Skip to main content

Kenali Perbedaan Wax, Sealant, dan Coating dalam Melindungi Cat Mobil Anda

Scuto

MEDIKOMMPILASI.COM - Punya mobil tapi warnanya kusam tentunya tidak enak dipandang bukan? Apalagi jika mobil tersebut menjadi bagian dari gaya hidup, apa kata orang yang melihatnya. Mungkin dalam pikiran mereka, "Ini orang punya mobil tapi nggak mau merawat". Jadi punya mobil bukan sekedar memilki tapi mampu merawatnya sehingga meski sudah lama dibeli tapi tetap kinclong.

Memiliki mobil yang selalu terawat warnanya masih seperti baru beli tentunya mendatangkan keuntungan baik saat digunakan atau mau dijual kembali. Mobil yang kondisinya masih mulus tentunya harga jualnya juga tetap tinggi.

Merawat mobil bukanlah sekedar mencuci mobil secara rutin atau mengecek kondisi mesin namun bodi mobil terutama catnya patut mendapatkan perhatian. Jika masalahnya ada pada perawatan cat mungkin hal itu tidak bisa dilakukan sendiri Anda perlu menggunakan jasa perawatan mobil. Namun perlu Anda ketahui ada beberapa jenis perawatan mobil diantaranya:


1.Wax

Wax merupakan cara perawatan mobil dengan memberi lapisan wax di atas lapisan clear coat cat mobil. Dalamhal wax, jenis yang paling umum digunakan adalah carnauba wax yang berasal dari pohon palem carnauba di Brasil. Bees wax dan paraffin wax juga digunakan pada perawatan otomotif lilin. Bahan-bahan ini dapat membantu mobil Anda berkilau setelah dipoles dengan wax.

Ketika wax dikendaraan anda sudah hilang maka kendaraan anda harus diwax kembali agar dapat terus terlindungi.Bila tidak, jamur atau water spot akan mudah hinggap dipermukaan cat mobil Anda.

Wax yang banyak beredar dimasyarakat umumnya menggunakan bahan alami seperti carnauba, montan, dan paraffin.

2.Sealant

Kombinasi dari bahan anorganik dan organik, sealant cat memberikan daya tahan dan kilau bagi mobil Anda. Sealant yang berbasis polimer memberikan perlindungan untuk cat mobil yang tidak bisa dilakukan oleh bahan wax.

Sealant mencegah cat memudar dari paparan UV, dan bersifat hidrofobik (dapat dilarutkan dalam air), serta dapat mencegah pemudaran warna. Sama juga dengan cara kerja wax. Perbedaannya adalah Anda harus terus memolesnya setiap minggu jika ingin wax tersebut tetap bekerja sebagai pelindung cat mobilAnda.

Perlindungan dengan sealant dapat bertahan antara 6 bulan hingga 1 tahun tergantung pada produk yang digunakan,Tentunya sealant lebih dapat bertahan lama di bandingkan dengan wax.

3.Nano Ceramic Coating

Nano Ceramic Coating merupakan cara untuk memberikan perlindungan ekstra pada cat mobilAnda. Dalam proses ini, cat mobil diberi lapisan pelindung bening yang dibuat dengan teknologi nano ceramic. Lapisan nano Ceramic ini mampu menyusup hingga kepori¬-pori clear coat cat mobil dan memberikan lapisan perlindungan yang kuat.

"Nano Ceramic Coating itu seperti memberi lapisan anti-gores dilayar smartphone/Laminating pada kertas.Jadi tidak sedikit yang menyebutnya dengan sebutan “Laminating Mobil” yang tentunya berfungsi untuk melindungi cat mobil dari goresan ringan, kotoran, dan jamur”

Terkadang untuk mengaplikasikan coating pada mobil membutuhkan tenaga profesional dikarenakan proses aplikasi memakan waktu lama dan intensif. Serta membutuhkan alat-alat yang tidak dimiliki orang kebanyakan, seperti lampu inframerah.

Coating ada yang bersifat permanent dan semi permanent,dan tentunya di antara wax dan sealant , coating lah yang memiliki masa perlindungan cat yang paling lama.

Saat ini sudah banyak sekali salon mobil yang menerima jasa nano ceramic coating. Salah satunya dan merupakan yang terbesar di Indonesia saat artikel ini dibuat adalah scuto yang sudah memiliki lebih dari 100+ outlet tersebar diseluruh Indonesia.

Berikut beberapa hal yang menjadi kelebihan scuto:


  1. Detailer Profesional yang sudah berpengalaman di Training Khusus dan dievaluasi secara berkala
  2. Bergaransi 2 tahun yang terintegrasi keseluruh cabang scuto yang ada di seluruh Indonesia
  3. Produk yang digunakan sudah disesuaikan dengan kondisi iklim di Indonesia
  4. Gratis untukpengerjaan di Rumah


Dan banyak kelebihan lainnya yang pasti akan anda rasakan sendiri jika Anda mencobanya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar