Skip to main content

6 Pertimbangan Sebelum Membeli ID Card Printer

printer

MEDIAKOMPILASI.COM - Memilih ID card printer tentu harus melalui beberapa pertimbangan yang bijak agar barang yang dibeli sesuai dengan kebutuhan dan berkualitas. Karena printer yang digunakan untuk mencetak ID card akan dipakai untuk mencetak gambar, teks, foto di media kartu PVC. Untuk memudahkan, Anda bisa mengikuti beberapa pertimbangan berikut :

6 Pertimbangan Sebelum Membeli ID Card Printer :

1. Jumlah Sisi
Single side adalah jenis printer yang paling banyak digunakan karena hanya menggunakan satu sisi. ID card yang digunakan sebagai tanda pengenal hanya menggunakan satu sisi. Jika dua sisi yang dibutuhkan maka jenis printer yang dibutuhkan adalah dual side. Pada jenis ini, yang akan dicetak adalah satu sisi terlebih dahulu kemudian sisi lainnya juga akan dicetak. Tentu harga printer jenis dual side akan lebih mahal daripada jenis printer single side. Agar pengeluaran untuk printer bisa diminimalisir, ada beberapa cara yang bisa dilakukan :

- Menggunakan jenis preprinted agar ribbon lebih hemat dan frekuensi cetak lebih kecil
- Mengusahakan agar semua data berada di satu sisi meskipun menggunakan cetak warna atau monochrome

2. Full Color Atau Monochrome
Printer yang digunakan untuk mencetak ID card pasti berjenis cetak warna (full color) atau satu warna (monocrhome). Dua jenis printer tersebut mempunyai beberapa macam ribbon. Pada jenis satu warna, terdapat ribbon warna kuning, perak, merah, hitam, dsb. Sedangkan pada jenis cetak warna, ribbon yang tersedia yaitu YMCKO, YMCKOK, YMCKH, YMCKK, dsb.

3. ID Card yang Lebih Cerdas
Beberapa perusahaan atau instansi membutuhkan ID card yang lebih ‘cerdas’, maksudnya adalah ID card tersebut tidak hanya mencantumkan data – data teks. Apabila fungsi lain yang dibutuhkan dari suatu perusahaan adalah untuk alat absensi maka magnetic card atau smart card yang harus dipilih. Dengan begitu, ID card printer yang dibutuhkan harus mendukung produksi kartu tersebut seperti Magnetic Encoder. Magnetic Encoder ini bisa digunakan sebagai encoding dengan piranti internal dan eksternal.

4. Tingkat Keamanan
Apabila ada oknum yang tidak bertanggung jawab dalam menggandakan ID card atau membuat ID card palsu, maka ini merupakan salah satu aspek keamanan yang harus diperhatikan. Penggunaan Hologram atau Fluorescense adalah salah satu cara yang bisa dilakukan agar ID card tidak bisa ditiru atau dipalsu sehingga produksi kartu memiliki keamanan tinggi.

5. Jumlah Produksi Setiap Tahun
Kebutuhan produksi ID card setiap perusahaan atau lembaga tentu berbeda. Sehingga pemilihan printer juga harus menyesuaikan dengan kebutuhan produksi.

6. Jangka Waktu Penggunaan ID Card
Secara umum, ID card yang dicetak dengan kartu PVC akan bertahan sekitar 1 sampai 2 tahun. Untuk penggunaan yang lebih awet bisa memilih ID card printer yang berkualitas yang dilengkapi dengan overlay atau laminasi. Overlay merupakan panel tambahan di ribbon yang dikeluarkan di bagian atas kartu. Overlay bisa melindungi hasil cetak dan mempertahankan hasil cetak. Laminasi juga bisa dilakukan dengan penggunaan lapisan vinyl di kedua sisi kartu melalui panas dan tekanan.

Kartu plastik yang digunakan sebagai ID card sangat beragam mulai dari kartu transportasi, kartu pengenal, kartu anggota, kartu pelajar, dan masih banyak lagi. Bagi Anda yang membutuhkan ID card printer, kini tidak perlu bingung lagi karena PT. Smart Identification Solutions menyediakan Evolis sebagai ID card printer terbaik. Evolis diproduksi di Perancis dan kini menjadi pemimpin pasar.

Beragam pilihan bahan konsumsi (pita), kartu PVC dan aksesoris untuk printer kartu disediakan oleh Evolis. Anda tidak perlu ragu lagi dengan pelayanan PT. Smart Identification Solutions karena telah berpengalaman dalam menangani produk mesin cetak kartu dan Evolis di Indonesia hanya diproduksi oleh perusahaan ini.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar