Skip to main content

Pengalaman Mengatasi Komputer Hang Tidak Bisa Bergerak

Komputer Hang

MEDIAKOMPILASI.COM – Punya sebuah peralatan harus tahu seluk beluknya, Benar atau tidak? Dengan memahami seluk beluknya maka jika ada masalah bisa segera diatasi sendiri sebelum memakai jasa orang untuk perbaikan. Begitu pula jika Anda memiliki Komputer mau tak mau Anda harus paham hardware maupun sofwarenya. Jika tidak siap-siap deh anda keluar uang hanya untuk kerusakan ringan yang sebenarnya bisa diatasi sendiri.

Salah satu masalah pada komputer yang bisa membuat jengkel adalah ketika komputer Hang tidak bergerak baik keyboard maupun mousenya. Meski komputer tetap hidup tapi sejatinya mati karena tidak bisa digunakan.

Banyak penyebabnya dan setiap komputer yang hang tidak selalu sama cara mengatasinya. Jadi bisa saja Anda sudah mengatasinya sesuai dengan tutorial yang beredar diinternet tapi masalah belum juga teratasi.

Seperti yang saya alam baru-baru ini, komputer saya tiba-tiba jadi sering Hang tidak bisa bergerak. Kadang awalnya normal tapi beberapa menit kemudian hang. Sayapun mencoba mencari solusi kegoogle dan penyebabnya bisa karena over heating (CPU kepanasan), Masalah pada Hardisk (HDD), Kena Virus.

Sayapun mencoba bertanya ke Grup Teknisi Komputer dan sebagian besar menyarankan untuk ganti HDD.

Baca Juga : Pengertian SSD Plus Kelebihan dan Kekurangannya

Berikut Langkah-langkah yang saya lakukan :

1.Memberi Pasta Prosesor

Dugaan saya kemungkinan karena prosesor over heating walapun saya agak ragu juga karena jika over heating biasanya komputer akan mati sendiri tapi tak ada salahnya untuk dicoba, Itung-itung menambah pengalaman.

Untungnya saya punya stok pasta prosesor yang berguna untuk mendinginkan prosesor. Agak ribet memang karena saya harus melepas Kipas prosesor dulu tapi karena ingin cepat normal tetap saya lakukan.

Setelah memberi pasta prosesor saya coba kembali dan hasilnya diluar dugaan, Komputer tetap saja Hang bahkan parahnya lagi kipas prosesor jadi Mati.

2.Ganti Kipas Prosesor

Karena kipas prosesor mati tak ada jalan lain selain membeli kipas pengganti. Sialnya ditempat saya tidak ada toko komponen komputer jadi terpaksa saya beli secara online dimarketplace. Mau tak mau saya harus sabar menunggu 2 hari sampai pesanan saya datang.

Setelah kipas prosesor datang langsung saya coba sambil berharap komputer bisa kembali normal. Dugaan saya meleset ternyata setelah ganti kipas prosesor tetap saja Hang bahkan hal ini terjadi beberapa menit setelah dihidupkan. Wah Puyeng deh!  Apa lagi penyebabnya!

Sayapun berpikir keras untuk menemukan akar permasalahannya Tiba-tiba saya teringat beberapa hari sebelum komputer Hang ada bunyi “ting”dari CPU. Saya berpikir itu hanya suara kipas yang mengenai bagian pendingin.

Sayapun bertanya-tanya kalau benar suara kipas harusnya setelah ganti kipas yang baru masalahnya teratasi karena jika kerusakannya gara-gara kipas yang kendor dengan ganti baru harusnya normal kembali.

Sayapun langsung menebak kerusakan ada bagian PSU (Power Supply Unit), walaupun sebenarnya PSU komputer yang saya pakai baru ganti 2 bulan yang lalu. Tapi karena saya menggunakan PSU murah bisa saja rusak.

PSU komputerpun saya lepas dari Casing komputer (Tentu Power Off Ya) kemudian PSU nya saya lepas. Casing PSU saya buka dan Ketemulah penyakitnya. Ternyata ada sebuah komponen dari PSU yang meledak namanya Kondensator elektrolit atau ELCO.

3.PSU Diperbaiki

Jika kerusakan pada PSU kemudian Anda bawa ketukang reparasi komputer biasanya disuruh ganti PSUnya atau ganti baru.

Tapi karena saya paham elektronika maka saya tidak buru-buru membeli PSU baru. Saya coba mengganti komponen yang rusak tersebut.

Untungnya Saya masih Menyimpan PSU komputer yang lama yang sudah rusak dan setelah saya cari komponenya ternyata ada Elco yang ukurannya sama yaitu 1000 Mikro farad jadi bisa saya gunakan walaupun work voltagenya berbeda tapi karena lebih tinggi jadi nggak masalah.

Saya lepas Elco tersebut kemudaian saya pasang ke PSU yang elconya meletus. PSU pun saya pasang kembali ke CPU komputer kemudian saya coba.

Alhamdulillah komputer bisa bekerja dengan baik dan saya coba beberapa jam saya nyalakan apakah masih normal atau tidak, ternyata masih normal. Saya anggap ,masalahnya selesai.

Keesokan harinya ketika saya akan Upload video ke Youtube komputer kembali Hang. Wah apalagi nih masalahnya!

Sayapun melakukan Hard reset yaitu mematikan dan menghidupkan kembali melalui tombol power. Setelah saya hidupkan kembali ternyata saya bisa uplad video seperti biasanya.

4.Membersihkan Virus

Karena saya menganggap masalah belum selesai karena masih hang walaupun tidak separah sebelumnya, sayapun mencoba men-scan komputer dengan antivirus, saya pakai yang gratisan yaitu SMADAV.

Beberapa saat kemudian SMADAV memberikan hasil Scannya dan ternyata ada 4 Virus yang terdeteksi. Sayapun mengingat-ingat apakah saya pernah mendownload file dari Internet? Oh Iya saya pernah mendownload beberapa aplikasi dan file musik effect. Mungkin dari sanalah virus itu datang.

Setelah membersihkan virus tesebut dengan SMADAV saya mencoba menjalankan komputer seperti biasanya. Alhamdulillah Komputer tidak Hang lagi. Saya coba On dari 6 pagi hingga jam 10 pagi tapi tidak hang lagi. Semoga saja tidak terjadi lagi karena cukup mengganggu pekerjaan saya sebagai Influencer, Blogger dan YouTuber.

Demikianlah inforemasi seputar pengalaman mengatasi komputer Hang tidak bisa bergerak Semoga Bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar