--> Skip to main content

5 Contoh Usaha Kecil-kecilan Paling Gampang

Usaha Kecil kecilan
 

MEDIAKOMPILASI.COM - Merintis sebuah usaha tidak harus dari yang besar tapi bisa dimulai dari usaha kecil-kecilan. Dengan memulai dari usaha kecil-kecilan secara tidak langsung akan menumbuhkan semangat yang lebih besar. Namanya juga usaha kecil-kecilan sistem bisnisnya sederhana sehingga siapapun bisa melakukannya asalkan ada kemauan. Contoh usaha kecil-kecilan itu apa saja?

Sebelum menjawab pertanyaan tadi perlu Anda ketahui kelebihan dari usaha kecil-kecilan adalah kalau nantinya tidak sesuai harapan kerugiannya tidak besar namun kalau berhasil bisa dikembangkan menjadi usaha yang skalanya lebih besar misalnya buka cabang atau produknya diperbanyak sehingga omsetnya juga akan naik.

Tidak semua usaha kecil-kecilan mudah dilakukan ada juga yang susah misalnya saja harus memiliki keahlian tertentu. Makanya perlu mencari usaha kecil-kecilan yang mudah baik dari cara pengelolaannya atau bahan bakunya.

Nah sebagai bahan referensi berikut ini ada 5 contoh usaha kecil-kecilan yang bisa Anda pilih. Silahkan pilih yang menurut Anda paling mudah dan tentu sedikit saingannya.

 

5 Contoh Usaha Kecil-Kecilan


1.Jualan Pop Ice

Usaha kecil-kecilan yang satu ini modalnya cuma minuman sachet pop ice dan es batu sedang alatnya menggunakan blender. Pop ice ini mudah sekali mendapatkannya cukup pergi ke toko grosir sembako, Pilihan rasanya cukup banyak sehingga Anda bisa memilih rasa sesuai keinginan semakin lengkap tentu semakin baik.

Untuk masalah harga hampir rata-rata menjual seharga 3000 rupiah kecuali jika ada tambahan bahan lain seperti coklat harganya bisa lebih dari 3000 rupiah.

Cara penyajiannya sangat mudah, Pop ice, air dan es batu dimasukkan ke blender lalu nyalakan. Siap untuk disajikan ke pembeli.

Baca Juga : Bisnis Modal Kecil Keripik Minim Resiko 


2.Jualan Es Mambo

Usaha kecil-kecilan yang ini juga sangat mudah dilakukan siapa saja asalkan memiliki kulkas atau freezer. Proses pengolahan juga mudah hanya butuh air, gula, santan dan perisa. Jajanan ini sangat disukai anak-anak jadi selalu ada saja pembelinya apalagi jika dipasarkan di sekolah-sekolah. Harga jualnya yang Cuma seribuan membuat anak-anak tak pernah bosan membeli es mambo.

Usaha ini bisa berkembang menjadi lebih besar jika pemasarannya dititipkan ke warung-warung sehingga butuh freezer khusus seperti pendingin untuk es krim yang kapasitasnya lebih besar dibanding kulkas biasa.

3.Jualan Nasi Uduk

Usaha kecil-kecilan yang satu ini cocok sekali dilakukan oleh ibu rumah tangga walaupun ada juga bapak-bapak yang jualan nasi uduk. Bagi ibu rumah tangga bukan perkara sulit untuk membuat nasi uduk begitu juga dengan hidangan pelengkapnya seperti sambal goreng tempe, bihun goreng atau sambal.

Mangkalnya bisa didepan rumah atau depan gang yang banyak orang lewat. Usaha ini selalu ada peminatnya apalagi jika rasanya enak dan harganya murah. Hanya saja karena Nasi uduk lebih nikmat kalau disajikan hangat perlu perhitungan kalau mau memasaknya. Sesuaikan dengan permintaan yang penting jualannya habis jadi tidak rugi.

4.Jualan Gorengan

Kelihatannya idenya remeh tapi gorengan itu makanan favorit masyarakat Indonesia. Kalau makan belum ada gorengan rasanya kurang lengkap. Itulah mengapa bisnis gorengan peluangnya masih cerah.

Untuk merintis usaha ini perlu kejelian dalam pemilihan tempat mangkalnya karena harus di lokasi yang ramai. Peralatan utama yang perlu disediakan antar ain gerobak dan peralatan memasak. Dengan harga jual 1000 rupiah per biji membuat gorengan kerap dijadikan cemilan sehingga peluangnya tetap bagus.

Daya tarik usaha ini ada pada rasa serta jenis gorengannya semakin lengkap tentu semakin baik namun tentu modalnya juga akan semakin besar dan resikonya juga semakin tinggi. Jenis gorengan yang umum contohnya Bala-bala, Tempe, Pisang molen, tempe, tahu atau cireng.

5.Jualan Keripik Tempe

Ide usaha ini cukup sederhana yaitu membuat keripik tempe. Namun makanan ini cukup diminati masyarakat karena rasanya yang gurih serta teksturnya yang garing cocok untuk pelengkap makan atau sekedar buat camilan.

Bahan baku nya sangat melimpah dan mudah ditemukan. Cara pengolahannya juga mudah jadi cocok banget dilakukan oleh pemula khususnya ibu rumah tangga. Pengemasan menjadi faktor penting agar menarik untuk itu perlu memiliki alat press plastik sehingga rapi.

Karena keripik tempe makanan kering daya tahannya juga lama jadi resikonya sangat minim. Pemasarannya juga mudah tinggal dititipkan ke warung-warung atau dipasarkan sendiri melalui media sosial.

Jangan ragu dan bimbang untuk merintis sebuah usaha karena dengan contoh usaha kecil-kecilan di atas akan semakin membuka mata Anda kalau mau usaha itu mudah.

 

Selamat mencoba!


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar