--> Skip to main content

Apa itu ID Protection Domain? Yuk Ketahui Penjelasan Selengkapnya

ID protection domain

MEDIAKOMPILASI.COMBagi para blogger maupun webmaster yang sudah lama terjun ke dunia internet marketing, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah id protection domain. Pasalnya, fitur ini merupakan salah satu fasilitas penting yang berfungsi untuk melindungi informasi dan data diri dari pemilik domain agar tidak diketahui secara publik.


Fitur ID protection domain sendiri biasanya dijual secara terpisah oleh perusahaan registrar nama domain. Harga sewanya berkisar antara USD 1 - 3 per tahun mengikuti masa aktif domain. Namun, bagi kamu yang saat ini menggunakan ekstensi domain .ID fitur dan fasilitas ID protection domain bisa didapatkan secara gratis dan langsung aktif ketika beli domain.


Agar lebih mengenal terkait manfaat dan fungsi ID protection domain, berikut sudah kami rangkum beberapa manfaat yang didapatkan ketika kamu menggunakan fasilitas ini.


Kenapa Kamu Butuh Fitur ID Protection Domain?

Di bawah ini merupakan sejumlah alasan kenapa kamu perlu menggunakan fitur ID Protection domain. Langsung saja yuk simak uraian selengkapnya.

1.Menyamarkan Alamat Rumah atau Kantor


Di era kebebasan berekspresi seperti sekarang ini informasi di internet ibarat pisau bermata dua. Pada satu sisi informasi tersebut bisa digunakan untuk memudahkan urusan bisnis atau proses akuisisi pembeli, akan tetapi hal ini juga bisa disalahgunakan oleh netizen yang punya niat jahat.


Jika kamu adalah seorang pemilik website dengan nama domain TLD, maka sangat mudah untuk mencari informasi rumah atau kantor yang digunakan untuk mendaftarkan nama domain. Netizen tinggal cek domain menggunakan WHOIS Tools, kemudian jika informasi tersebut tidak dilindungi dengan ID Protection domain, maka data-data pribadimu akan langsung bisa dilihat.
Baca juga : Cari VPS? bisa cek disini


Skenario ini mungkin bagi sebagian orang dianggap terlalu berlebihan. Namun, lebih baik mencegah daripada mengobati bukan? Karena kita tidak tahu kapan akan mengalami beda pendapat yang melibatkan banyak orang di era media sosial seperti sekarang ini.


2.Meminimalisir Adanya SPAM


SPAM merupakan salah satu dampak negatif internet yang masih marak terjadi. Kondisi ini tentu dipicu karena semakin gampangnya dalam mengakses informasi data pribadi seperti email, nomor telepon, atau alamat yang tidak terproteksi dari akses publik.


Penggunaan ID protection domain sedikit banyak mampu meminimalisir masuknya SPAM yang sangat mengganggu aktivitas harian. Pasalnya, alamat email dan nomor telepon yang kamu gunakan untuk membeli nama domain akan sepenuhnya terproteksi sehingga tidak bisa diketahui oleh orang lain.

3.Mencegah Pemalsuan Identitas


Apakah kamu ingat dengan kejadian-kejadian seperti mama minta pulsa atau informasi menang undian dengan hadiah ratusan juta rupiah? Atau pernah menjadi korban pinjam uang fiktif dari pelaku yang mengaku teman dekat?


Kejadian tersebut tidak lepas dari ketersediaan informasi pribadi yang bisa digunakan oleh pelaku untuk melakukan pemalsuan identitas, atau istilahnya skimming. Nah, salah satu cara pelaku untuk menggali informasi tentang target korban yang ingin ditiru adalah dari data Whois domain.


Sebagai informasi, Whois domain sendiri di dalamnya setidaknya berisi nama lengkap, nomor telepon yang masih aktif, alamat rumah atau kantor, nama perusahaan, serta alamat email. Jadi, bisa dibayangkan jika ada seseorang yang mengaku sebagai rekan kerjamu lalu dia menghubungi untuk meminjam uang atau melakukan satu hal ilegal. Tentu hal ini akan sangat merugikan.

Cara Beli ID Protection Domain


Setelah mengetahui berbagai fungsi dan manfaatnya, sekarang saatnya untuk membahas mengenai proses pembelian ID Protection domain. Pada dasarnya, layanan ini biasa dijadikan sebagai add-on atau produk tambahan ketika seseorang membeli nama domain.


Masa aktifnya pun sama seperti sewa domain, yakni selama 1 tahun dan bisa diperpanjang dengan harga yang ditawarkan oleh pihak registrar tempat kamu beli domain. Yang perlu dicermati adalah, fitur ID Protection harus dibeli di tempat kamu registrasi domain, tidak bisa diperusahaan lain. 


Adapun untuk waktu pembelian fitur ID Protection domain sendiri tidak harus bersamaan ketika beli domain. Akan tetapi, kamu bisa beli fitur ID Protection domain kapanpun asalkan nama domain masih aktif dan bisa digunakan.


Jika suatu hari kamu perlu membuka informasi ke publik, fitur id protection domain juga bisa di non-aktifkan melalui pengaturan dashboard pengelolaan domain. Jadi kamu tidak perlu khawatir.

Kesimpulan

ID protection domain adalah salah satu fitur krusial yang membantu para pemilik website bisnis untuk melindungi data sensitif seperti nama lengkap, nomor telepon, hingga alamat rumah. Ada banyak sekali manfaat menggunakan ID Protection domain, mulai dari masalah keamanan, meminimalisir spam, hingga menghindari adanya serangan jahil dari kompetitor.


Menilik dari berbagai manfaat tersebut, tentu biaya yang dikeluarkan sebesar Rp30 ribu - Rp50 ribu per tahun akan terasa sangat ringan. 


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar