Skip to main content

Bisnis Modal Kecil Keripik Minim Resiko

keripik singkong

MEDIAKOMPILASI.COM – Saya punya pengalaman jualan keripik kaki lima dipasar baru Bekasi. Bisnis modal kecil keripik ini sebenarnya cukup menguntungkan hanya saja karena ada faktor tertentu saya memutuskan untuk berhenti jadi bukan karena rugi. Keripik yang saya jual diantaranya keripik singkong, Keripik ubi ungu dan keripik pisang. Keripik singkong sendiri ada dua yaitu rasa gurih dan balado.

Saya belajar mengolah keripik dari paman saya yang juga jualan keripik. Sengaja saya menulis artikel ini siapa tahu bermanfaat bagi mereka yang ingin terjun kebisnis modal kecil keripik ini dari pada hanya saya simpan.

Kelebihan dari bisnis modal kecil keripik ini salah satunya barangnya tidak mudah basi karena keripik itu bisa awet asalkan tidak kena angin jadi tidak ada istilah sisa jualan terus dibuang seperti usaha makanan lainnya.

Kekurangannya menurut saya usaha keripik ini butuh tenaga ekstra khususnya saat menggoreng karena menggunakan kompor dan penggorengan yang besar dan bahan bakunya juga tidak boleh sembarangan tetapi harus yang masih fresh.

Baca juga : Rahasia Sukses Bisnis Rumah Kontrakan

Oke berikut poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan jika ingin menekuni bisnis modal kecil keripik selengkapnya:

1.Peralatan yang dibutuhkan

Untuk proses produksi perlatan yang dibutuhkan diantaranya serutan untuk memotong bahan baku seperti singkong, ubi atau pisang. Alat serutan bisa dibuat sendiri menggunakan pisau yang dimodifikasi seperti serutan es jaman dulu.

Kemudian peralatan utuk menggoreng seperti kompor, wajan, serta serokan. Kompornya menggunakan kompor khusus namanya kompor mawar dimana nyala apinya cukup besar tidak seperti kompor gas biasa meskipun bahan bakarnya sama pakai gas. Peralatan pendukung lainnya adalah ember untuk menampung hasil serutam singkong, ubi atau pisang.

Untuk pemasaran menggunakan gerobak yang ukurannya agak besar dengan panjang 1,5 sampai 2 meter jadi keripiak akan terlihat jelas jika dipajang.

Namun jika pemasarannya secara online tidak perlu menggunakan gerobak tapi Anda perlu alat untuk pengemasan seperti alat pres plastik.

2.Tips Memilih Bahan

Singkong yang bagus untuk dijadikan keripik adalah singkong yang belum lama dicabut dari pohonnya hal ini bisa terlihat jika kulitnya sudah dikupas kalau yang sudah lama biasanya agar memutih ujungnya. Singkong yang baru dicbaut juga terlihat dari tanah yang menempel tidak kering.

Salah satu ciri singkong yang bagus untuk keripik singkong adalah yang kulitnya bersisik dan jika dikupas mudah. Ada beberapa jenis singkong yang kalau digoreng tidak garing atau renyah sehigga kalau dimakan alot.

Untuk mendapatkan singkong yang seperti ini butuh perjuangan karena saya harus menunggu truk yang baru datang dari Bogor yang membawa singkong dipasar. Saya dulu harus berebutan dengan penjual keripik lain untuk memilih singkong yang ukurannya ideal.

Untuk pisang bisa menggunakan pisang raja yang masih mangkel atau pisang uli. Jika ingin mendapatkan harga yang murah jangan beli yang masih tandanan tapi belilah yang sudah lepas yang biasanya terjadi saat proses bongkar pisang kepasar.

Untuk keripik ubi yang digunakan adalah keripik ubi ungu dan agak susah tidak seperti ubi-ubi lainnya. Pemiliha ubi juga sebisa mungkin yang masih segar atau belum lama dicabut.

3.Cara pengolahan

Singkong dikupas kemudian dicuci baru kemudian diserut. Setelah itu langsung digoreng dengan minyak yang banyak. Keripik yang renyah ditandai dengan munculnya gelembung pada keripik.

Setelah matang nantinya dijual dengan rasa gurih dan pedas. Jika singkong rasa gurih cukup ditaburkan gula halus yang sudah dicampur garam halus. Sedangkan untuk keripik balado perlu dimasak lagi dengan cara mneggoreng cabe halus lalau keripik yang masih tawar dimasukkan lalu diaduk-aduk hingga tercampur rata. Angkat ademkan baru dikemas.

Pisang diserut tapi embernya dikasih air biar tidak nempel dan tidak cepat hitam dan biar warnanya cantik ditambahkan pewarna makanan warna kuning. Jika ingin keripik pisangnya manis air rendamannya dikasih gula juga. Proses penggorengannya sama dengan keripik singkong hanya keripik pisang lebih cepat matang.

Ubi ungu dibersihkan dulu kotorannya baru diserut, tak perlu dikupas kulitnya. Kemudian untuk menambah rasa manis dicipratkan air gula baru kemudian digoreng.

Bagaimana Anda tertarik setelah membaca artikel Bisnis Modal Kecil Keripik minim resiko diatas? Selamat Mencoba!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar