Skip to main content

Instal Windows 10 Di PC Core 2 Duo

Instal Windows 10

MEDIAKOMPILASI.COM – Microsoft belum lama ini mengakhiri dukungannya untuk OS Windows 7 terhitung sejak 14 Januari 2020. Meskipun masih bisa digunakan namun PC akan lebih rentan terhadap resiko keamanan dan tidak ada lagi dukungan teknis untuk masalah apapun. Microsoft menyarankan untuk mengupgrade OS nya ke Windows 10.

Bagi saya yang Spesifikasi PCnya pas-pasan jadinya serba salah soalnya dulu saat menginstal Windows 7 saja Komputer saya “megap-megap” sehingga prosesnya lama sekali bahkan sempat eror. Saya tidak membayangkan apa jadinya jika komputer saya diinstal Windows 10?

Untuk sementara saya melupakan dulu upgrade ke Windows 10, toh nyatanya saya bisa tetap menggunakan komputer saya untuk Mengelola blog dan mengelola channel YouTube. Namun begitu saya tetap berkeinginan untuk bisa menggunakan Windows 10 namun saya akan telebih dahulu mengupgrade komputer saya terutama dari sisi RAM dan grafisnya.

Ada sebuah kabar yang menarik dari seorang teman blogger yang kebetulan baru saja menginstal Windows 7 ke Windows 10 tapi dengan spesifikasi komputer yang jadul seperti saya namun dari sisi prosesor lebih bagus milik teman saya dan tipe motherboardnya juga beda.

Nyatanya ternyata bisa diinstal dengan baik meskipun Windows yang dipakai yang versi Windows 10 Pro 64 Bit Build 1511 atau rilis 2015, bahkan sudah sebulan masih lancar jaya alias lanjay. Meskipun demikian teman saya itu perlu mengupgrde beberapa hardware dan software seperti Prosesor, RAM dan Driver. Komputer teman saya ini awalnya menggunakan prosesor Dual Core, RAM 2 GB Motherboard Chipset G31 Merk ECS PCCHIP P43G.

Lalu diupgrade prosesornya dengan Core 2 Duo E8400 3.0 Ghz, RAM diganti 4GB ddr2. Jika dihitung-hitung biaya untuk mengupgrde komputer Cuma Rp.200.000. Jika ditambah install Windowsnya mungkin nambah sekitar Rp.100 ribuan.

Baca Juga : Apakah Windows 7 Masih Bisa Digunakan?

Nah...mengetahui hal ini saya jadi tertarik untuk mengupgrade PC saya agar bisa menikmati teknologi yang lebih update yaitu Windows 10.

Untuk merealisasikan rencana tersebut saya perlu mempersiapkan hardwarenya diantaranya :

1.Prosesor

Saya akan mengganti prosesor yang tadinya Pentium 4 menjadi Core 2 Duo E8400 3.0 Ghz. Harganya murah diTokopedia dijual Rp.49.000 per keping. Harga ini belum termasuk kipas prosesornya. Saya masih bisa menggunakan kipas prosesor yang lama atau beli baru juga murah sektiar Rp.50.000 yang model ulir.

2.Motherboard

Motherboard yang lama hanya suport untuk pentium D jadi mau tak mau saya juga harus ganti yang suport untuk Prosesor Intel Core 2 Duo. Ada 2 pilihan yaitu menggunakan motherbaord chipset G31 atau G41. Jika ingin menggunakan moteherboard yang teknologinya lebih baik, chipset G41 bisa saya pilih karena sudah suport untuk RAM DDR 3 bahkan bisa ekspansi sampai 8 GB.

Namun masalahnya kedua chipset tersebut prosesor yang didukung hanya mentok sampai Core 2 Quad jadi tidak begitu terasa kelebihannya. Jadi menimbang tujuannya yaitu yang penting saya bisa instal Windows 10 tentu akan lebih hemat jika saya memilih Chipset G31, Maklumkah namanya juga aliran pengguna komputer Kere Hore. Harga Moteherboard Chipset G31 merak Asus sekitar Rp.170.000 sedangkan Chipset G41 harganya Rp.280.000.

3.RAM

Saya juga harus mengganti RAM karena Motherboard G31 hanya mendukung RAM DDR 2 sedangkan RAM lama saya masih DDR 1. Paling tidak saya harus menguparade RAM menjadi 4 GB. Jika saya memilih RAM DDR 2 maka saya hanya perlu merogoh kocek 2x Rp.75.000 = Rp.150.000.

Namun jika saya memilih RAM DDR 3 setidaknya saya harus merogoh kocek Rp.200.000 untuk membeli sekeping RAM DDR 3 kapasitas 4 GB.

4.VGA Card

Tanpa VGA Card sebenarnya komputer sudah bisa bekerja terbukti komputer saya saat ini menggunakan Motherbaord VGA onboard. Namun karena grafis Windows 10 lebih bagus otomatis harus didukung dengan vga card yang memadai.

Mengikuti rekomendasi dari teman saya mungkin saya akan memilih VGA Card NVIDIA Geforce 210 512 MB 64 bit DDR 3. Namun setelah saya coba cari cari diTokopedia adanya yang kapasitas 1 GB harganya Rp.280.000.

Jika ditotal untuk pembelian 4 hardware diatas saya harus merogoh kocek minimal Rp.650.000 ini belum temasuk biaya install Windows 10 atau hal-hal tak terduga lainnya misalnya PSU tidak kuat atau Hardisknya tidak bisa diinstall Windows 10.

Saya tidak menyarankan untuk mengikuti langkah saya ini karena jika memang punya modal lebih, saya sarankan membeli PC dengan spesifikasi terbaru. Saya akan melakukan ini karena saya memang suka rakit merakit komputer jadi saya bisa belajar tapi dengan modal yang kecil.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar