Skip to main content

Sudah Tau Belum? Ternyata Ada 11 Spesialisasi Bidang Akuntansi Loh!

Bidang Akutansi
MEDIAKOMPILASI.COM - Akuntansi merupakan salah satu jurusan yang banyak diminati oleh calon mahasiswa termasuk bagi mereka yang mengincar sistem kuliah blended learning sekalipun, hal ini tidak terlepas dari besarnya peluang dari alumni jurusan ini untuk ditempatkan di berbagai perusahaan maupun organisasi dengan salary yang menjanjikan.

Ada banyak jenis bidang akuntansi yang bisa dipilih, setidaknya ada 11 spesialisasi bidang akuntansi yang harus diketahui oleh calon akuntan:

Akuntansi Manajemen

Akuntansi Manajemen memiliki tujuan untuk dapat memasukkan informasi guna kepentingan pihak manajemen agar bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh sebuah perusahaan, karenanya spesialisasi akuntansi ini tidak terikat dengan praktik prinsip akuntansi dan memiliki orientasi untuk masa yang akan datang (memberikan gambaran mengenai alternatif keputusan yang bisa diterapkan di masa depan).

Sistem Akuntansi

Sistem Akuntansi merupakan bidang akuntansi yang didalamnya terdapat perancangan prosedur, metode, dan teknik pencatatan, selain itu juga digunakan untuk mengolah transaksi ekonomi perusahaan. Fokus spesialisasi akuntansi yang satu ini yakni untuk merancang sistem dan prosedur yang melindungi aset perusahaan, juga menjamin kepercayaan terhadap laporan keuangan dengan biaya yang murah.

Akuntansi keuangan

Mahasiswa yang kuliah jurusan Akuntansi tentunya sudah tidak asing dengan spesialisasi akuntansi keuangan, selalu salah satu spesialisasi akuntan yang seluruhnya berhubungan dengan pencatatan transaksi dan juga penyusunan laporan keuangan yang sudah dilakukan pada proses pencatatan transaksi.

Laporan keuangan yang ada di susun untuk digunakan dalam berbagai kepentingan mulai dari mengetahui laba perusahaan, rugi, neraca, dan berbagai hal lainnya termasuk di dalamnya laporan keuangan yang nantinya akan dipakai oleh manajemen untuk menilai performa perusahaan dan manajer serta sebagai pertanggungjawaban kepada pemegang saham.

Dalam bidang akuntansi, terdapat standar khusus bidang ini yang dinamakan Standar Akuntansi Keuangan (SAK) yang mana merupakan peraturan yang harus dilakukan oleh seorang akuntan.

Akuntansi biaya

Bagi yang mengikuti kuliah blended learning maupun konvensional di bidang akuntansi tentunya sudah tidak asing lagi dengan spesialisasi akuntansi biaya, merupakan bidang spesialisasi yang fokusnya kepada penentuan dan pengendalian biaya yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan (sebagai biaya produksi pada perusahaan manufaktur).

Spesialisasi akuntansi yang satu ini untuk mengumpulkan kemudian menafsirkan semua data biaya untuk perusahaan, tujuannya yakni untuk melakukan pengendalian dan perencanaan biaya agar dapat dikelola dengan lebih baik.

Biaya yang dimaksud bukan terbatas pada keuangan saja namun juga masuk dalam kategori biaya yang berhubungan dengan waktu dan sumber daya yang dibutuhkan, sehingga hasil akhirnya mampu mengendalikan biaya perusahaan se-efisien mungkin.

Akuntansi Perpajakan

Spesialisasi Akuntansi Perpajakan memfokuskan diri kepada penyusunan laporan keuangan yang dasarnya berupa peraturan perpajakan dan perencanaan transaksi dengan pertimbangan pembayaran pajak, spesialisasi bidang akuntansi harus mampu untuk memberikan opsi transaksi perusahaan mana saja yang akan menimbulkan beban pajak terkecil bagi perusahaan tanpa melanggar peraturan pajak yang ditetapkan pemerintah.

Biasanya orang yang ingin ahli di bidang akuntansi perpajakan mengikuti atau mengambil ujian brevet A, B, dan C (kursus perpajakan), untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan dalam bidang perpajakan.

Akuntansi Sosial

Bidang spesialisasi akuntansi yang satu ini juga dikenal sebagai akuntansi sosial dan lingkungan, pelaporan sosial perusahaan, pelaporan non keuangan, pelaporan tanggung jawab sosial perusahaan, atau akuntansi keberlanjutan. Akuntansi Sosial merupakan proses mengkomunikasikan dampak sosial dan lingkungan dari tindakan ekonomi organisasi guna kepentingan kelompok tertentu dalam sebuah masyarakat dan digunakan untuk masyarakat luas, spesialisasi ini umumnya digunakan dalam konteks bisnis.

Mahasiswa yang kuliah jurusan Akuntansi tentunya mengenal dengan spesialisasi akuntansi sosial, merupakan bidang spesialisasi yang paling baru dan terbilang sulit untuk diterapkan secara menyeluruh.

Akuntansi Anggaran

Spesialisasi Akuntansi Anggaran harus dapat memberikan rencana kegiatan keuangan sebuah perusahaan untuk periode tertentu, kegiatan yang dimaksud meliputi pencatatan, pengikhtisaran, dan memberikan data pembanding antara rencana dan realisasi yang akan dilakukan. Jika ada selisih di antara keduanya, maka selisih tersebut harus dianalisa dan dicari penyebabnya kemudian mengambil tindakan untuk melakukan perbaikan.

Bidang spesialisasi akuntansi lainnya seperti Auditing (spesialisasi akuntansi yang memeriksa secara independen atas sebuah laporan keuangan yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan), Tata Buku dan Akuntansi, Akuntansi Sektor Publik, dan Akuntansi Pemerintah (spesialisasi akuntansi yang lebih fokus pada pencatatan dan pelaporan transaksi dari pemerintah dan lembaga sosial, seperti rumah sakit, organisasi politik, dan lainnya).

Bagi anda karyawan yang berminat mengambil salah satu spesialisasi bidang akuntansi di atas, saat ini ada banyak Universitas ternama sekalipun yang menyediakan kuliah blended learning khusus untuk mereka yang sudah disibukkan dengan pekerjaannya (karyawan, ibu rumah tangga, atau lainnya) untuk mendapatkan pendidikan bidang akuntansi yang diincar.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar