--> Skip to main content

5 Keuntungan Memiliki Banyak Channel Youtube

Channel Youtube

5 Keuntungan Memiliki Banyak Channel Youtube – Gara-gara channel Youtube, Saya bisa gajian tiap bulan dari Google Adsense. Alhamdulillah. Kerja keras menjadi Youtuber selama 4 tahun membuahkan hasil yang manis. Menariknya lagi hasil manis ini saya nikmati setelah channel ketiga saya berhasil lolos monetisasi.

Apa rahasianya? Keberuntungan. Loh kok bisa? Channel saya yang pertama berisi sekitar 276 video namun hasilnya tak kunjung naik. Uniknya, channel ke-2 saya yang hanya berisi 113 video justru penghasilannya sempat meningkat hingga US $ 44 per bulan sampai akhirnya turun lagi.

Keberuntungan ini juga singgah kechannel ke-3 saya. Meski channel videonya masih dibawah 100 dan usianya dibawah 1 tahun namun penghasilannya luar biasa. Kenapa saya menyebut sebagai keberuntungan?

Logikanya, semakin banyak video semakin besar pula viewnya dan penghasilannya namun logika ini terpatahkan dengan fakta-fakta diatas. Akhirnya saya berkesimpulan memiliki banyak channel itu banyak keuntungannya.

5 Keuntungan Memiliki Banyak Channel Youtube

1.Beda Channel Beda Rezeki

Awalnya saya hanya fokus pada satu channel namun saya analisa kok penghasilannnya tak kunjung naik padahal jumlah video semakin bertambah. Akhirnya saya memutuskan membuat channel lagi yang ke 2 dan ke 3. Kedua channel tersebut bisa tembus monetisasi meski syaratnya berat yaitu 1000 subscriber dan 4000 jam tayang.

Nah dari sinilah pengalaman baru muncul, ternyata setiap channel itu memiliki rezeki masing-masing dan itu tidak tergantung dari usia channel maupun jumlah video. Ini semata-mata faktor keberuntungan dimana entah bagaimana ceritanya tiba-tiba Youtube merekomendasikan video dari salah satu channel sehingga penghasilannya naik.

Uniknya lagi 3 channel saya merasakan hal tersebut dimana ada masanya sebuah video tiba-tiba mendapatkan view yang tinggi sehingga penghasilannya naik.

Namun tentu saya tidak boleh bergantung kepada keberuntungan saja namun kualitas video tetap diutamakan karena sebagian besar video yang mendapatkan rekomendasi dari youtube  itu video dengan durasi yang panjang dan jenisnya tutorial.

2.Penghasilan Semakin Banyak

Seperti yang sudah saya sebut diawal, saat saya hanya memonetisasi 1 channel hasilnya tak kunjung naik namun setelah saya membuat channel yang lain otomatis penghasilan bisa bertambah. Dan peluang mendapatkan penghasilan yang lebih banyak semakin besar waluapun harus ditebus dengan kerja keras.

Terbukti dengan memiliki 3 channel, saya bisa gajian tiap bulan dari Youtube dan semoga saja ini terus bertahan, syukur-syukur bisa terus meningkat.

Memang membangun sebuah channel yang menghasilkan tidak mudah terutama pada persyaratannya namun yakinlah jika memang videonya bermanfaat maka subscriber dan jam tayang akan datang sendiri.

Itulah mengapa saya berencana menambah beberapa channel lagi dan 1 channel sedang saya garap namun tidak kejar tayang.


Baca Juga:

Rahasia Membuat Channel Youtube Cepat Lolos Monetisasi 

Tripod HP Takara 173 A Murah Berkualitas

5 Keuntungan Menekuni Bisnis Blog YouTube Toko Online Sekaligus 


3.Topik bisa sama

Saat saya hanya memiliki 1 channel tentunya tidak disarankan menguplaod video yang sama topiknya karena dikuatirkan masuk dalam kategori mengupload konten berulang. Misalnya saya sudah membuat video tutorial “Cara membuat adaptor DC “ lalu saya mrmbuat lagi dengan topik yang sama.

Berbeda setelah saya memiliki 3 channel, saya bisa membuat video Cara membuat adaptor namun tentu judulnya harus beda dan videonya juga baru bukan reupload. Amankah? Kalau judulnya beda dan videonya 100% orisinil dalam artian lokasi pengambilan gambarnya beda, propertinya juga beda tentunya Aman.

Faktanya ternyata video dengan topik yang sama tersebut tetap mendapatkan pengunjung. Ini tentu menjadi keuntungan dimana saya bisa mencari-cari video populer dichannel saya lalu saya buat lagi untuk channel yang lain.

4.Saling Mendukung

Channel saya yang pertama jumlah subscribernya 8600 lalu yang kedua 4500 dan yang ketiga 4100. Antara channel yang satu dengan yang lain bisa saling mendukung yaitu saling mempromosikan channel. Caranya bisa melalui postingan, komentar, video, maupun channel unggulan.

Saya juga bisa memanfaatkan interaksi pengunjung misalnya saja komentar. Jika ada komentar yang berupa pertanyaan, saya bisa mengembangkannya menjadi video.

5.Memanfaatkan Analytic

Meski Adminnya sama tetap saja dimata youtube dianggap beda untuk itu perlakuannya juga bisa berbeda. Tak jarang ketika sebuah topik video diupload dichannel ini ramai pengunjung tapi ketika mengupload dengan topik yang sama dicahnnel lain justru sepi pengunjung.

Itulah perlunya menganalisa data analytic dari youtube tiap channel sehingga saya bisa tahu video paling banyak penontonnya itu seperti apa. Ini bisa dilihat dari durasinya, judulnya, thumbnailnya, deskripsi maupun tag nya.

Itulah 5 Keuntungan Memiliki banyak channel Youtube, Jika memang memungkinkan memiliki channel yang lolos monetisasinya lebih dari satu kenapa tidak mencoba membuat channel baru lagi? 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar