--> Skip to main content

Cara Memilih Laptop yang Bagus agar Tak Kecewa

Cara Memilih Laptop yang Bagus


MEDIAKOMPILASI.COM - Laptop yang bagus pasti harganya mahal, Benarkah demikian? Bisa jadi ada benarnya namun semua kembali pada penggunanya siapa. Laptop mahal ditangan yang kurang tepat akan menjadi sia-sia contohnya hanya digunakan untuk nonton youtube saja.

Bagi Anda yang sedang mencari laptop baru jangan bingung, jika memang kebutuhannya mendesak tidak ada salahnya membeli Laptop sesuai kebutuhan tanpa harus menunggu uangnya terkumpul banyak hanya karena ingin mengincar Merk Laptop terbaik dengan spek gahar.

Namun agar Anda tidak salah beli dan menyesal dikemudian hari, Anda perlu mengetahui tips dalam memilih laptop yang bagus.

Cara Memilih Laptop yang Bagus

Berikut ini tips memilih laptop yang perlu Anda lakukan untuk memudahkan dalam menentukan Laptop yang tepat.

1. Berapa Dana yang tersedia?

Sebelum mencari-cari laptop yang bagus terlebih dahulu Anda harus menentukan dana yang ada berapa. Jangan sampai Anda mengincar laptop yang harganya tidak sesuai dana yang ada.

Ditoko online, laptop dijual dengan harga termurah dari harga 4 jutaan dan yang termahal bisa mencapai 45 jutaan. 

Barulah setelah itu tinggal mencari-cari ke toko laptop baik yang offline atau online. Asyiknya lagi jika membeli secara online Anda bisa memanfaatkan fitur pencarian dengan range harga tertentu sehingga yang muncul sesuai dengan dana yang tersedia.

2. Kebutuhannya untuk Apa?

Secara umum biasanya pengguna laptop menggunakannya untuk pekerjaan office, gaming, programing, desain atau multimedia. laptop yang memang didesain  untuk office tentunya kurang pas jika digunakan untuk gaming. Sangat disayangkan jika memang kebutuhannya untuk office tapi Anda membeli Latop gaming yang harganya puluhan juta padahal dengan harga 5 jutaan saja sudah cukup.

Perhatikan juga berapa lama nantinya Anda melakukan pekejaan itu, jika seharian atau lebih 6 jam bahkan 24 jam tentunya tidak cocok jika menggunakan Laptop.

3. Desain yang bagus

Apa jadinya jika sebuah laptop menggunakan prosesor terkini namun tidak ditunjang dengan desain yang bagus? keduanya harus seimbang.

Pilihlah Laptop yang desainnya cantik, casingnya kokoh, airflownya bagus sehingga komponen didalam aman dari over heat.

Mobilitas perlu juga Anda perhatikan, jika memang Laptop tersebut lebih banyak digunakan diruangan tentunya kurang LCD lebih bagus kalau yang lapang. Tapi kalau laptop tadi sering dibawa kemana-,mana tentu lebih tepat kalau memilih Laptop dengan ukuran LCD yang kecil sehinga lebih mudah dibawa dan dimasukkan dalam tas.

4.Pilih Hardware yang mumpuni

Prosesor merupakan jantungnya sebuah Laptop. Semakin bagus spesifikasi prosesornya maka semakin bagus juga kerjanya meskipun harus didukung komponen lain juga seperti kartu grafis, SSD atau RAM.

Untuk urusan ini ada 2 pilihan mau menggunakan prosesor dari Intel atau AMD. Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Penggunaan SSD untuk masa sekarang hukumnya wajib karena sangat berpengaruh dengan kecepatannya. Tidak masalah jika Laptop tersebut menggunakan 2 jenis penyimpanan yang terpenting sudah menggunakan SSD sedangkan hardisknya untuk penyimpanan data.

Jangan lupakan juga kapasitas RAM nya, untuk masa sekarang ini minimal 4 GB untuk kebutuhan ringan namun kalau untuk kebuthan berat paling tidak 8 GB.

5.Pilih Brand Ternama

Pengalaman produsen dalam merakit sebuah Laptop bisa menjadi pertimbangan. Semakin lama brand itu eksis bisa menjadi indikator kualitasnya dibandingkan dengan brand baru.

Jangan korbankan uang Anda hanya karena sebuah laptop yang harganya murah. Cari informasi sebanyak-banyaknya tentang kelebihan dan kekurangan brand-brand Laptop ternama.

Anda bisa memilih Laptop dari Brand Hp, Asus, Dell atau Lenovo. Layanan purna jual bisa menjadi pertimbangan ketika memilih sebuah laptop, semakin bagus layanan purna jualnya terutama dalam klaim garansi akan semakin baik.

Demikianlah informasi seputar cara memilih laptop yang bagus, jika Anda ingin mengetahui informasi seputar merk laptop terbaik, Silahkan kunjungi situs ceklist.id.  

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar