Skip to main content

Cara Merawat Universal Joint agar Tetap Sehat

universal joint

MEDIAKOMPILASI.COM - Universal joint adalah salah satu part dalam kendaraan yang terdapat pada gardan. Letaknya pada sambungan anatara gardan perseneling dengan gardan yang menghubungkan ke roda. Fungsi utamanya adalah sebagai penghubung yang digunakan untuk batang gardan meskipun begitu, pada proses penggunaannya universal joint berfungsi bukan untuk gardan saja melainkan pada semua sambungan yang melibatkan gerakan berputar.

Jika universal joint rusak maka akan menjadi masalah serius bagi gardan dan akibat terparah adalah gardan putus maka kendaraan tidak bisa digerakkan.
Sebenarnya harga universal joint tidak begitu mahal namun jika universal joint tidak terawat dan gardan putus maka untuk memperbaikinya akan menjadi lebih rumit. Karena itu lebih baik merawatnya daripada membiarkannya rusak yang beakibat lebih parah nantinya.

Bagi yang ingin tahu bagaimana cara-cara yang bisa dilakukan untuk merawat universal joint, Anda dapat menerapkan beberapa tips berikut ini agar universal joint Anda tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

1.Pastikan agar universal joint tidak kering
Seperti halnya spare part lainnya secara umum, kekeringan pada universal joint akan mengakibatkan resiko lecet akibat gesekan. Oleh karena itu pastikan agar ia tidak kering. Maksud dari kering tersebut bukan berarti kekurangan air, melainkan kekurangan minyak pelumas. Jika Anda mendapati universal joint pada kendaraan Anda mulai mengering maka sebaiknya Anda tidak mengoperasikan kendaraan Anda sebelum Anda memberikan minyak pelumas pada universal joint tersebut.

Meskipun harga universal joint tidak mahal namun proses penggantiannya adalah hal yang cukup rumit dan memakan biaya. Oleh karena itu lebih baik untuk memberikan perawatan secara teratur daripada membiarkannya kering. Dengan mengganti oli secara teratur tentu akan lebih mudah dilakukan dan tidak mengeluarkan biaya yang mahal

2.Berikan minyak pelumas secara teratur
Sejalan dengan poin sebelumnya, penyebab universal joint kering adalah kekurangan minyak pelumas. Dalam penggunaannya, minyak yang melumasi universal joint sedikit demi sedikit akan berkurang dan lama kelamaan akan mengering. Oleh karena itu, pemberian minyak pelumas harus rutin dilakukan untuk menjaga agar universal joint tidak mudah rusak.
Saat memberikan minyak pelumas, pastikan universal joint dan gardannya terlumasi dengan menyeluruh.

3.Lakukan pengecekan berkala
Rutin memeriksakan kondisi kendaraan Anda adalah hal yang perlu Anda lakukan. Sebagaimana tubuh manusia, jika rutin dikontrol kesehatannya maka masalah yang mungkin terjadi dapat diantisipasi lebih dini. Begitupun halnya kendaraan Anda. Pastikan komponen-komponen kendaraan Anda termasuk universal joint pada kendaraan Anda selalu dalam kondisi sehat.

Dengan melakukan pengecekan dan service rutin akan membantu Anda menjaga universal joint agar tidak mudah rusak dan tetap berfungsi dengan baik.

Saat melakukan pengecekan kendaraan, montir seharusnya tidak hanya mengecek bagian mesin saja melainkan seluruh bagian termasuk kaki-kaki, suspensi bahkan propeler shaft atau part yang lebih kecil lagi seperti universal joint.

Meskipun bukan menjadi pengecekan utama, namun alangkah lebih baik jika pengecekan hingga komponen terkecil dilakukan dengan rutin untuk menjaga performa kendaraan Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan dalam merawat universal joint agar tetap sehat, awet dan berfungsi dengan baik. Satu hal yang juga harus Anda pastikan adalah memilih kualitas universal joint. Pastikan yang Anda pilih adalah universal joint dengan kualitas unggul agar pemakaiannya nantinya tidak rewel dan tidak membuat Anda kerepotan karena mudah rusak dan harus sering diganti. Untuk memperoleh universal joint yang berkualitas, maka percayakan selalu pada logam-makmur.com yang menyediakan berbagai jenis spare part yang sudah terjamin kualitasnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar