--> Skip to main content

Peran Swab Test Dalam Membendung Penyebaran Covid 19

Swab Test
 

MEDIAKOMPILASI.COM – Saya memiliki adik ipar yang bekerja disebuah perusahaan swasta di sektor energi yang berlokasi di kawasan Industri Cikarang Bekasi. Sektor industri menjadi perhatian pemerintah karena berpotensi menjadi cluster penyebaran Covid 19. Itulah mengapa dalam kegiatan operasionalnya perusahaan-perusahaan swasta menerapkan protokol kesehatan yang ketat mulai dari jaga jarak, pemeriksaan suhu badan hingga penggunaan desinfektan.

Termasuk perusahaan adik ipar saya ini, bisa dibilang menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kenapa demikian? Karena semua karyawan diwajibkan melakukan Swab Test 2 Minggu sekali. Di satu sisi ini tentu sebuah kebijakan yang bagus karena bisa membendung penyebaran Covid 19 karena karyawan yang positif dapat diketahui sedini mungkin.

Bisa dibayangkan jika ada 1 saja karyawan yang terpapar virus ini kemudian tidak terdeteksi karena tidak adanya Swab Test rutin, dampaknya bisa serius tak hanya kepada karyawannya tapi juga keluarganya bisa ikut terpapar tanpa disadari.

Dari pemaparan diatas bisa diambil kesimpulan bahwa Swab test ini memiliki manfaat yang penting, yaitu:

1.Mendeteksi sedini mungkin terpapar atau tidaknya covid 19.

2.Memberikan rasa aman sehingga jauh dari stres.

3.Membendung penyebaran Covid 19

4.Masyarakat lebih tenang karena tidak salah duga, dimana orang yang dicurigai terpapar covid bisa cepat diketahui kebenarannya. Bisa saja ternyata hanya sakit flu biasa.

5.Pemerintah akan lebih mudah memetakan zona, apakah merah atau hijau.

Masyarakat sudah pasti mengetahui bahaya Covid 19 namun karena ketidaktahuan terkadang mengabaikannya. Meskipun sudah ada gejala tapi memilih diam atau merahasiakan. Terkadang mereka tidak mengerti kemana mereka harus melakukan Swab Test mandiri padahal mereka mau dengan suka rela.

Kabar baiknya sekarang ini cukup mudah untuk melakukan Swab test tanpa harus menunggu ada swab test masal. Buat mereka yang mengerti arti penting kesehatan pasti akan suka rela melakukan swab test mandiri apalagi sudah ada gejalanya.

Jika ingin cepat bisa mendatangi fasilitas kesehatan seperti klinik atau rumah sakit bahkan jika ingin praktis bisa mengajukan swab test secara online cukup dari aplikasi Hp jadi tidak perlu repot-repot datang sendiri, Anda tinggal menunggu kedatangan tim medis yang akan melakukan Swab test.

Semoga Saja dengan semakin mudahnya masyarakat melakukan swab test penyebaran Covid 19 bisa ditekan seminimal mungkin. Jadi jangan takut untuk melakukan Swab Test. 



 


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar