--> Skip to main content

3 Resep-resep Nasi Ulam yang Terenak

Nasi Ulam

MEDIAKOMPILASI.COM - Buat kamu yang memang asli Betawi tentu sudah tahu dong apa dan bagaimana rasa dari nasi ulam yang lezat ini. Nasi ulam adalah salah satu hidangan paling populer berasal dari Betawi. Biasanya, nasi ulam diolah dengan campuran bumbu dan rempah.Biasanya juga ditambah dengan daun pegagan atau kemangi sebagai pelengkap. Nasi ulam kering disajikan bersama nasi putih yang ditaburi serundeng, kacang tanah yang dihancurkan, daun kemangi, serta beragam lauk pauk seperti semur, ayam goreng, ikan pesmol, dan lainnya. Katanya, nasi ulam kering merupakan khas Betawi. Sedangkan nasi ulam basah disajikan bersama kuah semur. Hidangan khas Betawi ini banyak dijual terutama di Jakarta. Berikut beberapa tempat nasi ulam di Jakarta.

1. Nasi Ulam Betawi

Bahan yang perlu disiapkan, yaitu bahan utamanya nasi putih, lalu bahan serundengnya 1/2 kelapa parut di sangrai hingga warna kemerahan, 1 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 1 ruas jari lengkuas, 1sereh, dan minyak goreng secukupnya. Bumbu halusnya, yaitu 10 cabai merah keriting, 5 bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 sdt ebi, 1/4 sdt ketumbar halus, 1/4 sdt jintan, 1 sdt gula merah, garam, penyedap rasa secukupnya. Dan bahan pelengkap, telor rawis, potongan timun, kemangi, kecambah, ayam goreng, dan tahu goreng 

Cara memasak: 

Pertama panaskan minyak, tumis bumbu halus, masukkan lengkuas, sereh, daun salam, daun jeruk, garam dan penyedap rasa. Lalu tumis sampai matang dan wangi aroma bumbunya keluar. Langkah selanjutnya masukkan kelapa yang sudah disangrai, aduk hingga tekstur tidak menggumpal. Lalu diangkat dan dinginkan. Bisa disajikan bersama campuran serundeng atau hanya diberi taburan serundeng. Sajikan dengan lauk pauk pelengkap.

2. Nasi Ulam Magic Com

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan, adalah 3 cup beras cuci bersih, 3/4 sdm garam, 1 ruas lengkuas geprek, 3 lembar daun salam, 2 batang sereh dan air secukupnya.

Cara memasak: 

Pertama masukkan beras ke dalam magic com. kemudian tambahkan air, sesuaikan dengan cara memasak di magic com masing-masing. lalu masukkan garam, lengkuas, sereh dan salam. Masak di magic com sampai matang. Jika sudah matang, tunggu selama 10 menit, buka magic com. Aduk rata nasinya dan nasi ulam telah siap.

3. Nasi Ulam Komplit

Untuk membuat Nasi ulam komplit bahan yang wajib disiapkan yaitu 500 gram beras, 600 ml air, 1 lembar daun panda,n 2 lembar daun salam, 1 batang serai geprek, 1 ruas ibu jari lengkuas geprek, 1/4 sdt garam, dan 1 sdm minyak goreng. Untuk sambal kencurnya, 2 cabai setan, 1/2 sdt garam, 1 siung bawang merah, 1 cm kencur.Untuk telur dadarnya, 2 butir telur kocok lepas, 1 batang bawang daun potong-potong, 1/4 sdt lada bubuk, 1/2 sdt garam,dan 2 sdm minyak goreng.Bahan pelengkapnya, Timun, Kemangi, Bawang goreng, Semur tahu, Bihun goreng, Serundeng Kelapa, dan 1 butir kelapa parut.

Cara memasak:

Pertama masukkan semua bahan ke dalam magic com, masak sampai matang. Lalu angkat dan siap sajikan bersama lauk. Untuk sambal kencurnya, ulek semua bahan sambel kencur, sudah halus siap disajikan degan kemangi dan timun. Untuk telur dadarnya, kocok lepas telur dengan garam dan lada bubuk lalu dadar telur melebar ke permukaan wajan. Masak hingga matang. Biarkan dingin lalu potong memanjang. Dan siap disajikan dengan nasi ulam.

Demikianlah informasi seputar 3 Resep Nasi Ulam Terenak, Selamat Mencoba!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar