--> Skip to main content

Cara Membuat Nasi Kuning Sederhana yang Enak

Nasi Kuning

MEDIAKOMPILASI.COM - Nasi kuning merupakan makanan khas indonesia yang umumnya disajikan pada acara-acara tertentu, biasanya nasi kuning disajikan saat ada acara selametan, memperingati hari besar, ulang tahun dan acara lainnya. biasanya saat ada acara besar nasi kuning sering dibuat menjadi nasi tumpeng.

Namun saat ini tidak sedikit nasi kuning di sajikan untuk sarapan pagi. Rasa nasi kuning bisa jadi hampir mirip dengan nasi uduk, yang membedakannya yaitu warnanya. Secara singkat, cara membuat nasi kuning sangatlah mudah, pertama-tama cuci bersih beras, masak nasi kuning dengan bumbu garam, penyedap dan bahan lain kemudian ditambahkan dengan parutan kunyit yang sudah di saring. Cara pembuatannya hampir sama dengan nasi uduk yang dimasak dengan santan, garam, seran dan daun salam. Bedanya dari nasi kuning yaitu penambahan parutan kunyit.

Ada beberapa varian penyajian nasi kuning. varian nasi kuning yang sederhana hanya dengan tambahan ayam suwir, ketimun, tempe orek dan irisan telur dadar. Ada juga varian penyajian nasi kuning dengan dibentuk sebagai tumpeng. Nasi berukuran cukup besar dibentuk kerucut seperti gunung yang biasanya dimakan untuk 10 – 20 orang. 

Dalam tradisi Indonesia, warna nasi kuning ini melambangkan gunung emas yang memiliki arti berupa kekayaan, kemakmuran dan moral yang tinggi. Tidak heran jika kemudian nasi kuning biasanya disajikan pada acara syukuran dan acara bahagia seperti kelahiran, tunangan dan pernikahan.

Cara membuat nasi kuning sebenarnya tidak sulit, bahkan kita bisa membuat nasi kuning sendiri dirumah. untuk kalian yang akan mengadakan acara dan sedang ingin membuat nasi tumpeng sendiri dirumah, atau kalian hanya ingin menyantap nasi kuning sederhana untuk disantap bersama keluarga, pada artikel kali ini kami akan memberikan resep sederhana nasi kuning, meskipun ini adalah resep sederhana kami yakin rasanya sangat enak dan akan cocok disantap saat sedang kumpul bersama keluarga, yuk langsung saja kita lihat resep dan cara membuatnya. 

Bahan yang digunakan:

-2 gelas beras

-1 kantung santan sachet (kara)

-2 lembar daun salam, remas

-3 lembar daun jeruk, remas

-2 lembar daun pandan, sobek dan ikat

-2 batang serai, geprek

-1,5 – 2 cm Kunyit, ulek sampai halus

-garam secukupnya

-air secukupnya


Cara membuat nasi kuning:

1.Cuci beras sampai bersih.

2.Campurkan semua bahan yang sudah disiapkan kedalam panci.

3.Masak nasi sampai matang.


Cara menyajikan nasi kuning:

1.Masukan 4 telur ke dalam mangkuk, tambahkan garam secukupnya, kemudian kocok. Goreng telur pada Teflon berukuran lebar. 

2.Iris-iris tipis memanjang telur.

3.Siapkan abon sapi

4.Siapkan Kentang mustofa

5.Siapkan sambal dan irisan mentimun

Itulah resep nasi kuning sederhana yang sangat mudah, saking mudahnya, saat memasak nasi kalian bisa menggunakan rice cooker. Jadi saat kaian sedang memasak nasi kalian bisa menyiapkan pelengkap untuk penyajian nasi kuning. kalian juga bisa menambahkan topping lain pada nasi kuning seperti ayam goreng, tempe orek, telur balado dan topping lainnya sesuai dengan selera kalian.

Buat kalian yang akan mengadakan acara dirumah, kalian tidak perlu bingung lagi karena kalian sudah mengerti resep nasi kuning di atas. Dengan resep di atas, kalian bisa membuat nasi kuning dengan gampang. langsung saja yuk cobain resep di atas dan kreasikan nasi kuning kamu dengan topping sesuai selera. Semoga resep di atas bermanfaat untuk kalian semua, Tunggu di resep-resep berikutnya!

Selamat Mencoba!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar