Skip to main content

Kenali 4 Jenis Socket Motherboard Prosesor Intel ini Sebelum Merakit

Socket Motherboard Intel

MEDIAKOMPILASI.COM – Saya punya mimpi bisa memiliki PC (Komputer) yang mumpuni untuk saya gunakan mengedit video, desain grafis atau belajar aplikasi Android. Mungkin kalian akan bertanya memangnya tidak kuat beli? Saya akan jawab, “IYA”. Bagi saya harga PC desktop atau Laptop dengan spesifikasi mumpuni harganya relatif mahal kalau tidak salah bisa sampai puluhan juta.

Rasanya kok susah untuk mewujudkan keinginan itu, maklumlah saya hanya seorang pengangguran, mantan karyawan yang kena PHK. Meski saya sekarang kerja serabutan baik usaha didunia nyata maupun maya tapi hasilnya pas-pasan.

Namun Apakah saya harus menyerah begitu saja?

Oh Tidak!

Apapun akan saya lakukan asalkan keinginan untuk belajar editing video, grafis serta aplikasi Android saya bisa terwujud meski dengan PC yang spesifikasinya minimum. Salah satu caranya adalah dengan merakit PC sendiri.

Merakit komputer sendiri banyak kelebihannya salah satunya adalah bisa menyesuaikan dengan budget yang saya punya. Kalau saya hanya punya uang 2 jutaan otomatis Saya harus menyesuaikan komponen yang akan Saya beli.

Dari video YouTube Saya jadi tahu banyak ternyata dengan modal 2- 3 jutaan saja saya bisa mendapatkan PC dengan spesifikasi yang tidak ketinggalan Jaman meski tidak menggunakan prosesor generasi terbaru. Namun dengan spesifikasi tersebut masih sanggup utuk memainkan editing video, grafis atau game sekalipun. Tapi Ingat Harus MERAKIT SENDIRI !!! 👍

Baca Juga : Ketika Merakit Komputer Semakin Mudah

Jujur saja dari video-video tersebut menginspirasi saya untuk merakit PC sendiri dan sayapun punya rencana untuk mengupgrade PC saya. Maklum spesifikasi sudah terlalu jadul sehigga saya tidak bisa menggunakan Sistem operasi Windowa 10. SAYA PASTI BISA! 👈

Ada sebuah ganjalan dibenak saya yaitu soket motherboard itu banyak macamnya. Nah gawatnya lagi antara prosesor dan soket motherboardnya harus saling mendukung. Jika prosesornya tidak didukung oleh sebuah mothterboard itu sama artinya tidak akan jalan jika nantinya dirakit.

Dari informasi yang saya dapatkan dari internet setidaknya ada 4 jenis soket Motherboard yang perlu saya ketahui sebelum merakit komputer sehingga tidak salah pilih. Berikut ini rangkumannya yang berhasil saya himpun dari berbagai sumber.

1.Socket LGA 775

Soket LGA (Land Grid Array) 775 ini sebenarnya penyempurnaan dari socket sebelumnya yaitu socket 478. Socket ini lebih dikhususkan untuk komputer. Ciri khas dari socket ini adalah tidak memiliki lubang tapi hanya berupa Pin yang berfungsi sebagai titik kontak dengan prosesor.

Socket ini pernah Berjaya pada masanya namun kini sudah mulai tersingkir oleh socket generasi terbaru. Namun jangan salah socket ini masih banyak dijumpai dilapak online meskipun kondisinya bekas. Socket LGA 775 bisa menjadi pilihan bagi kalian yang ingin merakit PC dengan modal yang murah.

Meskipun jadul namun socket LGA 775 masih mendukung prosesor Core 2  yang performanya masih bisa diandalkan contohnya prosesor Intel Core 2 Quad Q9700 dengan 4 core dan frekuensi 3.17 Ghz.

Prosesor Intel Core 2 ini mendukung sistem operasi windows 64 bit bahkan masih sanggup menjalankan sistem operasi Windows 10 karena soket LGA 775 mampu mendukung memori hingga 8 GB.

Jika PC kalian saat ini masih menggunakan prosesor Pentium 4 kebawah dan ingin mengupgrade keprosesor yang lebih tinggi tapi dengan modal yang murah, socket LGA 775 bisa menjadi pilihan. Dipasaran socket ini dijual mulai dari Rp.260.000 (Bekas) ada merk Asus, Gigabyte, Ashrock, MSI, Intel, ECS dan lain-lain.

Prosesornya sendiri harganya masih terjangkau tapi kondisinya bekas contoh prosesor intel CORE 2 Q8400 harganya mulai Rp.135.000 belum termasuk fan.

2.Socket LGA 1156

Generasi penerus socket LGA 775 adalah socket LGA 1156 atau biasa disebut socket H/H1. Socket ini memang didesain utnuk memperbaiki socket sebelumnya salah satu penyempurnaannya adalah mengintegrasikan semua sistem pada prosesor tidak seperti LGA 775 dimana prosesor terhubung ke Northbridge memanfaatkan front Side Bus.

Prosesor yang mendukung socket ini adalah prosesor dengan kode Lynfield (i5,i7,Xeon) dan Clarkdale 9 Celeron (i3/i5).

Harga Motherbaord socket LGA 1156 baru dikisaran Rp.600.000 tergantung merk contoh Motherboard merk Suntech, Buldozer, Redwood H55 DDR 3 ditokopedia dijual Rp.620.000.

3.Socket LGA 1155

Socket ini disebut juga H2 dimana mendukung prosesor Intel Core generasi 2 dan 3 (Sandy bridge/Ivy Bridge). Socket ini memilki 1155 Pin sebagai titik kontak sentuh dengan prosesor. Pin tadi dikelola dengan sistem Array 40x40.

Jika sebelumnya kalian menggunakan socket/prosesor 1156 tidak bisa digunkaan pada soket 1155 karena jumlah Pinnya berbeda. Jadi jangan salah pilih ya!👌

Satu hal lagi yang perlu kalian ketahui meskipun prosesor Intel generasi 2 dan 3 bisa menggunkan socket yang sama namun ada perbedaan pada memorinya. Proseosr Intel Sandy Bridge mendukung memori DDR3 1333 sedangkan Ivy Bridge mendukung DDR3 1600.

4.Socket LGA 1150

Socket Motherboard yang terakhir yang akan saya bahas adalah LGA 1150 atau biasa disebut H3. Socket ini mendukung prosesor Intel core generasi 4 dan 5 (Hasswell/Broadwell). Sesuai dengan namanya socket motherboard ini memiliki 1150 Pin yang nantinya menghubungkan semua konektor pada prosesor keMotherboard.

Salah satu keunggulan dari socket LGA 1150 ini adalah sudah mendukung semua jenis output video termasuk HDMI atau DVI hanya saja karena teknologinya masih hangat, harganya juga masih tergolong mahal sebagai contoh Motherboard Ashrock H81M-VG4 harganya Rp.975.000 (Baru).

Jika kalian lebih memilih membeli komputer rakitan yang menggunakan socket LGA 1150 harganya cukup mahal sekitar 7 jutaan. Itu harga rakitan apalagi harga PC Bulit Up tentunya lebih mahal lagi.

Sebenarnya masih ada jenis socket motherboard lainnya seperti LGA 2011 yang lebih mutakhir namun karena harganya masih cukup mahal rasanya kurang cocok untuk kalian yang belum ahli dalam merakit komputer atau masih pemula karena modalnya cukup besar untuk merakit PC generasi terkini. 

Keputusan semuanya tentu ada ditangan kalian apakah akan merakit PC dengan spesifikasi High, medium atau Low Budget. Jika memang Budgetnya tersedia silahkan merakti komputer dengan socket Motehrboard Intel terbaru tapi jika dananya mentok seperti saya mungkin akan lebih memilih spesifikasi PC low budget yang penting tidak ketinggalan jauh teknologinya.

Demikianlah informasi Kenali 4 Jenis Socket Motherboard Prosesor Intel ini sebelum merakit, Jika ingin menambahkan silahkan dikomentar! Semoga bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar