Skip to main content

Perpanjangan Domain Mediakompilasi ke-4, Tantangan Semakin Berat

MEDIAKOMPILASI.COM – Tak terasa ternyata blog Mediakompilasi sudah memasuki usia 4 tahun. Hal ini ditandai dengan perpanjangan domain yang saya lakukan kemarin pada 16/5 2019. Saya masih mempercayakan Idwebhost sebagai registar dan merasakan pelayanannya cukup bagus. Selain blog ini ada 2 Blog lain yang terparkir  disana.
Perpanjangan Domain

4 tahun tentunya bukan waktu yang sebentar, tentunya banyak kenangan yang menyertainya. Perjalanan domain ini terbilang cukup unik karena pada awalnya blog ini saya buat agar bisa diterima Adsense. Tak heran jika pertama kali dibuat blog ini menggunakan domain TLD gratisan dari freenom ekstensi dot ga tujuannya biar hemat tak perlu beli domain. Jadi duluURL nya mediakompilasi dot ga.


Nasib baik menaungi blog ini karena meskipun menggunakan domain TLD gratisan ternyata bisa diterima Adsense. Tadinya saya tidak ada rencana mengganti domain dengan ekstensi com namun karena mendapatkan masukan dari teman-teman blogger agar menggunakan domain TLD berbayar,  Sayapun akhirnya memutuskan untuk mengganti domain menjadi mediakompilasi.com.

Pergantian ini ternyata membawa dampak yang bagus, perkembangannya cukup pesat. Trafik hariannya sempat menembus 2000 UV perhari versi Histats. Tahun 1 dan Kedua bisa dibilang masa keemasan blog Mediakompilasi. Earning dari adsense bisa mencapai US $1-2 per hari belum termasuk  penghasilan dari Iklan Mandiri.

Sayangnya ditahun ke-3 performa blog ini semakin menurun seiring dengan update algoritma google dan penurunan ini mencapai puncaknya pada akhir tahun 2018. DiTahun 2019 ini saya menaruh harapan semoga trafik bisa naik lagi namun harapan itu semakin semu beberengan dengan diupdaatenya algoritma google dibulan Maret ini.

Meskipun terasa berat saya memutuskan untuk terus memperpanjang domain mediakompilasi karena biaya perpanjangannya terjangkau Cuma Rp.132.000 pertahun kebetulan hostingnya diblogger jadi gratis. Saya yakin masih banyak cara agar trafik blog meningkat jadi rasa optimis harus tetap dijaga. Sekarang bisa jadi menjadi Masa-masa sulit tapi siapa tahu kedepannya ada perubahan.

Blog Mediakompilasi akan tetap saya anggap aset meskipun kinerjanya menurun, Toh blog ini sudah memberikan keuntunguan yang tidak sedikit buat saya. Asalkan saya konsisten menulis dan memberikan manfaat saya yakin pengunjung akan datang dengan sendirinya. Anggap saja saat ini blog sedang butuh pupuk agar kembali segar dan berbuah.


Tetap Semangat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar