--> Skip to main content

Margarin adalah Lemak Nabati

Margarin

Masyarakat sering salah kaprah dalam menyebutkan bahan baku pembuatan kue yang satu ini yaitu antara margarin dan mentega. Misalnya kalau mau membeli margarin kebanyakan menyebutnya mentega. Termasuk saya sendiri kebetulan saya jualan martabak jadi margarin menjadi kebutuhan wajib. Tapi saat saya belanja saya selalu bilang kepenjualnya, Beli mentega!

Meskipun saya paham kalau itu salah tapi sampai sekarang saya masih melakukannya. Penjual margarin juga sudah paham kalau saya bilang mentega maksudnya margarin. Salah tapi lazim

Namun jika Anda ingin mencoba resep masakan yang salah satu bahannya mentega maka sebenarnya yang dimaksud adalah mentega dalam pengertian yang sebenarnya yaitu Butter dalam bahasa Inggrisnya. Meskipun antara butter (Mentega) dan margarin secara fisik hampir sama namun sebenarnya berbeda sehingga jika untuk membuat kue citra rasanya juga akan berbeda.

Lalu sebenarnya pengertian margarin itu apa ?

Simak Jawabannya dibawah ini.

Margarin adalah lemak nabati yang telah diolah melalui proses hidrogenisasi yang kemudian ditambahkan air garam beta karoten dan perisa.

Ciri khas dari margarin ada pada warnanya yang kuning terang dan tekstur krimnya setengah padat atau cenderung kaku

Margarin lebih cocok untuk membuat cake karena akan membuat tekstur yang lembut tapi kokoh. Harganya juga lebih murah dibandingkan jenis lemak lain seperti butter (Mentega).

Contoh merek Margarin yang ada dipasaran : Blueband, Simas, Forvita.

Baca Juga : Tips Memilih Tempat Berburu Kuliner 

Saya sendiri menggunakan margarin untuk olesan martabak sehingga rasanya lebih gurih. Kelebihan margarin ini tidak mudah basi atau bau tengik meski sudah kena angin jadi cocok sekali untuk yang jualan seperti saya. Namun demikian saya bisa saja mengganti margarin dengan mentega tapi nantinya harga jualnya jadi lebih mahal.

Harganya juga cukup terjangkau bahkan ada yang kemasan repack jadi lebih hemat dari pada yang kemasan pabrik. Bahkan ada beberapa merek yang harganya murah dibandingkan merek yang sudah ternama tapi tentu lebih enak pakai merek yang sudah terkenal.

Kesimpulannya Margarin merupakan lemak Nabati atau berasal dari tumbuhan lawannya dalah lemak hewani atau butter. Semoga Artikel ini bisa meluruskan anggapan yang selama ini salah.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar