Skip to main content

Cara Menyimpan Video Hasil Edit VSDC

MEDIAKOMPILASI.COM – Menyambung artikel saya sebelumnya tentang cara menggabungkan video kali ini saya akan membagikan tutorial cara menyimpan video hasil dari edit video dengan aplikasi VSDC.

Langkah ini cukup penting karena nantinya file video hasil editan ini akan diunggah ke YouTube.
Dalam aplikasi VSDC sendiri sebetulnya ada menu untuk menyimpan project namun filenya berupa aplikasi jadi tidak bisa diunggah ke YOUTUBE. Lalu bagaimana caranya agar file yang disimpan nanti bisa di unggah ke Youtube?

Tenang saja VSDC sudah menyedikan fitur Export Project dimana dengan fitur ini sebuah project seperti menggabungkan video, memotong gambar, menambahkan logo dan lain-lain bisa dikonversi menjadi file video [AVI, MPG, MOV, WMV, MKV, SWF, FLV] yang nantinya bisa diunggah ke YouTube maupun dibuka melalui media player.

Proses mengekspor atau menyimpan video hasil edit ini sering juga disebut RENDER. Perlu Anda ketahui proses ini memakan waktu yang relatif lama terutama jika ukuran file videonya besar, misalnya saja saya merender file video hanya berdurasi 5 menit ukuran 500 MB bisa satu jaman.

Inilah yang terkadang membuat malas untuk mengedit video namun karena kebutuhan saya tetap melakukannya hingga hari ini. Cara menyimpan Video hasil edit VSDC sebenarnya cukup mudah tinggal sekali Klik Tunggu hingga selesai beres. Caranya sebagai berikut dan untuk contoh saya gunakan project kemarin yaitu Burung Lovebierd Biru Mangsi Pasput Anakan 2 Bulan.

Cara Menyimpan Video

1.Setelah proses editing selesai contohnya dalam project saya menggabungkan 3 video, Klik EXPORT PROJECT

2.Pilih To AVI

Cara Menyimpan Video

Keterangan :
Output file[s] : Lokasi penyimpanan video hasil editing, default di folder My Video jika ingin mengubah Klik Change.
Profile : Format video dan kualitas video hasil editing, jika ingin mengubah Klik Edit Profiles. Jika ingin sesuai dengan rekomendasi You Tube bisa pilih format H264/AVC Profiles. Kualitas video mulai dari Low,Normal, High, Highest Quality.

Cara Menyimpan Video

3.Klik EXPORT VIDEO lalu Klik CONTONUE

4.Tunggu Proses Hingga 100%

5.Untuk melihat hasilnya silahkan putar video hasil editing, jika sudah oke silahkan Close Project. Anda bisa menyimpannya jika memang masih diperlukan tapi kalau tidak sebaiknya dihapus saja.

Saran saya jika proses editnya banyak elemen yang ditambahkan sehinga kalau mengulangi lagi butuh waktu yang lama sebaiknya sebelum melakukan Export Project simpan dulu dalam format aplikasi. Hal ini untuk jaga-jaga kalau ditengah proses render listrik mati karena jika sebelumya tidak disimpan maka harus mengulang dari awal.

Semoga Bermafaat ! 
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar