Skip to main content

Bagaimana Cara Membedakan Suku Cadang Asli dan Palsu Buatan Yamaha Original?

MEDIAKOMPILASI.COMDi pasaran. onderdil sepeda motor sering terjadi kasus pemalsuan suku cadang termasuk yang meniru suku cadang asli Yamaha. Tidak bisa dipungkiri, terkadang onderdil suku cadang palsu ini begitu handal dalam mengelabui konsumen agar melihatnya sebagai barang asli. Bagi Anda pengguna produk spare part Yamaha, perlu kewaspadaan lebih saat memilih suku cadang untuk sepeda motor kesayangan.
suku cadang asli

Dalam artikel ini, kami akan menerangkan pada Anda beberapa trik untuk membedakan spare part Yamaha yang asli dengan yang palsu. Silahkan simak empat tips di bawah ini.

       Cek Kode Barang pada Kemasan Suku Cadang

Salah satu hal paling awal yang perlu Anda lakukan untuk mengecek keaslian sebuah suku cadang yang Anda beli adalah mengecek keterangan barang pada kemasannya. Pada produk Yamaha original, biasanya pada kemasan tersemat keterangan barang beserta kode part number.

Misalnya Anda membeli kampas kopling untuk motor Yamaha Jupiter MX. Di kemasannya, akan tertulis ‘Plate Friction 2884’. Angka di belakang deskripsi tersebut akan cocok dengan katalog spare part yang dimiliki penjual suku cadang asli. Pada beberapa produk tiruan, biasanya hanya akan menuliskan deskripsinya saja tanpa memberikan kode suku cadang tersebut.

Tiap suku cadang Yamaha memiliki kode produksi tertentu, dan biasanya produk onderdil Yamaha palsu tidak bisa memberikan keterangan kode ini. Ditambah lagi, produk asli biasanya akan menggunakan istilah bahasa inggris dalam keterangan barangnya.

       Cek Letak Penulisan Kalimat ‘Diedarkan Oleh’

Sama halnya seperti poin di atas, tips satu ini juga dapat dibuktikan dengan memperhatikan tulisan yang ada pada kemasan suku cadang yang Anda beli. Jika Anda perhatikan dengan seksama, di kemasan suku cadang Yamaha original terdapat tulisan ‘Diedarkan Oleh’ yang terdapat persis di bawah keterangan suku cadang dan kode barang.

Pada produk Yamaha original, tulisan ini terletak satu baris persis di bawah keterangan suku cadang dan memiliki spasi agak jauh dengan nama perusahaan di bawahnya. Lain halnya dengan produk suku cadang palsu yang meletakkan tulisan ini lebih bawah, persis sebaris di atas nama perusahaannya.

       Cek Gaya Tulisan Jumlah Barang

Untuk penulisan jumlah unit barang, produk spare part Yamaha original biasanya memberikan spasi antara jumlah dan satuan unit barang. Sedangkan produk palsu, biasanya tidak ada spasinya. Misalnya, produk suku cadang Yamaha original akan menuliskan kode unitnya seperti ‘1 PC’, sedangkan produk yang palsu biasanya menuliskannya seperti ‘1pcs’.

Jika Anda memperhatikannya dengan lebih detail, dapat ditemukan perbedaan yang signifikan antara produk asli dan palsu pada font yang digunakan. Produk yang asli biasanya menggunakan cetakan huruf yang tipis, sedangkan produk yang palsu bentuk huruf terlihat tebal dan kurang jelas cetakannya.

       Cek Garis di Bawah Keterangan Perusahaan Pengedar

Langkah selanjutnya adalah memperhatikan detail garis pada nama perusahaan Yamaha yang tertera di kemasan suku cadangnya. Memang, sekilas garis ini terlihat serupa antara produk asli dan produk palsu. Namun jika Anda memperhatikannya dengan seksama, bisa terlihat perbedaaan yang cukup signifikan pada karakter garisnya.

Pada produk spare part Yamaha original, garis yang terlihat lebih tipis. Sedangkan pada produk palsu, biasanya adalah garis cukup tebal yang tidak terputus. Perbedaan juga bisa Anda lihat di produk yang asli. Jika Anda perhatikan kemasan produk asli dengan seksama, bisa dilihat bahwa garis itu sebenarnya bukanlah sekedar garis biasa, melainkan barisan kata “Yamaha” yang kecil dan berderet sehingga menjadi sebuah bentuk garis.


Itulah kira-kira beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk mengecek keaslian produk spare part Yamaha original yang Anda beli. Anda juga dapat melihat informasi lengkap tentang spare part yamaha di link berikut. Selalu gunakan produk yang asli agar Anda mendapatkan kualitas yang maksimal dari sepeda motor Yamaha Anda.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar