atau menggabungkan video dimana saat merekamnya tidak sekaligus selesai tapi bertahap.

5.Menambahkan Musik [Back Sound]
Agar video tidak membosankan ditonton perlu ditambahkan backsound dalam video dan ini bisa dilakukan dengan fitur add music. Anda bisa menambahkan musik sesuai keinginan anda tapi bagi pemain YouTube sebaiknya menggunakan musik bebas hak cipta.

6.Menambahkan Gambar
Jika Anda ining menambahkan gambar atau logo bisa menggunakan fitur ini. Anda tinggal menyiapkan gambar kemudian menambahkan kevideo dan mengatur ukurannya menyesuaikan video. Saya menggunakan fitur ini untuk menambahkan watermark video.

7.Menambahkan Teks
Dengan fitur ini anda bisa menambahkan teks pada video anda.
Selain digunakan untuk edit video, VSDC juga berfungsi sebagai Video Stabilization, Video Converter, Video Capture , Screen Capture, Voice recorder, Disc Burner serta YouTube Uploader.

Aplikasi ini sangat cocok bagi YoutTuber pemula karena relatif mudah menggunakannya dan gratis. Aplikasi ini bisa anda gunakan untuk sarana berlatih edit video dan mengenal fitur-fiturnya sehingga jika suatu saat beralih ke Aplikasi edit video YouTube premium anda sudah tidak kaget lagi.

Anda tertarik menggunakan aplikasi ini? Silahkan Download ke situs resminya Disini. Semoga Bermanfaat!          
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar